11 Inspirasi Motif Keramik Kamar Mandi yang Unik

keramik kamar mandi
Foto: www.unsplash.com

Tak hanya ruang tamu, kamar mandi pun menjadi ruangan yang tak boleh terlewat untuk diperhatikan. Demi menghadirkan nuansa yang nyaman dan elegan, kebanyakan orang mulai mendekorasinya dengan menghadirkan furnitur serta motif-motif yang menarik. Jika kamu sedang mencari inspirasi yang unik, maka berikut model keramik kamar mandi yang bisa dipilih.

Motif Chevron yang Unik

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Fireclay Tile

Biasanya motif chevron terdiri dari pola dua warna. Agar kamar mandi tidak terlihat terlalu ramai, maka kamu bisa menggunakan warna yang kontras agar terlihat berbeda. Cobalah memadukan warna putih dan biru, atau hijau yang akan membuat ruangan terasa lebih segar.

Pasalnya, biru dan hijau akan memberikan kesan relaksasi lebih pada ruangan. Sehingga sangat cocok untuk di gunakan pada kamar mandi.

Motif Kayu yang Hangat

Foto: www.pinterest.com

Sesungguhnya, lantai parket kayu akan kurang cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang satu ini. Namun jika kamu ingin tetap menambahkan aksen kayu, maka pilihlah keramik kamar mandi dengan motif kayu.

Umumnya, warna keramik kamar mandi dari kayu akan cenderung lebih gelap daripada model keramik kamar mandi lainnya. Sehingga suasana ruangan pun terasa hangat dan nyaman, sangat ideal untuk digunakan karena dapat membantu proses relaksasi.

Motif Marmer Untuk Kesan Mewah

Foto: www.pinterest.com/Satori Design for Living

Untukmu yang ingin menghadirkan kesan mewah dan elegan, maka keramik kamar mandi dengan motif marmer merupakan pilihan yang sempurna. Kebanyakan motif ini sering kali dipasang pada lantai dan menyatu dengan dinding.

Karena keramik dengan motif marmer sering terkesan dingin, maka kamu bisa menambahkan dekorasi seperti lampu tambahan, tanaman hijau, atau unsur kayu yang akan membuat ruangan terasa lebih hangat.  

Motif Polos pada Konsep Minimalis

Foto: www.pinterest.com/Home Decorator

Jika kamu memiliki konsep ruangan minimalis, maka tidak ada salahnya untuk memilih keramik kamar mandi yang polos. Namun, permainkan lah motif-motif yang beragam pada dinding agar tidak terkesan kaku dan membosankan.

Wallpaper atau dinding keramik bermotif kamu juga bisa kamu jadikan sebagai opsi yang tepat untuk melengkapi ruangan. Jangan lupa tambahkan tanaman hijau agar terasa lebih hidup.

Motif Teraso yang Nyaman

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Behance

Sempat menjadi tren pada tahun 2018, kini kamu juga bisa memilih motif teraso untuk keramik kamar mandi. Pasalnya motif yang satu ini akan membuat ruangan terkesan lebih sejuk dan nyaman.

Bahan utama dari keramik yang satu ini terbuat dari campuran semen dan pasir yang dikombinasikan dengan pecahan marmer, keramik, kaca, dan kulit kerang. Sehingga kamar mandi pun akan terasa lebih artistik dan menarik.

Motif Fish Scale yang Lembut

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Bright.Bazaar /

Ingin memiliki kamar mandi unik dan berbeda dari ruangan lainnya? Cobalah pasang keramik dengan motif fish scale. Pasalnya pola yang mirip dengan sisik ikan ini akan menjadikan kamar mandi terlihat lebih menarik. Biasanya motif ini akan terlihat pada arsitektur yang bergaya Victoria dengan tambahan dekorasi furnitur yang antik.

Pilihlah warna-warna lembut seperti pastel seperti hijau telur asin atau peach yang akan menjadikan ruangan terasa cozy dan eye catching.

Motif Heksagonal yang Menarik

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Lily Ann Cabinets

Keramik enam sisi ini ternyata juga bisa kamu pilih sebagai dekorasi kamar mandi. Pilihlah motif polos dan padukan beberapa warna agar terkesan lebih menarik. Dengan kombinasi warna yang beragam, mulai dari putih, abu-abu muda, merah muda pastel, hingga hitam, ternyata dapat memberikan efek yang menenangkan pada ruangan.

Motif Garis untuk Ruangan Sempit

Foto: www.pinterest.com/Jen Pinkston – The Effortless Chic

Jika kamu memiliki kamar mandi dengan ukuran yang kecil, maka pemilihan keramik dengan motif garis atau bentuk yang memanjang merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, model ini akan membuat ruangan terlihat lebih jenjang dan memanjang. Kamu bisa memilih keramik kamar mandi berwarna terang seperti putih atau krem, serta warna-warna pastel yang bisa membuatnya terlihat lebih luas.

Motif Batu Alam yang Sejuk

Foto: www.pinterest.com/KBRS, Inc.

Untukmu yang senang dengan nuansa alami, maka penggunaan batu alam merupakan salah satu pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu memiliki shower box, maka jangan lupa untuk melapisinya dengan batu alam pada dinding serta area lantai.

Kamu bisa menambahkan beberapa furnitur tambahan seperti meja kayu yang diletakkan pada area kering, atau rak gantung yang ditempel pada dinding.

Motif Quatrefoil yang Cantik

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Homes To Love AU

Motif empat daun ini, akan sangat sempurna untuk dipasangkan pada kamar mandi dengan konsep gothic dan renaissance. Karena pola ini cukup dominan, maka kamu bisa memilih material dinding yang polos. Sehingga ruangan tidak terkesan terlalu ramai dan tetap membuatmu terasa nyaman ketika berada di kamar mandi.

Biasanya, motif quatrefoil akan digunakan pada rumah dengan konsep vintage. Untuk itu, kamu bisa memilih warna-warna netral seperti abu-abu, putih, dan krem agar tidak terlihat ramai.

Perpaduan Motif Kayu dan Batu Alam

keramik kamar mandi
Foto: www.pinterest.com/Behance

Jika ingin terlihat berbeda, maka kamu bisa menggunakan keramik motif kayu untuk area yang kering, lalu mengombinasikannya dengan keramik batu alam pada area yang basah. Pemilihan dua bahan ini tentu akan cukup efektif karena dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan terkesan natural.

Untukmu yang ingin memiliki kamar mandi dengan desain modern dan memiliki ruangan yang cukup luas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikan perpaduan motif ini.