Punya Ruang Tamu Minimalis? Ini 10 Tips Mendekorasinya Agar Tetap Menarik

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.unsplash.com

Ruang tamu merupakan salah satu area rumah yang sering kali digunakan untuk menyambut tamu yang datang berkunjung. Sehingga, tidak jarang kebanyakan orang memilik dekorasi ruang tamu dengan nuansa yang hangat dan nyaman. Salah satu pilihan desain yang nyaman adalah dekorasi ruang tamu minimalis.

Meski memiliki ukuran yang terbatas, hal ini bukan menjadi sebuah batasan untukmu menghadirkan ruangan yang dapat membuat semua orang merasa betah. Dengan penataan serta dekorasi ruang tamu yang tepat, ruangan pun dapat digunakan dengan maksimal. Berikut 10 tips mudah dekorasi ruang tamu minimalis yang nyaman sekaligus bisa membuat tamu menjadi kagum.

Gunakan Warna Terang

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com

Agar membuatnya terlihat lebih luas, kamu bisa mengaplikasikan cat tembok berwarna netral atau terang. Mulai dari putih, abu-abu muda, dan warna netral lainnya, hal ini dapat memberikan kesan yang bersih dan lapang.

Dengan menggunakan warna terang, hal ini juga dapat memudahkanmu untuk mengombinasikannya dengan warna lain agar ruangan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Sesuaikan Furnitur dengan Ukuran Ruangan

Foto: www.pinterest.com

Terkadang sebagian orang menganggap bahwa sofa dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Padahal, kamu bisa menggunakan bentuk sofa yang disesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Hindari menggunakan sofa berukuran besar yang akan menyita terlalu banyak ruang.  

Tambahkan sofa dengan ukuran yang pas dengan luas ruangan, serta pasangkan dengan meja tamu yang ringan dan menarik.

Pilih Perabotan dengan Tampilan Effortless

Foto: www.pinterest.com

Furnitur dengan bobot yang ringan juga bisa menjadi salah satu cara untuk dekorasi ruang tamu yang berukuran kecil. Kamu bisa memilih kursi duduk yang empuk dengan berkaki kayu agar terkesan lebih pas dan tidak memakan banyak tempat.

Selain itu, tambahkan meja dengan bahan kaca yang transparan agar membuat ruangan terlihat lebih luas dan menarik.

Gunakan Peralatan Multifungsi

Foto: www.pinterest.com

Perabot multifungsi melakukan solusi praktis untuk menyiasati ruang tamu minimalis. Pasalnya penggunaan furnitur ini akan memberikan banyak tempat penyimpanan. Kamu bisa menggunakan rak penyimpanan yang secara sekaligus dapat dijadikan sebagai pembatas ruangan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penyimpanan tertutup yang sekaligus dijadikan sebagai kursi tambahan. Furnitur ini akan sangat cocok untuk melengkapi sofa di ruang tamu serta menyimpan berbagai macam benda agar lebih rapi.

Manfaatkan Dinding

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com

Meski memiliki ruang tamu yang dengan ukuran yang terbatas, namun kamu tetap bisa memanfaatkan area dinding dengan menambahkan rak gantung. Selain itu, bingkai, cermin, atau hiasan lain yang cocok untuk dipajang pada ruang tamu pun bisa kamu letakkan pada dinding.

Jangan lupa untuk melengkapi dekorasi ruang tamu dengan menambahkan lampu atau pencahayaan agar ruangan terlihat lebih menarik dan tetap cerah.

Jadikan Jam Dinding sebagai Dekorasi

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com

Tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam dinding juga dapat kamu jadikan sebagai bagian dari dekorasi pada dinding ruang tamu. Cobalah untuk meletakkan jam di atas rak bersamaan dengan koleksi pajangan atau buku-buku.

Pilihlah jam dengan bentuk sederhana yang sesuai dengan keseluruhan tampilan ruangan agar lebih terkesan sempurna dan cantik.

Gunakan Cermin Agar Terlihat Lebih Luas

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com

Tips paling efektif untuk menyiasati ruang tamu yang minimalis adalah dengan menambahkan cermin ke dalam dekorasi. Pasalnya cermin dapat memberikan ilusi ruangan agar terlihat lebih luas dan besar. Namun, penempatan cermin juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Lokasi ideal untuk menempelkan cermin adalah pada ¾ dari luas keseluruhan bidang dinding.

Selain itu, cermin juga sebaiknya diletakkan pada bagian dinding yang berhadapan langsung dengan jendela atau terkena banyak cahaya. Hal ini dapat memaksimalkan efek pantulan dari cahaya, sehingga membuat ruangan menjadi terlihat lebih besar.

Pasangkan Karpet untuk Menambah Estetika

Foto: www.pinterest.com

Tidak hanya sebagai alas, karpet pun kini dapat menambah estetika dan membuat ruangan terasa lebih hangat dan lembut. Cobalah untuk memilih karpet yang tidak menutupi 50% area lantai, dan menyesuaikan motif dan warnanya dengan tema ruangan.

Selain itu, material karpet juga perlu diperhatikan dengan baik. Untuk itu, pilihlah alas yang nyaman dan mudah untuk dibersihkan.

Tambahkan Tanaman Hijau

Foto: www.pinterest.com

Agar ruangan terlihat segar, maka kamu bisa menambahkan tanaman hijau yang ditata dengan rapi dan diletakkan pada sudut ruangan. Selain itu, tanaman indoor juga akan membantu menyaring udara, mengatur suhu, dan mempercantik ruangan.

Jika tanaman hias terasa sulit untuk diletakkan di dalam ruangan, maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan tanaman tiruan.

Mencoba Pola Warna yang Berani

dekorasi ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com

Meski memiliki ruangan berukuran kecil, namun hal ini jangan sampai membuatmu menjadi takut untuk berekserimen menggunakan warna-warna yang berani. Ketika menggunakan warna yang cerah, maka ini saatnya untukmu mengombinasikannya dengan motif-motif unik yang menarik. Sehingga dapat menghidupkan ruangan dan membuatnya tidak terkesan membosankan.

Namun, pastikan kamu memadukannya dengan tepat agar ruangan tetap terlihat indah, nyaman, serta betah untuk berlama-lama di ruang tamu.