12 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita

sepatu running
Foto: www.pexels.com

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang penting, terutama ketika dalam keadaan pandemi ini. Jika olahraga masih bukan menjadi prioritasmu saat ini, mungkin kamu dapat meluangkan waktu di hari libur dengan memutuskan untuk mulai berlari (bukan lari dari kenyataan, ya!). Tertarik mencoba atau kembali berlari lagi setelah selama ini absen? Jika belum punya, kamu bisa mempersiapkan sepatu running untuk menunjang kegiatan ini. Pasalnya, sepatu yang tepat adalah awal yang tepat, selanjutnya bulatkan tekad dan lakukan.

Cara Memilih Sepatu Lari

sepatu running
Foto: www.pexels.com

Sebelum membeli sepatu lari, ada baiknya kamu memeperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Pilih berdasarkan ukuran kaki

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah memastikan sepatu yang kamu pilih sesuai dengan ukuran kakimu. Hal ini akan membuatmu terasa nyaman ketika memakainya. Pastikan kamu tidak memilih sepatu yang terlalu sempit ataupun terlalu besar. Selalu ingat bahwa ukuran sepatu tiap merek akan berbeda, untuk itu pastikan kamu selalu mencobanya sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Pilih berdasarkan medan berlari

Memilih sepatu running berdasarkan track berlari merupakan hal penting yang perlu diertimbangkan. Terdapat tiga jenis sepatu lari yang ada, yakni:

Road-running

Sepatu lari tipe pertama ini umumnya ditujukan untuk berlari pada track jalanan, aspal, atau trotoar, sehingga cocok digunakan bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Sepatu ini dirancang dengan bobot yang ringan dan bersifat fleksibel.  

Trail-running

Jenis ini dirancang untuk tangguh ketika berada dalam medan yang berbatu sekaligus berlumpur. Bagi yang senang naik gunung, kamu dapat menggunakan sepatu lari dengan jenis trail-running. Bagian sol dari sepatu dilapisi oleh bahan yang akan melindungi kaki sekaligus menjaga kestabilan kakimu.

Cross-training

Jika kamu membutuhkan sepatu yang multifungsi, yakni digunakan untuk beberapa kegiatan, maka kamu perlu memilih sepatu lari dengan jenis cross-training. Karena selain digunakan untuk jogging, sepatu ini juga bisa kamu kenakan untuk gym.

3. Sesuaikan dengan kemampuan berlari

Untuk yang baru memulai untuk berlari (baca: pemula), maka kamu dapat memilih sepatu dengan bobot ringan dan bantalan sol yang empuk. Hal ini akan membuatmu merasa nyaman ketika berlari. Sementara untukmu yang sudah rutin berlari, maka kamu dapat mencoba untuk memilih sol yang lebih tipis. 

Baca Juga :  Ingin Tampil Klasik? Ini 14 Sepatu Putih Terbaik untuk Gaya Chic

4. Periksa detail sepatu

Ketika akan membeli sepatu running, cobalah untuk memeriksa setiap detail yang ada. Pastikan bagian tumit dapat menopang kakimu dengan baik dan nyaman. Selain itu, kamu juga dapat mencoba sepatu tersebut untuk merasakan keseimbangan dan stabilitasnya.  Jika bagian sol lebih lebar dibanding bagian atas, hal ini menandakan bahwa sepatu tersebut stabil. Kamu juga dapat memilih bagian atas sepatu yang lembut, untuk mencegah kakimu menjadi lecet ketika mengenakannya. 

Rekomendasi Sepatu Lari

Berikut 12 rekomendasi sepatu running yang dapat kamu pilih:

Asics Gel Nimbus 21

sepatu running

Sepatu lari yang satu ini dirancang dengan teknologi maximum shock absorption yang dapat menahan goncangan ketika berlari, sehingga sepatu ini dapat digunakan dengan baik ketika berlari di aspal, berbatu, maupun tanah. Asics Gel Nimbus 21 juga didesain dengan energized cushioning yang mana akan membuat kakimu menjadi lebih nyaman dan tetap fokus meski melewati jalur yang tidak rata.

Adidas 4D Run 1.0 Shoes

sepatu running

Adidas 4D Run 1.0 Shoes ini memiliki bagian midsole yang empuk dan dirancang dengan nyaman, sehingga memudahkanmu ketika melangkahkan kaki. Selain itu, sepatu ini juga menjaga kakimu tetap stabil dan kamu dapat berlari dengan cepat dan minim risiko cedera. Desain dari sepatu lari ini juga memiliki penutup berbahan renda sehingga semakin membuat penampilanmu terlihat sporty.  

