12 Film Anak-Anak yang Wajib Ditonton Akhir Tahun 2020

Film anak-anak
Foto: Istimewa

Momen akhir tahun biasanya dimanfaatkan sebagai ajang berkumpul bersama keluarga. Kamu dapat menghabiskan waktu dengan keluarga lewat kegiatan seru dan menyenangkan, seperti menonton film bersama. Dari banyaknya film yang ada, kamu dapat memilih film anak-anak untuk ditonton bersama ketika akhir tahun 2020, berikut rekomendasinya.

Dora and The Lost City (2019)

Foto: www.imdb.com

Pasti kamu sudah tidak asing dengan tokoh kartun berbaju ungu dan selalu menggendong tas, yup Dora the Explorer. Dalam film anak-anak ini, Dora telah beranjak remaja sehingga ia tidak bisa terlalu bebas untuk berpetualang. Ia harus hidup selayaknya remaja lain, seperti pergi sekolah setiap hari.

Suatu ketika kedua orang tua Dora menghilang, ia pun berusaha keras untuk mencarinya. Hingga akhirnya ia bertemu kembali dengan Boots, sang monyet kesayangannya, serta Diego. Mereka akhirnya melakukan petualangan untuk mencari orang tua Dora. Akankah Dora berhasil menemukan orang tuanya?

Trolls World Tour (2020)

Foto: www.imdb.com

Dalam sekuel ini, Poppy dan Branch menemukan enam suku Troll lainnya di enam negeri yang berbeda. Masing-masing suku tersebut dibentuk grup untuk musik yang berbeda-beda termasuk Pop, Funk, Klasik, Rock, Techno, dan Country. Namun tiba-tiba Ratu Bard memiliki tekad untuk menghancurkan semua jenis musik lain untuk mendukung musik Rock menguasai dunia. Poppy dan Branch pun menyatukan Troll untuk menghentikan Ratu Bard.

Scoob! (2020)

Foto: www.imdb.com

Film anak-anak ini menceritakan tentang Shaggy yang pertama kali bertemu Scooby, hingga akhirnya mereka terlibat petualangan dan bergabung dengan detektif Fred, Velma, dan Daphne untuk membentuk Mystery Inc. Mereka bertugas untuk memecahkan banyak misteri.

Namun misi mereka kali ini adalah menghentikan ‘dogpocalypse’ , komplotan yang hendak melepaskan anjing hantu Ceberus ke dunia. Namun komplotan jahat ini justru menemukan rahasia besar tentaang Scooby dan akhirnya mereka menculik Scooby. Geng Mystery Inc. pun berusaha untuk menemukan Scooby sambil memecahkan misteri ini. Sama seperti film Scooby lainnya, film ini ini pun dipenuhi dengan konyol dan lucu.

The SpongeBob Movie: Sponge on the Run (2020)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

The SpongeBob Movie: Sponge on the Run menceritakan SpongeBob yang tiba-tiba kehilangan siput peliharannya, Gary. Ia pun akhirnya mencari Gary ke seluruh penjutu Bikini Bottom. Namun sayangnya Gary masih belum bisa ditemukan. SpongeBob akhirnya mengajak Patrick untuk mencari Gary.

Pencarian yang mereka lakukan berujung hingga ke luar Bikini Bottom. Perhatian mereka sempat terpecah ketika tiba di sebuah kota yang meriah. Namun untungnya, SpongeBob masih memiliki tekad untuk menemukan Gary. Film anak-anak ini merupakan film ketiga dari SpongeBob SquarePants yang dirilis pada 2004 dan 2015. 

Soul (2020)

Foto: www.imdb.com

Film anak-anak ini mengisahkan Joe Gardner, seorang guru musik di sekolah menengah yang memiliki mimpi menjadi seorang musisi jazz. Ia selalu mengalami kegagalan ketika mencobanya. Namun suatu ketika ia mendapat sebuah kesempatan untuk tampil di sebuah klub musik jazz. Joe pun tampil maksimal hingga mendapatkan tawaran untuk tampil kembali.

Sayangnya, dalam perjalanan pulang ia justru mengalami kecelakaan yang membuatnya menjadi koma. Ketika terbangun, Joe menemukan dirinya berwujud soul  atau jiwa. Soul awalnya akan dirilis pada Juni 2020, namun karena pandemi yang masih berlangsung akhirnya perilisan film ini ditunda. Disney kemudian mengumumkan bahwa Soul akan tayang pada 25 Desember 2020 di layanan streaming Disney+ Hotstar

Frozen 2 (2019)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

Melanjuti kisah Frozen, sekuel ini menghadirkan petualangan yang baru dan menantang. Elsa diceritakan telah menjadi seorang ratu di kerajaan Arandelle, dan Anna yang selalu menemani kakaknya bersama Sven, Kristoff, dan Olaf. Kehidupan mereka yang bahagia tiba-tiba harus berubah ketika Elsa mendengar sebuah suara yang selalu mengganggunya. Ternyata hal ini berhubungan dengan kekuatan magis yang dimiliki oleh Elsa. Elsa yang dibantu oleh Anna, Olaf, Sven, dan Kristoff pun berusaha untuk memecahkan misteri ini. Kira-kira suara siapakah itu?

