Ingin Wajah Sehat dan Bercahaya? Coba 8 Rekomendasi Exfoliating Toner Ini

rekomendasi exfoliating toner
Foto: www.pexels.com

Ketika memiliki kondisi kulit yang kusam dan berjerawat, mungkin sebagian orang menganggap bahwa salah memilih produk perawatan wajah. Namun, mungkin saja hal tersebut disebabkan karena menumpuknya sel-sel kulit mati. Untuk mengatasinya, maka kamu memerlukan rekomendasi exfoliating toner.

Pasalnya, produk ini dapat membantu membersihkan kulit dengan maksimal. Berikut delapan rekomendasi toner yang dapat menyegarkan sekaligus membantu eksfoliasi kulit.

Apa Fungsi Exfoliating Toner?

rekomendasi exfoliating toner
Foto: www.freepik.com

Kulit kusam, berjerawat, berkomedo, dan warna yang tidak rata menjadi masalah kulit dari kebanyakan orang. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh adanya sel kulit mati yang tidak dibersihkan, sehingga membuat kulit sulit untuk beregenerasi.

Untuk itu, hadir exfoliating toner yang dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Nantinya, kulit pun akan terasa lebih cerah dan halus. Eksfoliasi secara kimia ini dianggap lebih lembut dan aman dibandingkan menggunakan scrub, brush, atau metode lainnya.

Bagaimana Cara Memilih Exfoliating Toner?

rekomendasi exfoliating toner
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, terdapat beragam produk yang beredar di pasaran. Berikut beberapa hal yang wajib kamu perhatikan ketika ingin memilih exfoliating toner.

Pilih kandungan acid yang sesuai dengan jenis kulit

Biasanya, produk toner yang satu ini terdiri dari kandungan AHA, BHA, atau PHA.

AHA

Alpha hydroxyl acid atau yang biasa dikenal dengan AHA merupakan asam yang larut di dalam air dan biasanya terbuat dari sari buah. Fungsi dari acid yang satu ini dapat membantu mengelupaskan dan membuat sel kulit yang baru.

Kadar efektif untuk AHA berkisar pada 8-10%. Semakin kecil presentase kandungannya, maka semakin kecil juga kemungkinan untuk mengalami iritasi.

Kandungan AHA termasuk dalam golongan aman untuk digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan sesitif, karena memiliki kandungan pelembap di dalamnya. Tak hanya mengeksfoliasi, AHA juga mampu mencerahkan, menyamarkan kerutan, memperbaiki tekstur kulit, dan mengecilkan pori-pori.

BHA

Beta hydroxyl acid (BHA) atau yang dikenal dengan sebutan salicylic acid merupakan kandungan yang sangat cocok untuk digunakan pada pemilik kulit berminyak. Pasalnya, kandungan BHA dapat menembus masuk ke dalam pori-pori wajah yang bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih. Sehingga, penggunaan BHA akan kurang cocok untuk pemilik kulit kering dan sensitif.

Kadar BHA yang efektif adalah sekitar 1-2%. Untukmu yang memiliki masalah pori-pori besar dan komedo, maka kandungan BHA merupakan rekomendasi exfoliating toner yang cocok untuk digunakan.

PHA

Polyhydroxy acid (PHA) atau yang disebut galaktosa merupakan asam yang memiliki molekul lebih besar dibandingkan AHA dan BHA. Makin besar molekul yang diformulasikan, maka makin sulit pula kandungan tersebut untuk masuk ke dalam pori-pori, sehingga mencegah munculnya iritasi pada kulit.

Acid yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga tak jarang beberapa produk menggabungkan PHA dengan AHA dan BHA. Namun jika kamu memiliki kulit yang supersensitif, maka berhati-hatilah ketika mencari produk dengan kandungan PHA.

Perhatikan kandungan lain

Asam yang terkandung di dalam exfoliating toner, biasanya mudah memicu terjadinya iritasi pada kulit. Kemudian, untuk menghindarinya maka kamu dapat memilih toner dengan kandungan yang dapat menenangkan kulit.

