9 Tips Pintar Menambahkan Warna Terracotta di Sekitar Rumah

warna terracotta
Foto: www.unsplash.com

Tak selalu harus hitam, putih, dan abu-abu, kamu juga bisa menambahkan warna terracotta ke dalam interior rumah.

Hadir dengan nuansa oranye pekat yang cantik, warna ini memiliki kesan natural serta rustik, sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukainya dan kemudian mengaplikasikan warna ini ke dalam rumah.

Salah satu yang paling umum adalah mencat dinding dengan warna terracotta. Pemilihan warna yang satu ini dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan menambah kesan estetika.

Jika kamu berniat untuk mengaplikasikan warna ini ke dalam hunian, maka tetap gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan inspirasi yang tepat.

Pamerkan Semburat Warna Terracotta

warna terracotta
Foto: www.pinterest.com/milraypark.com.au

Jika kamu masih belum siap untuk mengubah hunian dengan menggunakan warna terracotta, maka tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengaplikasikannya.

Salah satunya adalah dengan menyisipkan warna oranye yang cantik ini secara halus. Yakni dengan menambahkan aksesoris yang dapat membuat hunian menjadi lebih cerah.

Seperti menambahkan bantal warna terakota di atas sofa warna krem yang tenang. Nantinya warna ini akan terlihat lebih kontras, sehingga bantal pun akan menjadi pusat perhatian di ruangan tersebut.

Tambahkan sebagai Aksen Ruangan

Foto: www.pinterest.com/Breanna Frizzell

Karena warna terracotta berkaitan dengan alam dan tanah, maka tak heran jika warna ini digemari oleh banyak orang.

Kamu bisa memadukan desain ruangan yang modern dengan menambahkan aksesoris berwarna turunan oranye ini. Seperti menambahkan pot bunga yang dibalut dengan kembarannya warna rust ini.

Pilihlah produk dengan aksen geometris supaya terlihat cocok dengan hunian yang modern. Selain itu, aksesoris ini juga dapat membuat rumah terlihat lebih elegan.

Buat Menjadi Lebih Natural

warna terracotta
Foto: www.pinterest.com/SPELL

Ingin memiliki ruang hijau di rumah? Pilihlah warna terracotta yang dapat membaur sempurna dengan hunian yang alami.

Sebab warna batu bata ini identik dengan tanah, yang membuatnya terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan tanaman hijau.

Jika kamu bingung untuk mengaplikasikannya, cobalah untuk mengganti keramik lantai dengan warna oranye yang satu ini, kemudian letakkan kursi dan meja berwarna putih.

Setelahnya kamu bisa menggantungkan beberapa pot gantung warna terakota kemudian tambahkan tanaman hijau di atasnya.

Selain terlihat lebih asri, nantinya area ini juga kental dengan nuansa vintage, sehingga hunian pun terasa lebih hangat dan membuat seluruh anggota keluarga betah berlama-lama di rumah.

Aplikasikan Warna Terracotta di Kamar Tidur

warna terracotta
Foto: www.pinterest.com/Redcity-crafts (The World Of Crafts)

Campuran warna oranye dan cokelat ini akan sangat pas jika kamu terapkan di kamar tidur. Gantilah cat dindingmu dengan warna terakota, kemudian tambahkan beberapa elemen kayu dan warna-warna yang lembut.

Baca Juga :  Tak Hanya Cantik, Tanaman Hias Ini Juga Bisa Kurangi Stres

Untungnya tidak ada kecenderungan gender tertentu pada warna yang satu ini, sehingga bisa diaplikasikan pada ruang tidur anak atau orang tua.

Namun jika ingin warna bata ini terlihat mencolok, cobalah untuk membuat kamar tidurmu didominasi dengan warna putih. Kemudian tambahkan beberapa aksesoris warna terakota di dalamnya.

Tambahkan Warna Terracotta di Area Dapur

Foto: www.pinterest.com/MyDomaine

Selain kamar tidur, dapur juga menjadi ruangan yang akan sangat cocok untuk ditambahkan warna terakota.

Pilihlah keramik berwarna oranye tanpa motif dan pasang pada area yang satu ini. Dijamin, ruang makan dan memasak ini akan tampak lebih hangat dan memamerkan kesan tradisional yang kental.

Tak perlu khawatir, kamu juga bisa menambahkan beberapa perabotan berwarna putih supaya nantinya dapur tetap terlihat netral.

Buat Kamar Mandi menjadi Lebih Tenang

Foto: www.pinterest.com/Colorful Room Inspiration For Your Soul

Salah satu cara terbaik untuk mengaplikasikan warna yang satu ini adalah dengan menerapkannya pada area kamar mandi.

Berbeda dengan ditambahkan pada ruang tamu, warna terracotta di kamar mandi justru akan membuat ruangan tampak lebih kalem dan menenangkan. Kamu pun bisa lebih rileks saat berada di kamar mandi.

Jika tidak ingin terlalu mencolok, cobalah untuk menambahkan beberapa furnitur dengan warna mirip rust ini. Seperti, dengan memasang rak berwarna terakota.

Namun jika ingin merasa lebih tenang, kamu bisa menggunakan lantai keramik atau mengubah cat dinding dengan warna yang satu ini.

Jangan lupa untuk menyimpan beberapa perabotan kayu supaya nantinya nuansa alami dapat lebih terasa. Supaya tidak terlalu kontras, padukan dengan warna-warna netral seperti putih.

Berikan Kesan Vintage

Foto: www.pinterest.com/Sara McElhaney // The February Fox

Warna terakota memang menjadi salah satu cara mudah untuk menampilkan kesan vintage di hunian. Apalagi jika kamu senang dengan gaya bohemian, maka ini saat  yang tepat untuk menambahkan beberapa dekorasi dengan turunan warna oranye ini.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan karpet tribal yang didominasi warna terracotta.

Tidak hanya satu, kamu bisa menambahkan beberapa furnitur berwarna oranye ini. Seperti menambahkan bantal dan kursi warna terakota.

Padukan Terracotta dengan Warna Aman

warna terracotta
Foto: www.pinterest.com/ohjoy.blogs.com

Warna yang paling aman untuk dikombinasikan dengan terakota adalah warna-warna alami seperti putih gading, krem, dan cokelat terang. Memadukan beberapa warna ini dijamin akan membuat ruangan terlihat semakin menarik.

Tak hanya dipadukan dengan warna natural dengan tone hangat, tetapi kamu juga bisa mencampurkannya dengan tone dingin seperti biru, hijau gelap, dan abu-abu.

Buat Teras Terasa Lebih Asri

Foto: www.pinterest.com/vtwonen.nl

Salah satu area rumah yang tidak boleh terlewat untuk menggunakan warna terakota adalah bagian teras rumah.

Untungnya, sangat mudah mengaplikasikan warna ini, yakni dengan menggunakan genting yang dibuat dari tanah liat. Sehingga nantinya warna oranye kecokelatan ini dapat muncul di bagian eksterior rumah.

Baca Juga :  10 Dekorasi Ruangan Sederhana Yang Bisa Membuatnya Terlihat Mewah

Tambahkan pula beberapa tanaman hias di sekitar hunian, supaya nantinya rumah terlihat lebih asri dan sejuk.