8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Foto: www.canva.com

Memiliki ruang tamu dengan ukuran yang terbatas mungkin bagi sebagian orang akan terkesan menyebalkan. Meski begitu, ada banyak cara dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang bisa ditiru.

Terlebih lagi dengan memiliki ukuran ruangan yang terbatas, ini bisa memudahkanmu untuk menatanya. Sehingga nantinya, dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik ini bisa terasa lebih nyaman untuk disinggahi.

Sama seperti pengaturan furnitur pada ruangan besar, kamu harus pintar dalam memilih barang yang akan diletakkan pada ruang tamu. Berikut tips menghadirkan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang bisa dijadikan inspirasi.

Pilih Perabotan Multifungsi

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Foto: www.pinterest.com/Yang’s Furniture | Living Room Ideas | Living Room Decor

Saat memiliki ruang tamu yang berukuran kecil, maka sangat penting untuk memilih perabotan yang multifungsi. Seperti menggunakan furnitur yang bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

Salah satu contoh furnitur yang bisa dipilih adalah menambahkan kabinet di ruang tamu. Di mana kamu bisa menyimpan koleksi buku atau piring-piring antik sekaligus menjadikannya sebagai tambahan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik.

Tidak lupa untuk memaksimalkan juga beberapa ruang yang ada di bawah meja. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan rak gantung pada sudut dinding untuk meletakkan beberapa dekorasi.

Perhatikan Pemilihan Warna

Foto: www.pinterest.com/vintagerugsra

Ketika ingin menyesuaikan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, pemilihan warna pada furnitur pun dapat memengaruhi ruangan. Oleh karena itu, pilihlah warna yang aman seperti warna netral, mulai dari putih, krem, atau abu-abu muda.

Biasanya ruangan berukuran kecil akan terlihat lebih luas ketika dekorasinya memiliki warna putih. Jika memilih perabotan dengan ukuran yang besar, seperti rak buku atau sofa, cobalah untuk menggunakan warna solid dan warna kayu.

Meski telah menggunakan warna yang aman, namun kamu juga tetap perlu memastikan furnitur yang ada di ruangan diletakkan dengan rapi. Sebab jika diletakkan secara sembarang, ini dapat membuatnya semakin terkesan sempit.

Gunakan Furnitur Sederhana

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Untukmu yang memiliki ruang tamu dengan lahan terbatas, cobalah memilih perabotan dengan potongan yang lebih ringan. Jika kamu telah memiliki sofa, maka cukup tambahkan kursi sebagai tempat duduk tambahan.

Dibandingkan dengan meletakkan dua sofa yang berukuran lebih besar, kursi dengan warna gelap bisa menjadi solusi terbaik untuk memberikan ruang lebih.

Selain itu, hindari juga memilih meja dan kursi dengan kaki yang tebal. Oleh karenanya, kamu bisa menggunakan meja yang terbuat dari kaca transparan untuk membuat ruangan terlihat semakin luas.

Tonjolkan Sisi Atas Ruangan

Foto: www.pinterest.com/fredasmith.co.uk

Jika kamu memiliki ruang tamu yang berukuran kecil dengan langit-langit tinggi, dianjurkan untuk memanfaatkan bagian atas untuk membuatnya terkesan lebih luas. Salah satunya dengan menambahkan lampu gantung yang sesuai dengan selera.

Baca Juga :  Mau Rumah Lebih Elegan? Ini 8 Cara Menambahkan Warna Mocca Muda Dalam Hunian

Selain itu, bisa juga dengan memasangkan tirai panjang dari ujung langit-langit hingga ke lantai.

Beberapa dekorasi lain juga bisa dijadikan opsi, seperti membuat rak buku berukuran tinggi agar nantinya pandangan mata bisa terlihat lebih fokus ke bagian atas ruangan. Ini semua bisa kamu coba dan sesuaikan dengan selera.

Manfaatkan Area Dinding

Foto: www.pinterest.com/epichomee.com

Untukmu yang senang bereksperimen, maka manfaatkanlah area dinding sebagai dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik. Seperti meletakkan bingkai, cermin, dan hiasan lainnya di area dinding yang kosong.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan benda yang memiliki fungsi pada ruang tamu. Seperti lampu gantung, meja kecil, atau rak gantung yang diletakkan dekat area dinding yang masih kosong.

Ini bisa menambah ruangan terlihat lebih fungsional dan pastinya menarik.

Gunakan Dekorasi dengan Nuansa Emas

Foto: www.pinterest.com/Kinsey Walsh

Meski memiliki ruang tamu yang berukuran kecil, namun ini bukan menjadi alasan untuk tidak mendekorasinya secara maksimal. Jika menyukai nuansa yang elegan, cobalah untuk meletakkan sedikit hiasan dinding berwarna emas.

Nantinya ruang tamu pun akan terkesan mewah dan menjadi pusat perhatian. Salah satunya adalah dengan menambahkan lampu berukuran tinggi dengan bagian tiangnya dilapisi warna emas.

Selain itu, bisa juga dengan menambahkan cermin yang dilengkapi dengan aksen keemasan yang diletakkan pada dinding kosong. 

Tambahkan Cermin supaya Terlihat Luas

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Foto: www.pinterest.com/Liketogirls

Meski tips ini sangat klasik, namun terbukti efektif untuk menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Akan tetapi, tidak disarankan untuk menggantungkan cermin secara sembarangan.

Ketahui terlebih dahulu titik strategis dan ukuran cermin yang akan digunakan. Tempatkan cermin pada area yang berdekatan dengan sumber cahaya.

Hal ini dapat membuat ruangan akan dipenuhi dengan cahaya sehingga terkesan lebih luas. Jika ruang tamu memiliki jendela, maka disarankan untuk meletakkan cermin bersebrangan dengan jendela. 

Ganti Meja dengan Rak Tinggi

Foto: www.pinterest.com/Jenni Yolo – I Spy DIY

Jika kamu saat ini meletakkan sebuah meja di area samping, maka cobalah untuk menggantinya dengan menempatkan rak dinding yang berukuran tinggi. Pastinya, furnitur yang satu ini akan lebih fungsional karena bisa menyimpan banyak barang.

Namun penting untuk menyesuaikan peletakan barang-barang. Jangan sampai kamu menyusunnya secara sembarangan, karena ini dapat membuatnya terlihat berantakan.

Pemilihan rak dinding yang tinggi ini bisa menjadi pusat perhatian dan dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.