Mulai dari lidah buaya, ginseng, hingga chamomile, bahan-bahan tersebut dapat memberikan efek kelembapan dan membuat kulit menjadi lebih tenang. Untuk itu, pastikan kamu memerhatikan tabel komposisi untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam produk tersebut.

Pilih kemasan yang sesuai

Ketika pertama kali mencoba produk rekomendasi exfoliating toner, maka ada baiknya kamu membeli ukuran yang kecil atau travel size. Sehingga kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dan mencari tahu apakah cocok untuk kulimu. Jika toner tersebut telah cocok dan memberikan hasil yang menakjubkan, maka kamu bisa membeli dalam ukuran asli.

Tips Menggunakan Exfoliating Toner

Ketika menggunakan toner yang bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit, cobalah pilih bahan yang aktif dan sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk.

Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan exfoliating toner, maka mulailah dengan konsentrasi yang rendah, setelah itu tingkatkan konsentrasinya secara bertahap, sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan produk eksfoliasi ini sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu. Karena penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Rekomendasi Exfoliating Toner

Berikut rekomendasi exfoliating toner yang wajib kamu coba.

KraveBeauty Kale-Lalu-Yaha

Berkat perpaduan bahan alami seperti kale dan bayam dan bahan aktif AHA sebesar 5,25%, menjadikan rekomendasi exfoliating toner yang satu ini dapat menghilangkan komedo dan bruntusan secara instan. Selain itu, sel-sel kulit mati pada wajah pun bisa terangkat dengan sempurna.

Benton Aloe BHA Skin Toner

Jika kamu sedang mencari rekomendasi exfoliating toner yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya, maka Benton Aloe BHA Skin Toner merupakan pilihan yang tepat. Produk yang satu ini mengandung campuran lidah buaya dan salicyclid acid sebesar 0,5% yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit.

Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo pada wajah, maka gunakan produk ini secara rutin. Selain itu, pori-pori wajah juga akan tampak lebih kecil saat menggunakan produk ini.

Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner

Mengombinasikan AHA, BHA, dan PHA membuat produk ini dapat secara maksimal mengangkat sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, campuran niacinamide, 2% tea tree, witch hazel, dan lidah buaya, menjadikan eksfoliator ini lebih efektif untuk mencerahkan wajah.

Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector

Untukmu yang memiliki bekas jerawat, komedo, dan kulit yang kusam, maka cobalah untuk menggunakan produk yang satu ini. Pasalnya Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector dapat menghilangkan masalah kulit yang bisa memengaruhi penampilan wajah.

Ketika digunakan dengan rutin, hasilnya pun akan mulai terlihat hanya dalam kurun waktu dua bulan. 

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Rekomendasi exfoliating toner ini dapat mengelupaskan kulit mati agar membuat wajah lebih bersih dan bercahaya. Menariknya, produk ini mengandung esktrak Tasmanian pepperberry dan lidah buaya yang bisa menenangkan kulit sekaligus mengurangi iritasi akibat penggunaan asam.

Cosrx BHA Blackhead Power Liquid

Timbulnya komedo pada wajah memang terkadang dapat memengaruhi penampilan wajah. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena komedo hitam ini bisa diatasi dengan Cosrx BHA Blackhead Power Liquid.

Pasalnya, penyegar wajah ini termasuk ke dalam chemical exfoliant yang dapat membersihkan blackhead dan kotoran berlebih di dalam pori-pori.

Glamglow Supertoner Pore Clarifying Acid Solution

Untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori wajah, produk ini mengandalkan tanah liat, arang, dan campuran enam asam di dalamnya. Karena kandungan yang ajaib tersebut, pori-pori wajah pun menjadi bersih dan kulit terasa lebih halus. Soalnya, tanah liat dapat membantu menghilangkan kusam pada wajah.

Selain itu, kulit juga terasa lebih sehat karena arang yang aktif dapat mendetoksifikasi dan mengangkat kotoran pada wajah.

The Bath Box Kombucha Exfoliating Toner

Rekomendasi exfoliating toner ini mengandung kombucha, ekstrak edelweiss, dan AHA yang berasal dari sugar cane, jeruk, dan lemon. Sehngga produk ini bisa menyegarkan kulit wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, menjadikan produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.