7 Cara Mudah Menggunakan Milk Cleanser

cara menggunakan milk cleanser
Foto: www.gettyimages.com

Milk cleanser merupakan pembersih wajah dengan tekstur lembut dan ringan yang terbuat dari emulsi lemak dan air. Penggunaan susu pembersih dapat membantu mengangkat kotoran yang ada pada wajah dan mencegah timbulnya masalah pada kulit wajah. Untuk itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan milk cleanser dengan tepat. 

Susu pembersih ini cocok digunakan sebagai metode double cleansing untuk wajahmu yang sering terpapar polusi, debu, dan penggunaan makeup yang rutin. Selain itu, penggunaan susu pembersih secara rutin juga dapat memberikan beragam manfaat. Yuk, cari tahu manfaat dan cara menggunakan milk cleanser sesuai dengan kebutuhanmu.

Manfaat Milk Cleanser

Foto: www.freepik.com

Mencegah jerawat

Rajin membersihkan wajah merupakan salah satu langkah yang dapat berfungsi untuk mencegah munculnya jerawat. Dengan tekstur yang ringan dan memiliki kandungan susu, milk cleanser dapat membantu wajah terhindar dari bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat. 

Membersihkan pori-pori

Debu, kotoran, dan makeup yang semakin menumpuk di wajah ternyata dapat menghasilkan minyak dan membuat pori-pori wajahmu tersumbat. Metode double cleansing dengan menggunakan susu pembersih dapat membantu mengangkat kotoran yang ada pada wajahmu. Hal ini dapat membuat pori-pori bernapas lega. 

Mencerahkan kulit wajah

Susu pembersih yang memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan niacinamide ternyata dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu memproduksi kolagen pada kulit wajah. Sehingga penggunaan milk cleanser secara rutin dapat membuat wajah semakin cerah.

Melembapkan kulit wajah

Milk cleanser ternyata dapat membantu melembapkan kulitmu lho. Karena susu pembersih dapat menghidrasi dan menjaga kelembutan kulit wajah. Untuk itu kulitmu akan tampak kenyal dan kelembapannya terjaga. 

Baca Juga :  Tanya Dermatolog: Bagaimana Cara Menghilangkan Minyak di Wajah?

Membantu regenerasi sel

Kulit wajah biasanya akan beregenerasi setiap hari, namun seiring bertambahnya usia maka kemampuan kulit untuk beregenerasi akan semakin menurun. Untuk itu kamu dapat memanfaatkan penggunaan susu pembersih agar membantu regenerasi kulitmu. Milk cleanser juga dapat mengangkat sel kulit mati yang ada di wajahmu. Semakin sering membersihkan kulit mati, maka akan semakin cepat diganti dengan sel kulit yang baru. 

Membantu menyehatkan kulit wajah

Penggunaan milk cleanser secara rutin ternyata dapat membantu menyehatkan kulit wajah. Hal ini karena kandungan nutrisi yang ada dalam susu pembersih. Pasalnya susu pembersih terbuat dari bahan emulsi lemak dan air yang dapat membuat wajahmu ternutrisi dengan baik. 

Langkah-langkah Menggunakan Milk Cleanser

cara menggunakan milk cleanser
Foto: www.rawpixel.com

1. Rapikan rambut

Sebelum mengaplikasikan milk cleanser, ada baiknya hal yang pertama kamu lakukan adalah mengikat rambut, terlebih ketika kamu memiliki rambut panjang. Jika memiliki poni, kamu bisa menjepit poni dan memakai pengikat kepala atau bando. Hal ini untuk menghindari bakteri dan kotoran yang berasal dari rambutmu akan menempel di wajah. 

2. Cuci tangan

Kamu harus memiliki tangan yang bersih sebelum menggunakan susu pembersih. Karena bakteri yang ada di tanganmu dapat menempel pada kulit wajah yang dapat menimbulkan jerawat atau infeksi. Untuk itu cuci tanganmu menggunakan sabun dan air hangat, 

3. Sesuaikan milk cleanser dengan suhu kulit

Tempatkan susu pembersih ke telapak tanganmu. Satukan kedua telapak tangan kemudian gosokkan susu pembersih untuk menghangatkannya. Lakukan hal ini selama beberapa detik hingga mendekati suhu kulitmu.

