10 Makanan Yang Unik, Enak Dan Dicari Banyak Orang

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.canva.com

Dari tahun ke tahun, pasti akan ada hal baru yang membuat masyarakat Indonesia penasaran untuk mencobanya. Salah satunya adalah makanan unik dengan bentuk dan rasa yang menarik.

Penasaran dan tertarik untuk mencobanya? Ini daftar makanan unik mulai dari rasa hingga penampilannya yang baru dan pastinya menggiurkan.

Mentai Rice

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.rasabunda.com

Meski sudah hadir sejak beberapa tahun silam, namun hingga saat ini mentai rice masih banyak dicari oleh masyarakat. Selain karena tampilannnya yang menarik, ternyata rasa dari makanan asal Jepang ini sangat unik.

Sekilas kamu akan melihat nasi yang dibaluri dengan saus mentai berwarna oranye. Saus mentai ini terbuat dari telur ikan yang diasinkan, kemudian dicampur dengan mayones.

Biasanya, mentai rice akan dicampur dengan beberapa topping, seperti ikan salmon, daging sapi, daging ayam, hingga makanan laut.

Corn Dog

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.pinterest.com/칼린

Ketika mendengar makanan yang satu ini, mungkin kamu akan langsung teringat dengan hot dog, makanan khas Amerika Serikat yang berisi roti lapis dengan topping di atasnya.

Akan tetapi, corn dog merupakan jajanan khas dari Korea Selatan yang mengombinasikan sosis dengan adonan tepung yang tebal.

Biasanya, makanan unik ini juga dilengkapi dengan keju mozarella atau potongan kentang, yang kemudian ditusuk menyerupai sate.

Setelah digoreng, nantinya makanan ringan ini akan ditambah dengan beberapa jenis saus, mulai dari saus sambal, tomat, hingga mayones. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera.

Bir Pletok

Foto: www.sajiansedap.grid.id

Sesungguhnya, bir pletok telah hadir sejak dahulu. Meski namanya bir, akan tetapi minuman yang satu ini tidak akan membuatmu mabuk, sehingga tidak perlu khawatir ketika meneguknya.

Minuman khas Betawi ini biasa dikonsumsi untuk menghangatkan badan dan melancarkan peredaran darah. Soalnya bahan dari bir pletok ini terbuat dari campuran rempah yang kaya akan jahe, daun pandan wangi, dan sereh.

Membuatnya unik, biasanya bir pletok memiliki warna merah tua yang gelap. Hal ini berkat kandungan kayu secang yang ada di dalamnya.

Dimsum

Foto: www.pinterest.com/Lisa Lin

Dimsum merupakan kuliner asal Tiongkok yang termasuk ke dalam makanan ringan. Dengan bentuknya yang kecil, biasanya beberapa restoran menghidangkannya dalam keranjang pengukus yang terdiri dari beberapa jenis dimsum.

Tak jarang, dimsum juga sering dianggap serupa dengan siomai. Meski pada dasarnya siomai dan dimsum terbuat dengan bahan baku tepung dan campuran daging tertentu.

Akan tetapi biasanya siomai menggunakan tepung sagu dan ikan, sedangkan dimsum sendiri terbuat dari berbagai menu isian, mulai dari ayam, ikan, udang, udang, atau kepiting.

Perbedaan lainnya terletak pada penyajian, yakni siomai umumnya menggunakan tambahan bumbu kacang dan kecap. Sementara dimsum akan disajikan dengan saus yang terbuat dari bawang putih, kecap ikan, kecap asin, dan minyak wijen.

Baca Juga :  Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri

Toast

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.pinterest.com/Kimchimari

Roti panggang atau toast akhir-akhir ini kembali populer dan menjadi makanan unik yang kekinian. Sehingga tak heran jika kamu menemukan berbagai modifikasi dari menu yang satu ini.

