Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Terkenal dengan keberagaman budaya, membuat Indonesia juga memiliki berbagai makanan khas daerah. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik, yang mana dipengaruhi oleh bumbu yang digunakan.

Cara pengolahan dari masing-masing makanan khas daerah ini juga sangat bervariasi, mulai dari digoreng, dipanggang, atau direbus. Karena keunikannya, maka tak heran jika beberapa hidangan juga terkenal sampai ke negara tetangga.

Untukmu yang hobi berlibur dan menjejakkan kaki di berbagai daerah di Indonesia, maka jangan lewatkan 10 hidangan khas yang memiliki rasa lezat dan dijamin akan membuatmu ketagihan.

Sate Padang

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.pinterest.com/Miss Adhe

Sesuai dengan namanya, sate yang satu ini merupakan makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat.

Keistimewaan hidangan ini dari jenis sate lainnya adalah siraman kuah berwarna kuning yang terbuat dari rempah-rempah, seperti kunyit, jinten, ketumbar, jahe, lengkuas, dan lada.

Jika biasanya kebanyakan sate menggunakan daging ayam atau kambing, namun makanan yang satu ini juga sering menambahkan lidah, paru, atau sapi. Sehingga rasanya menjadi lebih unik, apalagi dengan bumbu yang dibuat sangat meresap.

Untuk melengkapi rasa dari sate, maka sate ini sering disajikan dengan ketupat, bawang goreng, dan kerupuk khas Padang.

Pempek

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.pinterest.com/ResepMamiku.com – Kumpulan Resep Masakan Rumahan!

Masih di Sumatera Barat, pempek menjadi makanan khas yang berasal dari Palembang. Terbuat dari adonan ikan yang digiling halus bersama dengan tepung tapioka, membuat hidangan ini terasa semakin kenyal, dan teksturnya sangat unik.

Pada dasarnya, makanan khas daerah ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, mulai dari pempek kapal selam, lenjer, keriting, kulit, hingga lenggang.

Tak ketinggalan, bahan tambahan yang menjadi isian dari pempek ini juga berbeda, seperti misalnya pempek kapal selam yang didalamnya terdapat telur.

Biasanya pempek akan digoreng terlebih dahulu hingga kering dan renyah. Kemudian ditambahkan dengan kuah cuko yang berwarna gelap namun memiliki rasa asam dan gurih.

Kerak Telor

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.pinterest.com/eatingasia.typepad.com

Beranjak ke Jakarta, kamu akan menemukan hidangan kerak telor yang lezat dan unik. Soalnya, makanan ini terdiri dari rasi ketan yang ditambah dengan telur, kemudian ditaburi kelapa parut goreng dan bawang merah.

Keunikannya adalah cara pembuatannya, yakni penjual akan menaruh ketan di atas wajan yang telah dipanaskan dengan arang. Kemudian menambahkan telur ke dalamnya, setelah agak matang nantinya wajan akan dibalik.

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang bisa dengan mudah kamu temukan, apalagi ketika ulang tahun Jakarta.

Karedok

Karedok | | Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/weresepmasakan.blogspot.com

Ketika berlibur ke Jawa Barat, jangan sampai untuk memakan kuliner khas daerah tersebut. Karedok merupakan makanan yang terdiri dari macam-macam sayuran mentah yang diiris dan disajikan dengan saus kacang.

Umumnya sayuran yang digunakan adalah mentimun, kol, kacang panjang, kemangi, tauge, dan terong, selain itu kamu juga bisa menggunakan jenis sayuran lainnya.

Setelah diiris, maka nantinya sayuran tersebut akan disiram dengan saus yang terbuat dari gilingan kacang goreng yang dicampur dengan garam, gula aren, dan cabai.

Kamu juga bisa mengatur tingkat kepedasan dari saus kacang tersebut. Bagi masyarakat Sunda, karedok merupakan hidangan sehari-hari yang sering dikonsumsi dengan nasi hangat, tahu, tempe, serta kerupuk udang.

Empal Gentong

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.pinterest.com/Resepkoki.co

Sup tradisional asal Cirebon ini biasanya dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat.

