Wajib Tahu: 7 Manfaat Kopi bagi Kulit dan 4 Resep DIY Masker Kopi

manfaat masker kopi
Foto: www.gettyimages.com

Para pecinta kopi pasti paham banget bagaimana secangkir kopi bisa ampuh membuat mereka berfungsi dan fokus bekerja. Dan, ternyata bahan magis ini tidak hanya membuat melek mata, tapi juga kulit. Uh-uh, apalagi misalnya diaplikasikan ke wajah dalam bentuk masker. Tidak percaya? Berikut manfaat masker kopi yang bisa kamu rasakan setiap kali memakainya.

Manfaat Masker Kopi bagi Kecantikan

manfaat masker kopi
Foto: www.gettyimages.com

Sumber Antioksidan

Tidak hanya stroberi, blueberry dan buah delima, ternyata kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit, namanya flavonoids. Bahkan, antioksidan yang terkandung dalam secangkir gelas kopi lebih banyak dibandingkan segelas teh hijau. Seperti yang kita tahu, antioksidan ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini akibat polusi, sinar matahari, dan radikal bebas.

Melindungi Rambut

Antioksidan yang terkandung di dalam kopi juga melindungi rambut. Produk-produk rambut yang memakai kopi sebagai bahan utama akan mencegah kerontokan dan membuatnya berkilau. Plus, rambut sewangi kafe kopi favoritmu.

Mengurangi Mata Bengkak

Ketika diaplikasikan secara topikal, misalnya dalam bentuk krim mata, kafein di dalam kopi bisa mengurangi sembab dan melancarkan aliran darah di area sekitar mata. Memang sih, efeknya sementara, tapi cukup membuatmu terlihat siap dan siaga.

Melembutkan Kulit

Banyak eksfolian natural (gula atau pasir) bersifat kasar. Hal ini berbeda dengan bubuk kopi yang akan mengeksfoliasi kulit mati dan melembutkan kulit tanpa menimbulkan iritasi.

Mengencangkan Kulit

Oleh karena kopi bersifat diuretik, krim dan serum mengandung kopi bisa meminimalisir penampakan selulit secara sementara dengan cara menyerap cairan dari sel-sel lemak. Alhasil, ukuran mereka lebih kecil, dan terlihat mengencang.

Menenangkan Kulit

Sekilas terkesan kontraintuitif karena bersifat stimulan, tapi kopi sebenarnya bsia menenangkan kulit meradang dan kemerahan. Ini berkat antioksidan yang juga memerangi penuaan dini. Kopi juga bersifat vasoconstrictor, yang aritnya mengurangi kemerahan.

Mencerahkan Kulit

Sama seperti bikin mata melek, kopi juga bisa membuat kulit terbangun. Ketika diaplikasikan sebagai masker wajah, bahan-bahan yang menstimulasi di dalam kopi bisa meningkatkan aliran darah dan membuat kulit terlihat bersinar, cerah dan melek.

Resep DIY Masker Kopi

manfaat masker kopi
Foto: www.freepik.com

Ada banyak manfaat masker kopi dan ada banyak resep DIY masker kopi di luar sana. Berikut beberapa yang bisa kamu coba di rumah sekarang juga.

Resep untuk Kulit Cerah: Kopi + Kunyit

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan bubuk kopi
  • 1 sendok makan bubuk kunyit
  • 1 sendok makan Greek yogurt

Cara pembuatan dan pemakaian: Campur semua bahan, dan aplikasikan di wajah, termasuk area mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan handuk lembap hangat.

Resep untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat: Kopi + Madu

Bahan-bahan

  • ½ gelas bubuk kopi kasar (bila memungkinkan yang segar)
  • ¼ gelas madu

Cara pembuatan dan pemakaian: Campurkan kedua bahan, dan aplikasikan ke kulit. Diamkan selama lima sampai 10 menit. Bilas sampai bersih.

Resep untuk Mengurangi Mata Bengkak: Kopi + Putih Telur

Bahan-bahan

  • 1 putih telur
  • 2 sendok teh bubuk kopi (bubuk yang belum digunakan adalah pilihan terbaik karena masih mengandung banyak kafein, tapi bubuk yang baru digunakan juga tidak masalah)

Cara pembuatan dan pemakaian: Campurkan putih telur dan kopi di dalam mangkuk kecil. Aduk dengan dengan sendok garpu sampai berbusa (kira-kira 1 menit). Dengan tangan bersih atau kuas, aplikasikan masker ini di sektiar mata. Hindari kelopak mata agar tidak masuk ke dalam mata. Kamu juga bisa mengaplikasikan masker ini juga di sekitar wajah. Diamkan selama 10 menit (atau kurang jika merasa kulit terlalu kencang). Bersihkan dengan menggunakan handuk lembut dan basah. Lalu, pakai pelembap.

Resep untuk Mengurangi Bintik-Bintik Hitam: Kopi + Cokelat + Lemon

Bahan-bahan

  • ½ gelas bubuk kopi
  • ½ gelas bubuk cokelat
  • 1 gelas susu
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 1 sendok makan madu

Cara pembuatan dan pemakaian: Campurkan semua bahan di dalam mangkuk, dan aduk hingga menghasilkan adonan lembut. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Setelah 20 menit, bersihkan dengan air biasa. Lakukan ini sekali seminggu.

Rekomendasi Belanja Produk Kopi

Coffee Creamy Face Mask by Lea Gloria
Yes to Coconut Coffee Face Mask
Lush Cup O’ Coffee
The Body Shop Nicaraguan Coffee Intense Awakening Mask
Caudalie Instant Detox Mask
Frank Body Original Coffee Scrub
The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG
Origins GinZing Energy-Boosting Treatment Lotion Mist
100% Pure Coffee Bean Caffeine Eye Cream

Selanjutnya: Ini cara tersehat membuat secangkir kopi.

podcast button