13 Buku Resep Masakan Terbaik yang Harus Kamu Miliki di 2020

Foto: www.gettyimages.com
Last updated:

Masak apa hari ini? Jika pertanyaan ini selalu muncul di pikiranmu begitu mata terbuka di pagi hari (bahkan sebelum meraih handphone), kamu membutuhkan buku resep masakan. Yep, buku-buku yang memberikan inspirasi menu makanan sehingga pertanyaan ‘masak apa hari ini’ tidak membuatmu panik, malah senang. Alasannya? Karena ini kesempatan mencoba menu baru!

Yeah, yeah, kamu selalu bisa membuka video tutorial di YouTube atau aplikasi memasak. Namun, sensasinya sangat berbeda ketika kamu mencari ide masakan, sambil membolak-balik kertas dan ahaa… resep yang ingin dicoba akhirnya kamu temukan!

Bingung buku resep masakan apa yang wajib dimiliki dan menjadi penghuni tetap dapur? Berikut rekomendasi 10 buku resep masakan terbaik yang akan menjawab misteri pertanyaan ‘masak apa hari ini’.

The Silver Spoon for Children: Favorite Italian Recipes | Editor Phaidon Press

Foto: www.goodreads.com

Jika si kecil penggemar berat makanan Italia, buku resep masakan ini akan membuat mereka senang saat mencoba resep-resep tradisional seperti rigatoni, meatballs atau minestrone soup. Oh, The Silver Spoon for Children juga menuliskan resep pizza margarita yang dipastikan akan membuat si kecil ingin memasaknya setiap akhir pekan.

Menu Istimewa Sehari-hari Keluarga | Lily Minarosa

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Coba cek Instagram Lily Minarosa, kamu pasti langsung merasa lapar! Jika kamu ingin mencoba sendiri resepnya, buku ini wajib kamu miliki. Berbagai resep masakan keluarga yang praktis dan mudah diaplikasikan, bisa kamu temukan di buku ini. Tidak hanya berisi menu asli Indonesia, di dalamnya juga terdapat resep masakan negara-negara lain.

MasterChef Junior Bakes!: Bold Recipes and Essential Techniques to Inspire Young Bakers

Foto: www.goodreads.com

Terinspirasi dari kontestan MasterChef Junior, buku masak ini memuat berbagai tips, teknik dan resep yang membuat kamu dan si kecil ingin mencobanya. Ohya, setiap proses memasak dilengkapi dengan foto-foto cantik, sehingga sangat membantu kamu yang baru belajar memasak. Di dalamnya terdapat berbagai resep, mulai dari Vanilla Bean Sugar Cookies, sampai German Chocolate Cupcakes with Ganache Filling. Hmm…

Cooking With Love ala Dapur Momychaa | Icha Irawan

Foto: www.gramedia.com

Buku ini berisi 110 resep yang terbagi dalam lima kategori, yakni aneka jajanan kaki lima, masakan rumah, masakan Padang, menu berbuka puasa, dan aneka sambal. Penulisnya, Icha Irawan, adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Australia. Jadi, bisa dipastikan bahwa dia tahu persis resep apa yang dibutuhkan ibu agar semakin semangat saat memasak di rumah.

Mastering the Art of French Cooking | Julia Child, Louisette Bertholle, Simone Beck

Foto: www.amazon.com

Tidak banyak buku resep yang memiliki nilai historis seperti buku satu ini. Diterbitkan pada 1961, buku yang ditulis oleh Louisette Bertholle, Simone Beck, dan Julia Child—tetap menjadi referensi sampai sekarang.

Seperti judulnya, “Mastering the Art of French Cooking” fokus pada resep-resep kuliner Prancis. Terdapat lebih dari 500 resep dan 100 ilustrasi yang ditulis dengan detail. Meski memang harus diakui bahwa buku ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki kemampuan level “senior” dalam memasak.

Coconut & Sambal: Recipes from My Indonesian Kitchen | Lara Lee

Foto: www.goodreads.com

Di dalam “Coconut & Sambal“, Lara Lee, seorang chef berdarah Indonesia-Australia, menyajikan 80 resep masakan Indonesia. Lee membocorkan resep-resep dari keluarganya, termasuk resep neneknya sendiri. Demi mendapatkan resep autentik, Lee menjelajahi Indonesia, mulai dari Sulawesi, Medan, sampai Padang.

