Ini 7 Area di Rumah yang Bisa Kamu Hiasi dengan Dekorasi Natal Meriah dan Cantik

Dekorasi natal
Foto: www.stocksy.com

Memasuki bulan Desember tentunya kental dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Meskipun masih dalam pandemi COVID-19, kamu tetap bisa mempersiapkan dekorasi Natal. Meski jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan perayaan Natal di rumah.

Perayaan Natal pastinya identik dengan nuansa hijau dan merah, terutama dengan adanya pohon Natal. Untuk menghias rumahmu, jangan lupa untuk siapkan ornamen-ornamen khas Natal agar suasana semakin meriah. Berikut inspirasi dekorasi Natal yang bisa kamu terapkan di tujuh area di rumah.

Teras Rumah

Foto: www.pinterest.com

Area pertama yang dapat kamu tata ulang untuk menyambut Natal adalah teras rumah. Dengan mendekor area teras, rumahmu akan terlihat sedang dalam suasana Natal bahkan ketika dilihat dari kejauhan (video Zoom).

Untuk dekorasi area teras, kamu bisa mulai dengan menempatkan rangkaian bunga di pintu rumah. Rangkaian bunga khas Natal dengan warna hijau dan merah ini dapat kamu beli di toko bunga. Namun jika kamu ingin bereksperimen, kamu juga bisa merangkainya sendiri. 

Rangkaian bunga juga bisa kamu letakkan di jendela rumah dan pintu gerbang. Selain itu jika teras rumahmu memiliki kursi, kamu dapat meletakkan bantal dengan warna khas Natal. Jika kamu memiliki pohon Natal tambahan, kamu juga dapat menempatkan pohon Natal di area teras. Jangan lupa untuk menggantung lentera Natal supaya suasana Natal lebih spesial.

Ruang Tamu

Dekorasi natal
Foto: www.pinterest.com

Area dekorasi Natal selanjutnya adalah ruang tamu. Kamu bisa menata ruang tamu dengan menggantung rangkaian bunga sebagai hiasan dinding. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan hiasan lain seperti frame dan ornamen-ornamen Natal lainnya yang bisa kamu kreasikan.

Baca Juga :  7 Desain Kamar Anak yang Bisa Jadi Inspirasimu

Jangan lupa letakkan pohon Natal di area ruang tamu, lengkap dengan dekorasi Natal lain seperti tatanan kado dan lampu kerlap-kerlip. Untuk bungkusan kado kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengkreasikan kertas kado atau kain. Supaya terlihat menarik, kamu bisa menambahkan pom-pom atau bola kertas dan pita dengan warna merah atau hijau.

Untuk jendela rumah bagian dalam, kamu juga menghiasnya dengan menempatkan rangkaian dedaunan pohon Natal. Tambahkan hiasan bola gantung dan lampu Natal supaya lebih menarik. Serta letakkan ornamen Natal seperti bantal dengan warna merah dan hijau sebagai pemanis di sofamu. 

Tangga

Foto: www.pinterest.com

Kamu dapat menghias area tangga dengan menempatkan rangkaian daun pohon Natal di sepanjang susuran tangga. Jangan lupa tambahkan bola gantung dan lampu kerlap-kerlip serta hiasan tongkat kecil dan stoking khas Natal. 

Untuk di area bawah tangga, kamu bisa memanfaatkannya dengan menempatkan beberapa ornamen Natal. Area ini bisa menjadi tempat berfoto keluarga dengan menempatkan sofa lengkap dengan selimut dan bantal khas Natal. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan pohon Natal yang berukuran sedang di sini. Jangan lupa untuk menambahkan rangkaian bunga agar suasana Natal semakin kental.

Dapur

Foto: www.pinterest.com

Tidak ketinggalan, area dapur juga bisa kamu dekorasikan dengan suasana Natal. Hal ini akan membuatmu semakin semangat untuk menyiapkan makanan saat Natal. Kamu bisa meletakkan baki bertingkat dengan kue jahe dan permen khas Natal di meja, serta meletakkan rangkaian bunga atau daun pohon Natal di rak dinding . 

Supaya suasana Natal semakin melekat, kamu juga bisa menggunakan peralatan makan berwarna hijau atau merah. Jika memiliki dapur yang cukup luas, kamu dapat meletakkan pohon Natal mini dengan dekorasi bola gantung dan lonceng khas Natal. 

Baca Juga :  Ini Warna Cat Rumah yang Membuatmu Semakin Kreatif

Meja Makan

Foto: www.pinterest.com

Momen yang paling istimewa dalam perayaan Natal adalah makan malam. Untuk itu kamu bisa menata meja makan sesuai keinginanmu,dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan warna merah dan hijau supaya makan malammu semakin berkesan. 

Kamu bisa menempatkan beberapa lilin di sekitar meja makan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan terlihat elegan. Menaruh beberapa barang dengan tema Sinterklas juga bisa kamu lakukan untuk membuat meja makanmu terlihat manis. 

Dekorasi juga bisa kamu tambahkan di kursi makan lho, dengan meletakkan rangkaian bunga dengan tambahan pita berwarna merah di belakang kursi. Hal ini akan membuat suasana meja makanmu semakin menarik.

Kamar Mandi

Dekorasi natal
Foto: www.pinterest.com

Untuk menunjukkan suasana Natal yang lebih kental, kamar mandi merupakan area yang tak boleh dilewatkan. Hiasi tirai kamar mandimu dengan menambahkan ornamen Natal seperti bola gantung dan lonceng.

Rangkaian bunga bisa diletakkan seluruh penjuru rumah, termasuk di kamar mandimu. Kamu bisa meletakkannya di atas cermin atau tempelkan rangkaian daun pohon Natal di sekeliling cermin. Selain itu kamu juga bisa menggunakan barang-barang dengan sentuhan warna Natal, seperti mengganti handuk dengan warna merah dan putih.

Kamar Tidur 

Dekorasi natal
Foto: www.pinterest.com

Kamar tidur biasanya menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu, untuk itu kamu perlu mendekorasi tempat tidurmu supaya lebih nyaman seperti ruangan lain dan juga beratmosfer Natal. Jika kamu menyukai gaya minimalis, kamu tidak perlu meletakkan pohon Natal di dalam kamar tidur.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggantung rangkaian bunga di atas tempat tidurmu. Bahkan kamu bisa menambah aksen Natal dengan mengkreasikan tempat tidurmu dengan warna yang khas. Seperti mengganti sarung bantal dengan warna merah dan memakai selimut berwarna putih.

Baca Juga :  Ada Begitu Banyak Jenis Tanaman Hias, Ini 9 yang Akan Mempercantik Rumah

Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk mengasah kreativitas mereka dengan mendekor kamarnya sendiri. Ajak anak-anak untuk menggambar pohon Natal atau Sinterklas dan menempelnya di dinding. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengganti sprei mereka dengan tema Natal.

Selanjutnya: Panduan Lengkap Membuat Galeri Foto Keluarga di Tembok Rumah.