Bahan-bahan empal gentong sendiri terdiri dari kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, serta daun jeruk purut.

Menariknya, terdapat banyak variasi empal gentong yang ada, sehingga jangan heran jika nantinya kamu menemukan berbagai macam bahan di dalamnya.

Namun cara pembuatannya tetap sama, yakni diawali dengan merebus daging hingga menjadi empuk dan mulai hancur.

Agar rasanya lebih lezat, makanan khas Jawa Barat ini dihiasi dengan daun bawang yang menambah cita rasa masakan.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak | | Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi
Foto: www.travel.tribunnews.com

Cabuk rambak merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Surakarta. Kata cabuk sendiri merupakan istilah yang mengacu pada saus yang berbahan utama wijen putih, sedangkan rambak adalah kerupuk yang dibuat dari kulit sapi.

Selain namanya unik, makanan khas Solo ini juga memiliki rasa yang lezat. Terdiri dari ketupat yang diiris tipis, kemudian disiram dengan saus wijen, makanan ini dilengapi dengan karak atau kerupuk yang terbuat dari nasi.

Gudeg

Gudeg | | Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Mampir sebentar ke Yogyakarta, rasanya kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan khas dari daerah yang satu ini. Yup gudeg, hidangan yang terkenal memiliki rasa manis dan gurih ini, akan dengan mudah kamu temui di kota tersebut.

Gudeg sendiri terdiri dari potongan nangka yang direbus bersamaan dengan gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas.

Lalu dimasak dengan waktu yang lama hingga akhirnya tercampur dengan sempurna sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dengan rasa yang manis.

Biasanya makanan ini dihidangkan dengan nasi hangat, telur rebus, potongan ayam, dan sambel goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi kenyal.

Ayam Taliwang

rekomendasi makanan khas daerah yang enak
Foto: www.pinterest.com/foodnindonesia

Ayam Taliwang merupakan hidangan asal Lombok yang memiliki cita rasa luar biasa. Ayam kampung dipotong dan dipanggang setengah matang, lalu dipanggang dan dilunakkan.

Nantinya, ayam pun dicelupkan ke dalam minyak goreng dan ditambahkan dengan saus pedas bawang putih, cabai, dan terasi. Setelahnya digoreng atau dipanggang sesuai dengan selera.

Secara fisik, ayam ini sangat mirip tampilannya dengan ayam bakar atau goreng. Namun memiliki rasa yang berbeda dan luar biasa berkat tambahan sambal terasi.

Kamu bisa menyantap ayam ini dengan kangung dan terong yang dilumuri dengan sambal. Serta jangan lupa untuk menambahkan nasi hangat agar terasa lebih nikmat.

Ayam Betutu

Ayam Betutu | | Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/baliartandcultures.wordpress.com

Ketika mengunjungi Pulau Dewata, maka wajib untuk mencicipi ayam betutu yang terbuat dari daging ayam atau bebek sebagai bahan baku utamanya. Hidangan asal Bali ini memiliki proses memasak yang cukup panjang.

Sebab ayam atau bebek harus dilapisi dengan bumbu yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian ditutup dengan  batang pisang dan ditanam di dalam lubang serta ditutup dengan bara api hingga matang.

Karena mengandung banyak rempah-rempah, maka tak heran jika rasa dari makanan ini akan terasa pedas dan pastinya membuat ketagihan.

Papeda

Papeda | | Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/Nyero

Papeda merupakan makanan khas Indonesia bagian timur yang terbuat dari sagu. Untuk membuat hidangan ini biasanya akan melibatkan beberapa orang, sehingga prosesnya sangat panjang.

Makanan berwarna putih dan bening ini sering kali dihidangkan dengan kuah ikan kuning yang membuatnya terasa lebih nikmat. Untuk ikan yang digunakan umumnya meliputi ikan tongkol, ikan kakap, ikan tuna, atau ikan kembung.

Kamu bisa menemukan hidangan ini dengan mudah ketika berkunjung ke Maluku atau Papua.

error: Konten dilindungi !!