The Kids Who Would be King (2019)

Foto: www.imdb.com

Film The Kids Who Would be King menceritakan seorang anak laki-laki bernama Alex yang memiliki rutinitas bersekolah dan bermain. Namun tiba-tiba kehidupan Alex berubah ketika ia menemukan sebuah pedang kuno yang membuatnya menjadi seorang ksatria. Alex dan teman-temannya harus melawan makhluk aneh yang bermunculan setelah ia mencabut pedang kuno tersebut. Ia juga bertemu dengan seorang penyihir yang masih hidup selama ribuan tahun. The Kids Who Would be King menyajikan petualangan anak-anak yang diselipkan dengan fantasi menyenangkan dan menghibur. 

Abominable (2019)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

Film anak-anak ini menceritakan seorang gadis bernama Yi, yang bertemu dengan seekor primata besar yang dikenal dengan nama Yeti. Mereka bertemu di atap rumahnya, ketika Yi sedang menyendiri. Yeti ini pun diberi nama Everest. Kehadiran Everest membuat hidup Yi lebih berwarna dan mengubah jalan hidupnya.

Namun ternyata Everest bukanlah seorang primata biasa. Sebenarnya Everest memiliki tempat tinggal yang lebih layak dibandingkan yang dimilikinya saat ini, namun sayangnya saat ini Everest diperlakukan seperti seorang tahanan. Yi kemudian mencari cara untuk mengembalikan Everest ke tempat asalnya. Namun perjalanan mereka tak mudah, Yi harus berhadapan dengan seorang pria kaya yang mencoba untuk menangkap Everest. 

The Nutcracker and The Four Realms (2018)

Foto: www.imdb.com

The Nutcracker and The Four Realms merupakan film anak-anak yang menceritakan petualangan Clara untuk membuka hadiah dari mendiang ibunya. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, Clara diberikan sebuah benang emas oleh Drosselmeyer. Benang ini juga yang mengantarkan Clara berpetualang di empat dunia yang berbeda. Ia pergi ke Land of Snowflakes, Land of Flowers, dan Land of Sweets, ketiga dunia ini memberikan petualangan seru bagi Clara. Namun berbeda dengan dunia terakhir, ia justru harus menghadapi kegelapan yang merupakan sebuah jawaban untuk menemukan hadiah dari sang ibu. Dapatkah Clara berhasil melewatinya?

Mary Poppins Return (2018)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

Film ini melanjutkan seri pertama yang berjudul Mary Poppins yang tayang pada 1964. Mary Poppins diceritakan menjadi pengasuh bagi kakak beradik Michael Banks dan Jane Banks. Di film Mary Poppins Return, Michael dan Jane sudah menjadi dewasa.

Namun kehidupan kakak adik ini jauh dari “happy ever after“. Keadaan keluarga ini sedang sulit, dan Michael baru saja ditinggalkan sang istri hingga terancam kehilangan rumahnya. Ketika Mary Poppins kembali ke keluarga ini dengan mengentuk pintu rumah Michael, kakak beradik ini terkejut luar biasa. Mary Poppins mencoba untuk memberikan kehangatan kepada keluarga ini, sama seperti yang ia lakukan sewaktu Michael dan Jane masih kecil. Film fantasi keluarga ini diadaptasi dari karya P.L. Travers yang berjudul Mary Poppins.

Klaus (2019)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

Klaus menceritakan tentang seorang pria bernama Jesper yang egois dan manja karena ayahnya, seorang direktur utama kantor pos, super kaya. Karena sifat pemalasnya, sang ayah akhirnya marah dan mengirim Jasper ke kota Smeerensburs. Ayahnya juga menyuruh Jesper untuk mengirimkan 6 ribu surat dalam setahun, jika gagal maka ia terancam akan dihapus dari silsilah keluarga.

Jesper mengalami kesulitan ketika hidup di kota terpencil ini, ia bekerja mengantarkan surat demi mencapai target dari sang ayah. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang anak kecil yang mengantarkannya bertemu dengan seorang pengrajin kayu bernama Klaus. 

The Willoughbys (2020)

Film anak-anak
Foto: www.imdb.com

TheWilloughbys mengisahkan empat orang saudara yang terbiasa hidup tanpa orang tua. Hal ini karena orang tua mereka tidak mencintai keempat anak ini dan mengabaikan mereka.

Willoughbys bersaudara memiliki keinginan untuk hidup normal dan bahagia. Keempat saudara ini pun merencanakan liburan untuk orang tua mereka agar bisa merasakan hidup tanpa orang tua. Namun, kebahagiaan yang dirasakan mereka ternyata hanya bertahan sesaat. Mereka menyadari bahwa hidup tanpa orang tua merupakan hal yang sulit. Keempat saudara ini akhirnya melakukan perjalanan untuk menemukan arti keluarga yang sesungguhnya.

Selanjutnya: 7 Film Animasi Terbaik.