9 Buku dengan Cerita Lucu yang Membuat Hatimu Kembali Ceria

cerita lucu
Foto: Istimewa

Ada yang bilang bahwa tertawa merupakan obat terbaik. Siapa pun yang melahirkan ungkapan tersebut sepertinya wajib diberikan penghargaan seumur hidup karena tertawa memang menyenangkan. Bahkan banyak orang yang mencoba tertawa untuk mengurangi sedikit rasa sedihnya. Oleh karena itu, jika kamu sedang merasa galau, sedih, kamu perlu segera mencari cara untuk tertawa. Salah satunya adalah dengan membaca cerita lucu.

Pasalnya, dengan membaca cerita lucu kamu tidak perlu repot-repot untuk pura-pura tertawa. Buku atau novel dengan cerita lucu dijamin akan bisa membantu bangkit dari rasa sedih dan kembali optimis menjalani hidup. Ada banyak buku di luar sana, berikut 9 novel dengan cerita lucu yang dapat mengobati rasa sedihmu. 

Carry on, Jeeves | P.G. Wodehouse

cerita lucu
Foto: www.amazon.com

Carry on, Jeeves merupakan kumpulan cerita antara Bertie Wooster dan pelayannya, Jeeves. Mereka menjadi partner setia sejak Jeeves menyembuhkan Bertie dari mabuk dengan memberikan ramuan rahasia. 

Semenjak kejadian itu, Jeeves selalu membantu Bertie menjalani hari-harinya dengan kelakuannya yang lucu. Baik itu memperbaiki rencana yang gagal atau menyelesaikan persoalan cinta teman-temannya. Jeeves menjadikan dirinya sangat diperlukan dalam segala hal, hingga Bertie mulai bertanya-tanya bagaimana ia bisa bertahan tanpa Jeeves. 

I Feel Bad About My Neck | Nora Ephron

cerita lucu
Foto: www.goodreads.com

Mengisahkan suka duka kehidupan penulis dengan balutan humor, I Feel Bad About My Neck merupakan buku yang bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak. Ephron memberikan pandangan yang jujur dan lucu tentang wanita yang semakin tua dan semakin sengsara dengan kehidupannya. 

Baca Juga :  10 Buku Anak Terbaik untuk Dibacakan Sebagai Dongeng Sebelum Tidur

Ephron menggambarkan karakternya yang memiliki obsesi dalam memasak, penuh semangat, dan sebagai orang tua yang malang. Ia juga menceritakan hari-harinya yang glamor seperti menjadi karyawan magang di Gedung Putih selama pemerintahan John F. Kennedy. Serta bagaimana ia mengalami jatuh cinta dan putus cinta dengan Bill Clinton. Lucu? Tidak perlu diragukan lagi.

Lucky Jim | Kingsley Amis

Foto: www.goodreads.com

Lucky Jim dapat menjadi salah satu bahan bacaan ketika kamu ingin mengetahui bagaimana tingkah laku seseorang saat mabuk. Sang penulis, Kingsley Amis, memiliki selera humor yang tinggi dan Lucky Jim merupakan lelucon terbesarnya.  Karena menurut Amis, humor merupakan senjata yang paling mematikan.

Lucky Jim merupakan cerita satir dari kehidupan seorang akademisi dengan menceritakan seorang dosen yang tidak menyukai tempatnya bekerja. Ia sangat membenci dan memilih mabuk untuk meluapkan emosinya. Namun lebih dari itu, cerita ini merupakan pernyataan perang melawan kekuatan gelap dan kebosanan

A Confederacy of Dunces | John Kennedy Toole

cerita lucu
Foto: www.goodreads.com

Berkisah tentang seorang sarjana bernama Ignatius J. Reilly yang tinggal bersama ibunya. Perjalanan Ignatius dalam dunia kerja dipengaruhi oleh karakter lain seperti seorang sekretaris bernama Miss Trixie yang putus asa karena gagal pensiun, Nona Lee yang jahat dan pemilik klub malam, dan karakter-karakter lain. 

