Butuh Pencerahan: Bagaimanakah Cara Menghilangkan Komedo Putih?

komedo putih
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Ah, komedo putih. Warnanya suci, tapi jika muncul di wajah dalam bentuk komedo—ibarat tumpukan noda yang ingin ditutupi. Tapi katanya, penggunaan make up yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi komedo putih menjadi lebih parah. Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo putih yang tepat? Dan apa sih, sebenarnya komedo ini? Untuk mendapatkan semua jawabannya, cara menghilangkannya, LIMONE menghubungi, dr. Arini Astasari Widodo, Sp,KK, seorang dermatolog dari Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Apa itu Komedo Putih?

komedo putih
Foto: www.freepik.com

"Komedo putih atau whiteheads adalah istilah untuk komedo tertutup, yaitu lesi kulit yang kecil, tidak ada peradangan, berwarna putih atau sewarna kulit, sering kali ditemui di wajah. Kelainan kulit ini sering timbul saat pori tertutup oleh kulit mati dan terisi oleh minyak (sebum)," jelasnya.

Terdapat dua jenis komedo di wajah, yakni komedo putih dan komedo hitam. Menurut Dokter Arini terdapat perbedaan antara komedo putih dengan komedo hitam. Jika whiteheads disebabkan oleh saluran pori-pori yang tertutup, maka pada komedo hitam, pori-pori tidak sepenuhnya menutup sehingga udara dapat masuk.

“Komedo hitam disebut juga komedo terbuka, karena pori tidak sepenuhnya tertutup, sehingga terdapat udara yang dapat masuk ke pori. Oksigen yang masuk ke pori menimbulkan reaksi oksidasi, sehingga bagian yang teroksidasi menjadi berwarna hitam,” lanjutnya.

Munculnya whiteheads di kulit wajahmu akan menimbulkan beberapa efek atau gejala. Gejala ini dapat kamu lihat dan rasakan jika kamu menyentuh kulit wajah. “Umumnya apabila banyak komedo putih di wajah, tekstur kulit menjadi tidak rata, terasa kasar. Sering kali yang dikeluhkan adalah ‘beruntusan,'” paparnya.

Baca Juga :  Butuh Pencerahan: Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam?

Dokter Arini menambahkan, jika dibiarkan komedo putih dapat menghilang dengan sendirinya, namun hanya dalam hitungan 25%. “Komedo tertutup dapat bertahan pada kulit selama beberapa hari. Sekitar 25% dari komedo tertutup dapat menghilang sendirinya, sedangkan 75% dari komedo tertutup dapat meradang menjadi jerawat,” katanya. 

Apa Saja Faktor Penyebab Munculnya Komedo Putih?

komedo putih
Foto: www.pexels.com

Komedo putih merupakan jenis jerawat yang tidak meradang yang dapat muncul di bagian wajah manapun, seperti dagu, hidung, maupun di dahi. Munculnya komedo yang mengganggu kulit wajah ternyata disebabkan oleh beragam faktor, seperti peningkatan aktivitas kelenjar minyak.

“Munculnya whiteheads antara lain disebabkan oleh peningkatan aktivitas kelenjar minyak, penumpukan sel kulit mati, dan adanya bakteri P. acnes pada kulit,” ungkapnya.

Tak hanya itu, penyebab terjadinya hal tersebut juga dipengaruhi hal lain, di antaranya:

  • Genetik atau keturunan, dapat memengaruhi peningkatan aktivitas kelenjar minyak.
  • Pengaruh hormon. Aktivitas kelenjar minyak dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon. Perubahan ini bergantung dengan siklus kehidupan dan usia seseorang.
  • Faktor lingkungan. Suhu serta kelembapan udara, misalnya.
  • Makanan jenis tertentu juga dapat mempengaruhi munculnya whiteheads dan bakteri.
  • Stres dan mengonsumsi obat stres.
  • Paparan bahan kimia yang bersumber dari make up juga akan memengaruhi singgahnya komedo putih di wajahmu. 

Penumpukan sel kulit mati menjadi salah satu alasan penyebab munculnya whiteheads, hal ini karena dapat menyumbat pori-pori wajah.