4. Oleskan milk cleanser di lima area wajah

Setelah itu, kamu dapat mengoleskan milk cleanser di lima area wajah yakni dahi, hidung, pipi kanan, pipi kiri, dan dagu. Biarkan selama sepuluh detik agar susu pembersih menyerap pada wajahmu. Setelah itu kamu dapat memberikan tepukan-tepukan ringan pada wajahmu sebanyak lima hingga enam kali 

Baca Juga :  Kaya Akan Mineral dan Vitamin, Ini 10 Manfaat Buah Bit

5. Pijat perlahan dengan gerakan memutar

Lakukan pijatan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Dengan ini kamu dapat menjangkau area yang sulit dibersihkan seperti pada sisi hidung dan di bawah alis. Area ini biasanya menjadi tempat kotoran dan makeup yang sering terlewat untuk dibersihkan, serta dapat menyumbat pori-pori wajah.

6. Bilas menggunakan air hangat

Setelah selesai, kamu dapat membilas wajahmu dengan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan menepuk secara ringan dengan menggunakan handuk yang lembut. Namun kamu juga bisa menghilangkan sisa susu pembersih dengan bantuan kapas. 

7. Gunakan toner dan pelembap wajah

Untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, kamu dapat menggunakan toner untuk mengencangkan wajah dan membuat kulitmu benjadi benar-benar bersih. Kemudian aplikasikan krim wajah yang dapat membantu melembapkan wajahmu. 

Setelah melakukan serangkaian langkah menggunakan milk cleanser, kamu dapat melanjutkannya dengan mengaplikasikan produk perawatan wajah yang biasa kamu gunakan.

Cara Menggunakan Milk Cleanser Sesuai Jenis Kulit

cara menggunakan milk cleanser
Foto: www.freepik.com

Mengingat setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, maka penggunaan milk cleanser juga dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Kulit berminyak

Untuk kamu pemilik jenis kulit berminyak, kamu dapat menggunakan susu pembersih hanya sekali dalam sehari. Sebaiknya kamu menggunakannya di malam hari, sementara untuk di pagi hari, kamu dapat membersihkan wajah dengan sabun muka berbusa. 

Pori-pori yang terbuka dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak. Minyak ini juga dapat membuat wajahmu menjadi lembap. Untuk itu jika kamu menggunakan susu pembersih dua kali dalam sehari, hal ini akan membuat wajahmu semakin berminyak.

Kulit kering

Pemilik kulit kering dapat menggunakan milk cleanser sebanyak dua kali dalam sehari. Selain itu sebaiknya kamu juga menggunakan pelembap berbahan dasar krim setelah menggunakan susu pembersih. Hal ini akan menjaga wajahmu tetap lembap dan tidak kering.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Skin Care untuk Kulit Sensitif

Kulit kombinasi

Jika kamu memiliki jenis kulit kombinasi, kamu dapat menjaga keseimbangan antara pembersih wajah berbahan dasar busa dan susu pembersih. Kamu dapat menggunakan milk cleanser di malam hari dan menggunakan sabun cuci muka berbusa pada pagi hari. 

Kulit sensitif

Gunakan susu pembersih hanya satu kali dalam sehari untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah sensitif. Jika kamu memiliki kulit wajah yang berjerawat, kamu hanya dapat menggunakan milk cleanser sebanyak satu kali dalam sehari. 

Lain hal jika kamu memiliki kulit yang sering terpapar sinar matahari, kamu dapat menggunakan susu pembersih dua kali sehari. Karena susu dapat membantu menenangkan sensasi terbakar dan menghaluskan kulit yang pecah-pecah akibat sinar matahari. Selain itu kamu dapat mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah.

Belanja Produk Milk Cleanser

Glossier Milky Jelly Cleanser

Aesop Gentle Facial Cleansing Milk

cara menggunakan milk cleanser

Clarins My Clarins Re-Move Micellar Cleansing Milk

cara menggunakan milk cleanser

Garnier Micellar Milky Cleansing Water

Pixi Hydrating Milky Cleanser

Fresh Soy Face Cleansing Milk

Mario Badescu Cleansing Milk with Carnation & Rice Oil

cara menggunakan milk cleanser

Nuxe Comforting Cleansing Milk

cara menggunakan milk cleanser

Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs

Selanjutnya: Apakah Toner Perlu DIgunakan? Ini Penjelasan Dokter Kulit.