Ingin Tertawa Sampai Sakit Perut? Ini Film Korea Komedi yang Harus Ditonton

film komedi korea
Foto: www.imdb.com

Melirik berita dan sosial media sepertinya dunia di luar sana sungguh suram, ya? Jika kamu mencari aktivitas yang bisa membuatmu melupakan betapa kerasnya 2020, kamu berada di laman yang tepat. Berikut 15 film komedi Korea yang akan membuatmu tertawa, menangis, tertawa, dan terharu, lalu menghargai hidup.

Extreme Job (2019)

Foto: www.imdb.com

Premis film ini mungkin bukan sesuatu yang unik—polisi melakukan penyamaran untuk menangkap bandit—tapi unsur komedi yang membuat film ini berbeda.

Ceritanya adalah sekelompok detektif yang bekerja di warung ayam goreng dalam rangka mengintai gerak-gerik geng penjahat. Namun fokus mereka berubah ketika resep ayam goreng buatan mereka ternyata menjadi buah bibir, dan restonya menjadi super ramai. Apakah mereka akan melanjutkan karier sebagai penjual ayam goreng? Silakan ditonton kelanjutannya.

Sunny (2011)

Foto: www.imdb.com

Film ini berpfkus pada seorang perempuan baya bernama Im Na-mi. Selama SMA, Na-mi membentuk geng sekolah bernama “Sunny”. Suatu hari, Na-mi mengetahui bahwa salah satu dari anggota kelompoknya tersebuh sekarat. Karena hal ini, Na-mi bertekad untuk mengumpulkan anggota gengnya sekalilagi.

Berganti-ganti antara masa lalu dan masa sekarang, Sunny adalah film komedia Korea yang membuatmu bernostalgia, terpingkal-pingkal dan menangis pada saat yang bersamaan. Ini adalah film kedua Kang Hyeong-cheol, yang juga menyutradarai Scandal Makers (2008).

Miracle in Cell #7 (2013)

Foto: www.imdb.com

Satu lagi film korea komedi yang mencampurkan antara tawa dan air mata. Lee Yong-gu adalah seorang yang memiliki disabilitas fisik dan dipenjara karena tuduhan yang salah. Yong-gu dituduh membunuh dan memerkosa seorang anak perempuan pejabat polisi.

Meski awalnya dibully, Yong-gu pada akhirnya berhasil membuat teman sekamarnya—dan sipir—kagum karena kepolosannya. Teman-temannya pun membantunya menyelundupkan anak perempuannya yang pintar dan lucu ke penjara. Tanpa mau membocorkan spoiler, ini adalah salah satu film Korea yang paling menyentuh. Jadi, jangan lupa sediakan satu kotak besar tisu.

Miss Granny (2014)

Foto: www.imdb.com

Adalah seorang perempuan tua bernama Oh Mal-soon, yang tegar tapi juga kesepian. Suatu hari Oh pergi ke sebuah studio foto untuk memotret diri sendiri. Dalam prosesnya, secara ajaib dia kembali ke umur 20 tahun. Menyadari dirinya berubah, Oh mengganti namanya menjadi Oh Doo-ri, mirip dengan idola masa kecilnya Audrey Hepburn. Lalu dia mengejar cita-citanya di dunia musik, tapi tidak sengaja bertemu dengan cucunya!

Cocok ditonton bersama keluarga, Miss Granny membuat kita belajar menghargai masa muda, dan “living in the moment“. Dengan dialog dan adegan lucu, fllm komedi Korea ini dijamin akan membuatmu senang. Oh, saking suksesnya, film ini di-remake di Filipina dan India.

Welcome to Dongmakgol (2005)

Foto: www.wikipedia.com

Welcome to Dongmakgol mengombinasikan humor dan sejarah untuk menceritakan peristiwa penting di Korea Selatan.

Berlatar belakang kampung mistis bernama Dongmakgol pada periode Perang Korea. Yang membuat kampung ini spesial adalah tidak satupun dari warganya tahu bahwa perang sedang berlangsung. Namun situasi damai ini terancam ketika tentara Korea Selatan dan Utara dan seorang pilot Amerika, terdampar di sana. Warga desa ini tidak mengerti mengapa semua orang asing tersebut saling ingin membunuh, dan hasilnya mengolok-olok mereka. Cerita film ini super indah dan penuh hikmah.

The Thieves (2012)

Foto: www.imdb.com

The Thieves adalah film Korea dengan deretan bintang besar, mulai dari Yoon-seok Kim, Jung-jae Lee, Hye-su Kim, hingga Ji-Hyun Jun. Film ini mengisahkan sebuah grup kriminal asal Korea Selatan yang berkolaborasi dengan tim Hong Kong untuk mencuri sebuah permata berharga dari sebuah tempat penyimpanan di Macau. Saat dirilis film ini laku keras, dan menjadi salah satu film terlaris dalam sejarah perfilman Korea.

Secretly, Greatly (2013)

Foto: www.imdb.com

Ingin menonton film komedi Korea yang awalnya lucu dan berakhir tragis? Ooops.. semoga ini bukan spoiler yang berlebihan.