“Sel kulit kita mengalami pembaharuan, yaitu sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru. Hal ini kita namakan pergantian kulit. Laju pergantian kulit dapat menjadi melambat atau tidak seimbang akibat banyak faktor. Sehingga hal ini membuat kulit mati menumpuk di atas kulit dan kulit mati ini menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo, termasuk whiteheads dan blackheads,” tutur Dokter Arini.

Baca Juga :  Tanya Ahli: Apa Sebenarnya Manfaat Air Mawar?

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Putih?

Foto: www.freepik.com

Jika wajahmu memiliki whiteheads atau jerawat, kamu pasti dengan sigap akan melakukan beragam cara untuk menghilangkannya. Pasalnya, well... yang termudah, munculnya komedo putih dan jerawat akan memengaruhi penampakan wajahmu. Namun ternyata menghilangkan whiteheads tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu waktu untuk menghilangkannya.

“Komedo putih dapat hilang dalam waktu singkat apabila dilakukan ekstraksi secara profesional oleh dokter spesialis kulit. Menghilangkan whiteheads dengan skincare atau dengan eksfoliasi kulit membutuhkan beberapa hari sampai beberapa minggu, karena skincare membutuhkan waktu untuk bekerja,” jelasnya.

Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Komedo Putih?

Foto: www.freepik.com

Munculnya komedo putih juga dapat disebabkan oleh bahan-bahan yang terkandung pada perawatan wajah atau make up-mu. Untuk itu, kamu perlu menghindari bahan komedogenik.

“Pada dasarnya perlu menghindari bahan-bahan yang komedogenik. Tiap ingredients memiliki comedogenicity rating yang dapat dicek satu persatu. Pada seseorang dengan oily skin juga dapat mencari produk yang oil free,” sarannya. 

Bahan-bahan komedogenik umum yang harus kamu hindari di antaranya adalah linseed oil, cocoa butter, butyl stearate, coconut oil, lanolid acid, oleyl alcohol, oleic acid, acetylated lanolin alcohol, isopropyl myristate, isopropyl linoleate.

Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan bahan-bahan berikut untuk dihindari, seperti peanut oil, olive oil, sweet almond oil, tetradecane, isostearic acid, glyceryl-3 diisostrearate, lauric acid

Selain itu? Dokter Arini memberikan bocorannya.

Cuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat

Kamu harus rajin membersihkan wajah mu untuk mencegah munculnya komedo putih. Terlebih di daerah yang tertutup, hal tersebut dapat membuat jerawat menjadi lebih buruk. “Apalagi di daerah yang tertutup helm atau hijab dapat membuat jerawat lebih buruk apabila berkeringat. Sehingga harus segera cuci wajah setelah berkeringat,” ungkapnya.

Baca Juga :  6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Gunakan jari untuk mencuci wajah dan gunakan cleanser yang lembut

Mencuci wajah dengan menggunakan jari disinyalir lebih efektif untuk membersihkan kotoran. Jangan lupa lakukan pijatan-pijatan ringan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pembersih wajah yang lembut, supaya tidak menimbulkan iritasi.

Bersihkan wajah sampai benar-benar bersih

Pastikan mencuci wajah dengan bersih sehingga terhindar dari whiteheads. “Sisa make up atau skincare dan kotoran dapat memicu komedo bila tidak dibersihkan dengan baik,” tutur Dokter Arini.

Keramas dengan teratur

Munculnya whiteheads dapat dicegah jika kamu mencuci rambutmu dengan teratur. “Keramas dengan teratur, apalagi bila memiliki rambut yang berminyak,” ujarnya

Eksfoliasi kulit

Kulit mati yang menumpuk dapat membuat munculnya komedo putih, untuk itu kamu dapat melakukan eksfoliasi. “Jika banyak kulit mati, eksfoliasi kulit dapat membantu menghilangkan penumpukan kulit mati yang dapat menyebabkan pori tersumbat. Sebagai permulaan, lakukan 1-2 kali seminggu,” sarannya. 

Gunakan skincare dan make up non-komedogenik dan oil free

Pilihlah produk perawatan dan kosmetik wajah yang mengandung non-komedogenik. Selain itu, jika jenis kulit wajahmu berminyak, kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan oil free.

Selanjutnya: Panduan Perawatan Kulit Berjerawat