Ingin Pohon Natal di Rumah Menjadi Cantik? Lakukan 7 Langkah Ini

pohon natal
Foto: www.pexels.com

Perayaan Natal identik dengan hadirnya pohon Natal di dalam rumah. Untuk itu ketika memasuki bulan Desember, semua umat Kristiani akan mulai mendekorasi pohon Natal. Menghias pohon ini adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu banyak orang karena menjadi momen yang tepat untuk menumpahkan kreativitas yang sudah kamu tahan 11 bulan.

Merangkai hingga menghias pohon Natal tentunya akan memakan banyak waktu, untuk itu kamu perlu menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan peralatan yang tepat sebelum mulai mendekor. Berikut 7 cara yang bisa kamu terapkan untuk menghias christmas tree milikmu.

Pilih pohon Natal dengan kualitas yang baik

pohon natal
IKEA - VINTER 2020 Tanaman Tiruan

Memilih pohon Natal dengan memiliki bahan yang berkualitas merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya, pohon dengan kualitas tinggi akan lebih tahan lama dan dapat kamu gunakan setiap tahun, sehingga dapat mengurangi anggaranmu di tahun-tahun berikutnya. 

Kamu dapat memilih pohon berbentuk tradisional dibanding yang sedang tren saat ini, karena desain tradisional tidak akan membuatmu ketinggalan zaman sampai kapan pun. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan model pohon Natal yang mudah untuk disimpan. 

Tentukan tema pohon Natal

ZARA HOME - Glass Bauble with Relief (Pack of 3)

Kamu dapat menentukan tema sebelum memilih dekorasi untuk christmas tree. Hal ini akan memberikanmu gambaran yang jelas ketika menghias pohon Natal. Dengan memilih tema, kamu dapat mengkreasikan pohonmu supaya tidak terlihat monoton. 

Kamu dapat mencoba tema rustik dengan memilih warna alam seperti hijau dan cokelat. Jika ingin tampil elegan, kamu dapat memilih warna cerah untuk dekorasi seperti memilih hiasan dengan warna putih, hitam, merah, dan emas. 

Baca Juga :  9 Inspirasi Kamar Mandi dengan Desain Modern

Tambahkan lampu

pohon natal
ZARA HOME - Light Decoration

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mendekorasi pohon Natal adalah menambahkan lampu, karena akan sulit untuk meletakkan lampu ketika kamu sudah menambahkan dekorasi seperti pita atau pernak-pernik khas Natal lainnya.

Gunakanlah lampu berwarna untuk menerangi pohon, kemudian pilih dekorasi yang dapat memberikan warna yang kontras. Kamu bisa menyiapkan serangkaian lampu dan menguntaikannya di sekitar batang pohon Natal, karena biasanya lampu Natal memiliki kabel yang lentur sehingga mudah untuk dibentuk. Untaikan mulai dari area tengah hingga ke area atas, kemudian kembali ke area bawah. 

Pilih dekorasi yang tepat

pohon natal
Noelle - Set HIasan Puncak Pohon Natal Glitter Topper

Memilih dekorasi merupakan langkah penting untuk membuat desain pohonmu sesuai dengan tema yang telah kamu tentukan. Baik itu hiasan yang akan digantung, rangkaian bunga, lonceng, atau pita, atau beragam set perhiasan dengan berbagai bentuk dan ukuran lainnya.

Dekorasi yang biasa menjadi alat untuk menghiasi pohon Natal yakni ornamen bola. Tak hanya berbentuk kristal, bola Natal pun memiliki bentuk dan yang beragam seperti bola dengan bahan berenda, origami, bahkan berbahan bunga atau kayu kering.

Cobalah untuk meletakkan dekorasi yang memiliki bobot lebih berat di bagian dalam dari pohon, sehingga beban ini akan ditopang oleh dahan. Untuk bagian tengah, kamu dapat mengisinya dengan pernak pernik yang berkilau. Jangan lupa untuk menempatkan dekorasi di puncak pohon Natalmu, seperti memilih pita yang berukuran besar atau ornamen bintang yang besar.

Kelompokkan pernak-pernik

IKEA - VINTER 2020 Stoking Natal

Kamu dapat mengelompokkan tiga pernak-pernik dengan ukuran yang berbeda. Kemudian menggantung pernak-pernik yang lebih besar di area dalam pohon Natal, dan gantung pernak-pernik dengan ukuran sedang di tengah. Sementara ornamen kecil, kamu bisa menggantungnya di ujung cabang. 

Baca Juga :  Ada Begitu Banyak Jenis Tanaman Hias, Ini 9 yang Akan Mempercantik Rumah

Batasi pilihan dekorasi dengan tiga sampai empat warna yang berbeda. Kamu bisa memilih dekorasi dengan lapisan matte, glitter, atau glossy. Ini akan membuat tampilan pohon Natal semakin indah.

Hiasi pohon Natal dengan pita

Noelle - 6.35x720 cm Pita Xmas

Melapisi pohon dengan dekorasi pita ternyata dapat meningkatkan estetika. Kamu bisa menggunakan satu jenis pita atau sepasang pita dengan lebar yang berbeda untuk menciptakan kesan yang tebal karena berlapis-lapis.

Kamu dapat menggunakan pita dengan tepian yang berbentuk seperti kabel, karena pita ini dapat dikreasikan menjadi simpul atau gulungan. Selain itu bentuk dari jenis pita ini dapat bertahan lebih lama dibanding pita lainnya.

Tambahkan ornamen favorit

ZARA HOME - Paper Tree Decoration

Kamu bisa menambahkan ornamen lainnya untuk diletakkan di pohon. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan salju palsu, bunga palsu, atau cabang alami yang disemprot cat akrilik berwarna putih. Dengan mengkreasikannya, hal ini dapat meningkatkan daya tarik tersendiri pada pohon milikmu.

Jika keluargamu memiliki tradisi bertukar kado saat Natal, maka kamu bisa menyiapkan hadiah-hadiah di sekitar pohon. Namun jika hanya untuk mempercantik pohon, kamu bisa membuat hadiah buatan dari gabus dan kertas kado.

Selanjutnya: 7 Area di Rumah yang Wajib Dihias Saat Natal.