New Balance FuelCell Propel Women’s Running Shoes

Sepatu ini didesain untuk pelari pemula maupun profesional yang dibuat untuk menyempurnakan langkahmu. Midsole dari model FuelCell ini menawarkan bantalan panjang yang empuk sehingga membuatmu merasa nyaman ketika melangkah. Selain itu, upper dari sepatu ini berbahan mesh sehingga akan membuat kaki menjadi ringan serta bisa bernapas meski sedang berlari. 

Baca Juga :  Wajib Diketahui: 5 Jenis Sepatu Kulit untuk Penampilan yang Lebih Keren

Nike Air Zoom Pegasus 37 Flyease Women’s Running Shoes

Busa midsole pada sepatu ini terasa nyaman dan ringan. Nike Air Zoom Pegasus 37 Flyease dirancang dengan sistem FlyEase yang membantumu melangkah lebih cepat dan mudah. Selain itu, sepatu lari ini memiliki sol luar dari karet yang tahan lama serta bagian atas yang memiliki sirkulasi baik untuk kakimu supaya tetap bisa bernapas.

Adidas Galaxar Run Shoes

sepatu running

Adidas Galaxar Run dirancang untuk memudahkan anda ketika ingin memulai berlari, dengan bantalan midsole yang empuk. Selain itu sepatu running ini dibuat dengan bahan daur ulang, sehingga mewakili komitmen dari Adidas untuk membangun masa depan yang berkelanjutan.  Sepatu lari ini juga menjadi fleksibel karena dapat digunakan untuk  berbagai kondisi.

Asics Gel Kenun Lyte

sepatu running

Sepatu lari yang satu ini memiliki outsole yang terbuat dari durable rubber yang berukuran cukup tebal, sehingga membuat kaki menjadi nyaman dipakai untuk berlari pada track aspal. Selain itu, sepatu ini juga memiliki desain tali pengunci di sepanjang punggung kaki untuk menjaga posisi kaki supaya tetap konsisten.

League Kumo Hub 

Sepatu ini menjadi produk favorit para pelari karena memiliki midsole yang berbahan dasar EVA yang merupakan jenis plastik paling ringan ketika dijadikan bantalan sepatu. Selain itu, outsole dari sepatu running ini dirancang dengan carbon rubber yang membuatnya terasa nyaman ketika dipakai sekaligus dapat meningkatkan performa ketika berlari. 

New Balance FuelCore Coast 3

New Balance FuelCore Coast 3 menjadi sepatu yang fleksibel digunakan untuk berlari di aspal maupun dipakai untuk gym. Selain itu, midsole dan outsol dari sepatu ini dirancang dengan teknologi EVA yang akan memanjakan kakimu ketika berlari.  

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sepatu Olahraga Wanita Terbaik

Skechers GOrun Fast Quick Step Women’s Running Shoes

sepatu running

Midsole dari sepatu lari ini dirancang dengan bantalan 5GEN yang responsif sehingga membuat kakimu terasa nyaman dan lebih mudah ketika melangkah. Upper dari sepatu running ini juga berbahan mesh sehingga membuat kakimu masih bisa bernapas dengan baik.

Nike Free Rn 5.0 Women’s Running Shoes

sepatu running

Sepatu ini memiliki tali pengikat yang dipadukan dengan desain yang cantik sehingga akan pas dan fleksibel. Selain itu, bobot sepatu ini juga lebih ringan ketika digunakan sehingga membuatmu nyaman ketika melangkah. Running shoes ini juga dirancang dengan overlay sintetis suede yang dapat memberikan dukungan yang stabil pada kakimu.

Reebok Driftium Ride 2.0 Women’s Running Shoes

Sepatu lari ini memiliki desain yang dirancang untuk membuatmu percaya diri sehingga bisa nyaman ketika berlari. Bagian atas dari sepatu ini berbahan tekstil yang diperkuat dengan bagian tengah yang akan membuat kakimu stabil. Selain itu, bantalan pada sepatu ini juga terasa empuk untuk kakimu.

Puma Flyer Runner Women’s Running Shoes

sepatu running

Puma Flyer Runner merupakan sepatu lari yang dirancang untuk gaya sekaligus kenyamanan. Midsole pada sepatu ini dirancang dengan teknologi EVA yang empuk dan sol karet yang tahan lama. Selain itu, running shoes ini juga didesain dengan ringan yang akan membuat ujung kaki hingga tumitmu terasa nyaman ketika berlari.

Selanjutnya: Daftar Sepatu Olahraga Wanita Terbaik.