8 Motif Keramik Lantai Yang Pasti Akan Mempercantik Rumah

motif keramik
Foto: www.unsplash.com

Selain hiasan dinding, ternyata keramik lantai juga merupakan salah satu elemen penting yang akan memengaruhi hunian. Oleh karena itu, terdapat berbagai motif keramik yang dapat memberikan nilai estetik pada ruangan. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan dekorasi yang akan digunakan.

Jika saat ini tengah membangun atau merenovasi rumah, maka kamu berada di laman yang tepat. Karena LIMONE telah menyiapkan berbagai pola dan motif keramik yang bisa menginspirasi dan kamu aplikasikan pada hunian.

Keramik Mozaik

motif keramik
Foto: www.pinterest.com/Sunny Circle Studio

Salah satu keramik lantai klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah motif mozaik.

Meski awalnya keramik ini hadir dengan motif kotak-kotak kecil dengan warna yang abstrak, namun lama-kelamaan mulai berkembang dan menghasilkan berbagai model yang lebih menarik.

Mulai dari membentuk gambar tertentu, hingga keramik dengan warna yang lebih berani, terdapat beberapa motif yang bisa kamu temukan di pasaran.

Biasanya, keramik lantai ini digunakan untuk luar ruangan dan kamar mandi, karena memiliki permukaan yang sedikit kasar atau anti-licin saat terkena air.

Keramik Batu Alam

keramik batu alam | | 8 Motif Keramik Lantai Yang Pasti Akan Mempercantik Rumah
Foto: www.pinterest.com/Natural Stone Consulting

Punya impian memiliki hunian mewah yang dibalut dengan batu alam seperti marmer dan granit?

Jangan khawatir, kamu bisa mengaplikasikannya dengan mudah dan tanpa merogoh kantong terlalu dalam dengan menggunakan keramik bermotif batu alam. Mulai dari marmer putih hingga granit, kedua motifnya bisa kamu aplikasikan pada keramik lantai.

Supaya lebih sempurna, pilihlah keramik lantai dalam ukuran tile yang besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesan mewah dan elegan. Untungnya, keramik motif batu alam ini akan dengan mudah dipasang dan dirawat.

Keramik Lantai Kayu

keramik lantai kayu | | 8 Motif Keramik Lantai Yang Pasti Akan Mempercantik Rumah
Foto: www.pinterest.com/Editions de l’Arkhan

Kebanyakan orang setuju bahwa kayu dapat menjadi elemen yang membuat hunian menjadi lebih natural dan hangat. Oleh karena itu, tidak jarang mereka akan mengaplikasikan vinyl pada ruangan.

Sayangnya, lantai kayu ini perlu dirawat dengan ekstra dan perlu merogoh kocek yang dalam. Namun untungnya, terdapat keramik lantai motif kayu yang bisa menggantikannya.

Tidak hanya hadir dengan berbagai pola serat kayu, keramik ini juga menawarkan ukuran potongan yang menyerupai bantalan kayu. Sehingga nantinya kamu bisa mengkreasikan pola penyusunannya.

Motif Grayscale

motif grayscale | | 8 Motif Keramik Lantai Yang Pasti Akan Mempercantik Rumah
Foto: www.pinterest.com/FliesenProfi Lucas GmbH

Seiring dengan semakin diminatinya nuansa industrial pada hunian, maka keramik grayscale pun ikut populer. Biasanya model keramik ini hadir dengan motif abu-abu yang menyerupai semen atau permukaan beton.

Berkat desainnya yang minimalis, membuat keramik lantai ini akan sangat cocok untuk digunakan pada ruangan terbuka atau tertutup. Sehingga tak jarang sebagian orang mengaplikasikannya pada ruang tamu.

Untuk membuatnya terlihat menonjol, hindari penggunaan terlalu banyak warna kontras pada ruangan.

Jika hunianmu bergaya minimalis sekaligus modern, maka jangan sampai terlewat untuk menggunakan motif keramik yang satu ini.

Motif Monokrom

motif monokrom | | 8 Motif Keramik Lantai Yang Pasti Akan Mempercantik Rumah
Foto: www.pinterest.com/Remodelista

Sebagian orang justru merasa jenuh dengan keramik yang hanya menampilkan satu warna. Oleh karena itu, mereka memilih untuk mengombinasikan beberapa warna atau motif ke dalamnya.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan memasang keramik dengan pola papan catur.

Didominasi dengan warna hitam dan putih, keramik monokrom ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih menarik. Tetapi pastikan kamu telah memilih lampu yang sesuai, karena jika salah memilih warna lampu maka nantinya nuansa monokrom ini tidak akan menonjol.

Motif keramik yang satu ini akan sangat cocok untuk dipasang pada kamar mandi.  

Keramik Geometrik

motif keramik
Foto: www.pinterest.com/farmhouseliving.com

Jika hunianmu memiliki nuansa yang artistik, maka cobalah untuk memilih keramik lantai dengan motif geometrik.

Aplikasikan keramik yang benar-benar memiliki bentuk geometrik, seperti bentuk persegi enam, persegi delapan, bahkan jajaran genjang. Susunan pola yang satu ini akan membuat lantai rumah terlihat lebih menarik.

Meski rumahmu bergaya minimalis atau industrial, jangan sungkan untuk menggunakan motif keramik yang satu ini. Pastinya akan terlihat sangat unik.  

Keramik Abstrak

motif keramik
Foto: www.pinterest.com/Sintia Zahra

Untuk membuat hunian menjadi lebih unik, maka kamu bisa mengombinasikan keramik lantai yang berbeda warna dan bentuk. Pastinya, model lantai ini akan terlihat lebih artistik dan ruangan pun terasa jauh lebih hidup.

Mulai dari memadukan warna dengan tone sederhana hingga kontras, kamu bisa bereksperimen dan mencobanya sesuai dengan selera.

Gabungan motif dan warna ini akan sangat pas untuk diaplikasikan pada ruangan dapur. Cobalah untuk menyesuaikan perabotan dapur dengan lantai, agar nantinya bisa menghasilkan perpaduan yang luar biasa.  

Keramik Lantai Printed

motif keramik
Foto: www.pinterest.com/Maisons du Monde

Saat ini, teknologi pembuatan keramik lantai sudah semakin berkembang. Sehingga tak heran kamu bisa mengaplikasikan motif apa pun di atas permukaan keramik lantai dengan memilih kemarik lantai printed.

Mulai dari pola bergaris hingga motif floral, kamu bisa mewujudkan desain-desain tersebut ke permukaan lantai. Sangat menarik ‘kan?

Jika telah memilih model keramik yang satu ini, kamu bisa mencocokkannya dengan dekorasi yang akan ditempatkan. Mulai dari hiasan dinding hingga sofa.

Namun pastikan kamu benar-benar memilih dekorasi yang tepat, supaya nantinya bisa berpadu dengan baik. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan proporsi ruangan.

Pada ruangan yang besar, hindarilah keramik dengan ukuran potong yang kecil. Sementara pada ruangan yang kecil, disarankan untuk tidak memilih motif keramik yang ramai. Hal tersebut justru akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.