Momofuku| David Chang dan Peter Meehan

Foto: www.amazon.com

Satu lagi buku yang dijadikan referensi berbagai pelaku dan pecinta kuliner. Jika kamu merasa pernah mendengar namanya, yep… David Chang adalah chef terkenal yang memiliki acara di Netflix, “The Mind of a Chef.”

Di dalam “Momofuku“, kamu bisa mencoba berbagai resep menu Asia yang disajikan di restoran terkenal milik Chang. Termasuk, resep ramennya yang seupre lezat! Dan semua resep dipenuhi dengan foto-foto cantik yang membuat kita senang, bahkan ketika hanya menatapnya.

Feast : Food of the Islamic World | Anissa Helou

masak apa hari ini
Foto: www.amazon.com

Anisa Helou, yang besar di Beirut, menuliskan berbagai resep kuliner Muslim, yang berasal dari negara-negara di Asia (yep, termasuk Indonesia), Afrika, dan Timur Tengah.

Terdapat 300 resep—mulai dari roti, sup, salad, kari, makanan penutup—sehingga dipastikan kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk masak apa hari ini. .

Robin Ha Cook Korean!: A Comic Book with Recipes | Robin Ha

masak apa hari ini
Foto: www.goodreads.com

Pecinta masakan Korea mesti memiliki dan mencoba resep yang terdapat di dalam buku ini. Di dalamnya terdapat resep-resep masakan Korea tradisional, mulai dari kalbi, bibimbap, sampai naengmyeon.

Ada banyak hal yang membuat buku ini istimewa, salah satunya: resep disajikan dalam bentuk komik. Ini artinya, setiap resep disertai dengan gambar-gambar menarik, lengkap dengan instruksi detail yang sangat membantu chef pemula. Plus, di dalamnya juga dituliskan berbagai trivia yang akan membuatmu terkejut. Contohnya, mengapa fermentasi menjadi budaya yang mendarah daging di Korea; ini karena sebagian besar keluarga sangat miskin dan tidak punya kulkas.

East | Meera Sodha

masak apa hari ini
Foto: www.goodreads.com

Meera Sodha sendiri adalah seorang vegan, jadi jangan heran jika di buku ini dia banyak menyajikan menu dengan bahan dasar sayuran dan buah.

Terinspirasi dari masakan Asia (Thailand, Indonesia, Jepang, India, dll), buku ini akan menunjukkan cara memasak chard potato, kari santan, swede laksa, panekuk Kimchi, sampai sambal tahu.

Mary Berry’s Baking Bible: over 250 classic recipes | Mary Berry

masak apa hari ini
Foto: www.amazon.com

Resep-resep di dalam buku ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Uh-uh, Mary Berry adalah penulisnya.

Dipenuhi dengan 250 resep yang tidak akan pernah salah, buku masak ini berisikan ide-ide membuat kue yang membuatmu meneteskan air liur. Dan karena ini Mary Berry, buku ini ditulis dengan gambar dan instruksi sederhana saat membuat berbagai kue, termasuk resep legendaris Victoria Sponge, Very Best Chocolate Cake, dan Hazelnut Meringue Cake.

Pinch of Nom | Kay Featherstone dan Kate Allinson

masak apa hari ini
Foto: www.amazon.com

Ingin mengurangi berat badan tapi tetap bisa makan enak? Buku laris “Pinch of Nom” wajib kamu lirik dan miliki.

Di dalamnya terdapat lebih dari 100 resep (untuk sarapan, makan siang, malam dan makanan penutup) yang bisa diaplikasikan siapa pun, termasuk kamu yang baru belajar memasak. Dan hebatnya, setiap resep memberikan saran tentang resep selanjutnya yang bisa kamu coba agar program dietmu lancar—dan makanan yang kamu nikmati tetap lezat.

The Blue Zones Kitchen: 100 Recipes to Live to 100 | Dan Buettner

masak apa hari ini
Foto: www.goodreads.com

Jika kamu ingin berumur panjang, “The Blue Zones Kitchen” adalah buku wajib yang harus ada di rumah.

Penulisnya, Dan Buettner, berkeliling dunia dan mengunjungi berbagai dapur dari Okinawa ke Ikaria untuk mencari tahu resep dan pola makan yang membuat orang-orang memiliki umur yang panjang.

Selanjutnya: Dan ini daftar buku nonfiksi yang harus kamu baca—paling tidak sekali seumur hidup.