Isian dari roti panggang pun sangat beraneka ragam, seperti chicken mayo yang dengan lelehan keju, beef ham, atau berbagai variasi lainnya.

Karena rasanya yang lezat dan cukup mengenyangkan, maka tak heran jika banyak orang yang mencari makanan yang satu ini.

Untungnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga bisa bebas menentukan isian dari roti panggang ini. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran supaya mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Croffle

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.pinterest.com/Puffle Bees Berlin

Jika sering kali dihadapkan dengan pilihan croissant atau waffle, mungkin beberapa orang akan sulit untuk memilihnya karena menggemari kedua makanan tersebut. Berkat hal tersebut, akhirnya muncul croffle yang merupakan perpaduan keduanya.

Croffle sendiri terbuat dari adonan croissant yang kemudian dimasukkan ke dalam mesin pencetak waffle. Sehingga nantinya bisa mendapatkan waffle dengan tekstur yang garing dan pastinya sangat lezat.

Untuk membuat rasanya semakin menarik, kamu bisa menambahkan tambahan di atasnya. Seperti es krim, selai, atau potongan buah dan madu.

Donat Indomie

Foto: www.herworld.co.id

Pernah viral di tahun 2018, makanan unik yang kekinian ini memiliki bentuk yang sangat unik. Berbeda daripada donat pada umumnya, hidangan ini memiliki rasa yang sangat gurih.

Di mana bagian dalamnya adalah mi instan yang direbus kemudian ditambahkan dengan filling, lalu  dicelupkan ke dalam telur dan dilumuri tepung roti. Kemudian akan digoreng seperti donat goreng pada umumnya.

Tak hanya itu, biasanya bumbu bawaan dari mi instan juga ditambahkan ke dalam adonan sehingga memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Nasi Kucing

Foto: www.food.grab.com

Makanan unik yang satu ini memang telah terkenal sejak lama. Meski disebut sebagai nasi kucing, tetapi bukan berarti menggunakan daging kucing di dalamnya.

Melainkan hidangan ini memiliki porsi yang sangat sedikit, seperti makanan untuk kucing. Biasanya penjual akan membungkus nasi ini menggunakan daun pisang, dengan tambahan topping yang beragam, dari tempe orek hingga ikan teri.

Selain porsinya yang kecil, makanan khas Jawa ini juga memiliki harga yang murah. Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam lauk-pauk ke dalamnya.

Tteokbokki

rekomendasi makanan unik kekinian
Foto: www.pinterest.com/Christie at Home Recipes

Meski bukan merupakan makanan unik yang baru, namun belakangan ini tteokbokki menjadi menu yang populer, terlebih lagi bagi penggemar drama Korea dan idol group. Berasal dari kue beras rebus, makanan ini akan disiram dengan saus pedas.

Umumnya, hidangan ini akan disajikan bersama telur rebus, eomuk, dan taburan daun bawang dan biji wijen. Karena berasal dari kue beras rebus, makanan ini memiliki tekstur yang kenyal, sehingga terasa sangat menarik.

Baca Juga :  Suka Wisata Kuliner? Ini 10 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Dicicipi

Apalagi dengan rasanya yang pedas, tak heran jika masyarakat Indonesia menyukai makanan asal Korea Selatan ini.

Banana Nugget

Foto: www.pinterest.com/brilio.net

Sesuai namanya, pisang nugget merupakan cemilan dengan rasa yang manis dan berbahan dasar pisang.

Berbeda dari pisang goreng pada umumnya, hidangan ini terbuat dari pisang yang dihancurkan sampai lumat kemudian dibentuk menjadi persegi.

Selanjutnya pisang akan dicampur dengan telur dan roti tawar yang telah dihancurkan. Lalu adonan akan dikukus dalam cetakan, dipotong, dan dibalur dengan tepung roti.

Setelah digoreng, jajanan ini biasanya ditambahkan dengan berbagai topping seperti teh hijau, selai cokelat, dan lainnya, sesuai dengan selera.