6 Trik Mendesain Kamar Mandi Kecil agar Terlihat Luas dan Tetap Cantik

desain kamar mandi kecil
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Pepatah “lebih besar, berarti lebih baik”, tidak selalu benar. Termasuk dalam hal desain kamar mandi kecil. Hanya karena kamar mandimu terbatas dalam panjang, lebar dan tinggi bukan berarti akhir dari dunia—dan akhir dari kemungkinan bergaya.

Dengan desain yang tepat, kamar mandi kecilmu tetap bisa berfungsi dan beroperasi dengan baik, meski ukurannya super mungil.

Penasaran trik sederhana apa yang wajib dilakukan saat memilih desain kamar mandi kecil agar rapi, bersih, terlihat luas dan lebar, plus tetap cantik? Ini enam hal yang harus kamu lakukan saat melakukan desain kamar mandi kecil.

Posisikan Gantungan dengan Tepat

Posisikan Gantungan dengan Tepat | | 6 Trik Mendesain Kamar Mandi Kecil agar Terlihat Luas dan Tetap Cantik
Foto: www.pinterest.com/Good Housekeeping

Jika kamu memiliki ruang yang sangat amat terbatas (yang pasti jauh dibandingkan kamar mandi Kim Kardashian), memanfaatkan dead space adalah trik jenius. Dead spaces ini termasuk bagian belakang pintu, yang bisa kamu gunakan sebagai tempat menggantung baju atau handuk.

Ini juga akan membuat desain kamar mandi kecil tetap rapi dan tidak sumpek dengan berbagai kotak, rak dan laci.

Wajib: Lengkapi dengan Kaca

Wajib Lengkapi dengan Kaca | | 6 Trik Mendesain Kamar Mandi Kecil agar Terlihat Luas dan Tetap Cantik
Foto: www.pinterest.com/Good Housekeeping

Ah, cermin: senjata andalan untuk desain rumah mungil, termasuk kamar mandi kecil. Jika kamu ingin membuat kamar mandi mungilmu terlihat lebih lebar, masukkan cermin ke dalamnya.

Kamu bisa mengatur dua kaca saling berhadapan untuk menciptakan efek infinity. Atau, cari cermin panjang dan letakkan di wastafel untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang dan lebih luas.  

Gunakan Cat Gelap

Gunakan Cat Gelap | | 6 Trik Mendesain Kamar Mandi Kecil agar Terlihat Luas dan Tetap Cantik
Foto: www.pinterest.com/CLARE

Siapa bilang cat gelap haram hukumnya untuk desain kamar mandi kecil. Yep, tidak hanya warna putih, cat-cat tembok gelap juga cocok untuk ruangan mungil.

Mengecat ruangan dengan warna gelap dapat membuka ruangan kecil, dan membuatnya terasa lebih besar, berudara dan terbuka.

Padukan dengan permukaan-permukaan bersinar (seperti marmer atau furnitur keemasan) agar cahaya yang masuk terpantul dan membuat ruangan terang.

Tambahkan Rak Tersembunyi

desain kamar mandi kecil
Foto: www.pinterest.com/Family Handyman

Trik ini berlaku jika kamu ingin merenovasi kamar mandi kecil di rumah atau apartemen. Yakni, tambahkan recessed shelving (kamu pasti sering melihat ini di kamar mandi hotel) untuk menyimpan pernak-pernik mandi.

Detail ini (yang hanya memakan sepersekian inci di dinding) dijamin akan membawa perbedaan besar. Dengan ini kamu butuh ember atau gantungan apapun untuk meletakkan sampo, sabun, kondisioner, alat cukuran. Plus, kamar mandi terlihat rapi dan bersih.

Pilih Lampu Gantung

desain kamar mandi kecil
Foto: www.pinterest.com/Becki Owens

Mungkin kamu lebih sering melihat lampu-lampu ditempel di dinding saat di kamar mandi, tapi peletakan ini membutuhkan ruangan. Oleh karenanya, jika kamar mandimu super mungil, pertimbangkan untuk mendesainnya dengan lampu gantung.

Tidak hanya membuat kamar mandi lebih glamor, trik ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih besar. Dengan ini kamu memiliki ruang yang cukup untuk menggantung handuk atau cermin besar.

Jangan Lupa: Tempat Penyimpanan

desain kamar mandi kecil
Foto: www.pinterest.com/Better Homes & Garden

Kamar mandi kecil tetap butuh tempat penyimpanan agar senantiasa terlihat rapi dan bersih. Namun berhubung kamar mandi ukurannya terbatas, kamu harus sebaiknya cerdik dalam memilih tempat penyimpanan untuk diletakkan di dalamnya.

Dalam hal ini, jika kamar mandimu akan renovasi, coba rak yang menyatu dengan dinding.

Atau letakkan tempat penyimpanan atau rak yang minimalis dan cantik di bawah wastafel untuk menyembunyikan barang-barang esensial lain yang memang ingin kamu wajahkan dari muka publik.