Sang penulis, John Kennedy Toole, tidak pernah melihat novelnya diterbitkan, karena ia bunuh diri pada 1969 dan Ignatius Reilly adalah salah satu peninggalan terbaiknya. Tidak heran jika cerita lucu A Confederacy of Dunces ini memenangkan Pulitzer Prize pada tahun 1981

The Liar’s Dictionary | Eley Williams

Foto: www.goodreads.com

Peter Winceworth, seorang ahli leksikologi, membantu membuat salah satu kamus dan ia memasukkan kata yang salah ke dalam kamus. Sementara itu ada Mallory, seorang pegawai magang, yang ditugaskan untuk mengungkap arti kata-kata tersebut sebelum kamus ini diterbitkan menjadi digital. Namun karena kesalahan Peter, Mallory menemukan berbagai kesulitan dan mengalami kejadian konyol saat menyelesaikan tugasnya.

Baca Juga :  14 Buku dengan Cerita Paling Inspiratif yang Bisa Mengubah Hidupmu

Dengan mengeksplorasi keragaman bahasa, kepercayaan, dan kreativitas, The Liar’s Dictionary merupakan novel dengan sajian cerita konyol yang sempurna untuk ditertawakan.

The Wangs vs The World | Jade Chang

cerita lucu
Foto: www.amazon.com

Berkisah tentang kehidupan Charles Wang, pria berkebangsaan China-Amerika yang mengalami krisis keuangan pada tahun 2008. Ia menjadi bangkrut dan dipenuhi rasa ketakutan. Wang kemudian mengajak istri dan tiga anak remajanya untuk melintasi Amerika. Namun petualangan mereka justru berakhir di China.

Novel pertama karya Chang ini menyajikan perjalanan keluarga yang cerdas dan lucu. Tak hanya itu, ini merupakan humor tentang identitas dan perjalanan mencari ‘rumah’. 

Reasons to Be Cheerful | Nina Stibbe

cerita lucu
Foto: www.goodreads.com

Nina Stibbe adalah penulis yang ahli menggabungkan unsur sedih dan lucu, dan Reasons to Be Cheerful merupakan cerita lucu yang berisikan kejadian-kejadian sehari-hari. Novel ini menceritakan perjalanan kehidupan seorang remaja, Lizzie Vogel, yang bekerja sebagai asisten dokter gigi. 

Awalnya ia mengira pekerjaan ini akan memberikannya kemandirian, namun ternyata kenyataannya bertolak belakang. Novel ini menyadarkan bahwa kemerdekaan tidak sama dengan kebebasan. Pasalnya, Vogel masih harus terikat dengan ibunya yang seorang pecandu alkohol serta pacarnya yang sangat problematik. Namun Stibbe menyelipkan humor di dalam novel ini sehingga Reasons to Be Cheerful dapat mengubah hari burukmu menjadi hari yang lebih menyenangkan. 

The Hitchhiker’s Guide to The Galaxy | Douglas Adams

Foto: www.goodreads.com

Cerita lucu ini merupakan salah satu buku komedi paling terkenal. Menceritakan seorang pria bernama Arthur Dent dan teman aliennya bernama Ford Prefect yang mengembara di galaksi. Dalam perjalanannya mereka bertemu dengan berbagai karakter, termasuk robot depresi yang menyelamatkan hidup mereka.

Ini adalah karya jenius dan salah satu imajinasi luar biasa yang pernah dituliskan ke dalam kertas, sehingga The Hitchhiker’s Guide to The Galaxy kemudian diadaptasi menjadi siaran televisi BBC pada tahun 1981.  

Baca Juga :  Buku Ini Akan Mengajarkan Kita tentang Pengertian Toleransi

White Teeth | Zadie Smith

cerita lucu
Foto: www.goodreads.com

Kisah ambisius dari Zadie Smith ini menceritakan dua anak laki-laki yang memberontak kepada keluarganya saat mereka mencoba mencari tahu siapa diri mereka yang sebenarnya. White Teeth menyajikan cerita yang beragam dari mulai perang, identitas, persahabatan, keluarga, hingga cinta.

Novel ini memberikan kesan memukau dan lucu. Plus White Teeth akhirnya membantu kita menjawab pertanyaan yang sering kali kita ajukan: Siapakah kita? Mengapa kita di sini? Dan mengapa kita tidak bisa hanya berteman? Meskipun jawabannya tidak pernah sederhana, namun novel ini membuatmu bisa menemukan jawabannya, dan pastinya diselingi dengan cerita-cerita lucu.

Selanjutnya: 10 Buku dengan Cerita Horor yang Akan Membuatmu Susah Tidur.