Premisnya begini: Korea Utara mengirim seorang mata-mata elit untuk hidup menyamar di Korea Selatan sebagai seorang idiot bernama Dong-gu. Setelah Kim Jong-un meninggal, Dong-gu dan dua mata-mata lain (seorang rocker dan mahasiswa) terjebak dalam permainan politik yang kotor.

Scandal Makers (2008)

Foto: www.imdb.com

Sebelum Sunny, sutradara Kang Hyeong-cheol menghasilkan film komedi Korea lain berjudul Scandal Makers. Meski judulnya berbau skandal, film ini adalah film yang cocok kamu tonton bersama keluarga atau pasangan.

Di film ini, seorang DJ bernama Nam Hyeon-soo tiba-tba menemukan bahwa seorang ibu remaja yang menelepon ke acaranya adalah ternyata anak perempuannya! Dengan status barunya ini, Hyeon-soo harus mengubah gaya hidupnya, karena menjadi ayah dan kakek pada saat yang bersamaan.

Hello Ghost (2010)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

ini adalah film komedi Korea yang akan membuatmu tidak takut lagi dengan hantu setelah menontonnya. Begini ceritanya: setelah gagal bunuh diri, Sang-man mulai bisa melihat empat hantu. Dan empat hantu ini mendekatinya dalam rangka membantu mereka mengabulkan permohonan terakhir mereka. Dan dalam prosesnya, Sang-man menyadari betapa berharganya hidup. Hantu + komedi + Korea = pasti lucu.

Save the Green Planet! (2003)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Film science fiction komedi ini dimulai ketika karakter utamanya, Lee Byeong-gu, menculik seorang laki-laki karena yakin dia adalah alien. Pria ini dipenjaranya di basement-nya, dan mulai disiksa oleh Byeong-gu. Benarkan pria tersebut alien, atau ada plot twist tersendiri? Namanya film Korea kamu bisa mengharapkan sesuatu yang di luar dugaan di film lucu ini.

I Can Speak (2017)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Awalnya film ini dimulai dengan cerita ringan: seorang pegawai negeri sipil bernama Kim Min-jae mendapatkan sebuah tugas baru memproses keluhan warga. Dia pun bertemu “Goblin Granny“, seorang perempuan tua bernama Na Ok-bun yang dikenal agresif dan suka mengeluh untuk hal-hal remeh.

Namun anggapannya tentang Ok-bun berubah 180 derajat ketika Min-jae mengajarkannya bahasa Inggris dan mengetahui alasan di baliknya. Yakni, karena Ok-bun ingin bersaksi di depan Kongres Amerika Serikat tentang pengalamannya sebagai “comfort women“, yakni budak seks untuk tentara Jepang selama PD II. Sejarah, komedi, topik sensitif, hidup yang rumit menjadi satu di film super menyentuh dan informatif ini.

Veteran (2015)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Ini adalah untuk kamu yang suka banget dengan film polisi. Ceritanya adalah tentang seorang polisi yang jujur dan mencari keadilan untuk seorang pria biasa. Masalahnya menjadi pelik karena hanya dia yang berjuang untuk mendapatkan keadilan untuk pria tersebut. Di sisi lain, ada seorang anak orang kaya yang ingin balas dendam terhadap polisi. Saat keduanya bertemu, bukannya intens dan mengerikan, malah super lucu. Salah satu film komedi kejahatan Korea terbaik yang pernah ada.

My Sassy Girl (2001)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Ah, My Sassy Girl terus-menerus diproduksi sesuai dengan masa dan jaman. Namun tetap saja versi yang dirilis 19 tahun yang lalu ini sulit dicari tandingannya.

Film ini bercerita tentang seorang mahasiswa yang jatuh cinta pada perempuan muda yang memanfaatkannya dalam setiap waktu. Perempuan ini sangat egois dan hanya peduli pada dirinya sendiri. Untuk yang tahu premis My Sassy Girl, diwajibkan nonton lagi film konyol ini.

Barking Dogs Never Bite (2000)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Sebelum menyutradarai SnowpiercerThe Host, dan Memories of Murder, sutradara terkenal Bong Joon-ho membuat film komedi gelap ini.

Dibandingkan film komedi di daftar ini, Barking Dogs Never Bite terbilang tidak biasa. Ceritanya berfokus pada seorang profesor pengangguran yang kesal dengan anjing di sekitarnya dan berusaha membunuh mereka. Mengetahui niatnya ini, seorang penjaga gedung berusaha mencegah aksinya tersebut. Sinematografi keren, akting jempolan dan dialog super lucu membuat film ini wajib kamu tonton.

The Good the Bad the Weird (2008)

Film korea komedi
Foto: www.imdb.com

Dil film aksi lucu ini, tiga penjahat berlomba untuk menemukan harta karun. Do-won, “The Good“, adalah seorang bounty hunter yang mencari Chang-yee, “The Bad“, seorang pembunuh bayaran yang mencoba mencuri peta dari seorang pejabat militer. Namun, Yoon Tae-goo, “the Weird“, yang tidak pernah pantang semangat hampir menggagalkan rencana keduanya saat berhasil mendapatkan peta tersebut. Sarat dengan gaya cowboy Barat, film komedi ini akan membuat kamu tertawa-tawa.

Selanjutnya: Ini daftar film Korea paling romantis.