13 Rekomendasi Buku yang Bisa Membuatmu Menjadi Partner yang Baik

partner adalah
Foto: Istimewa

Menjalani suatu hubungan memang bisa menjadi hal yang rumit, dalam satu menit pasangan bisa bahagia, namun di menit berikutnya bisa saja bertengkar. Untuk itu, menjalani hubungan dengan partner adalah hal yang sulit tapi menyenangkan, jika adanya sikap saling pengertian dan jujur.

Jika kamu berniat untuk meningkatkan hubungan agar lebih berkualitas, ini 13 buku yang bisa dibaca bersama pasangan.

Attached | Amir Levine

Foto: www.amazon.com

Pada Attached, kita belajar bahwa setiap orang memiliki gaya ketertarikan yang berbeda. Hal ini juga memengaruhi cara kita berperilaku dalam hubungan. Bisa saja seseorang mengalami kesulitan untuk merasa aman dalam suatu hubungan atau ada juga yang sering menjauhi seseorang demi melindungi dirinya sendiri.

Buku ini dapat membantumu untuk menentukan gaya keterikatan yang mungkin saja bisa memengaruhimu dalam berhubungan dengan partner.

All About Love | Bell Hooks

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Salah satu cara untuk menjadi partner yang baik adalah dengan mencoba memahami arti cinta. Dalam bukunya, Hooks menggabungkan pengalaman kehidupan pribadinya dengan ide-ide filosofis dan psikologis. Menurutnya, saat ini budaya kita telah kehilangan arti cinta yang sebenarnya.

Penulis ini percaya bahwa cinta merupakan proses yang interaktif. Cinta bukanlah tentang apa yang baru saja dirasakan, melainkan apa yang kita lakukan. Menurutnya, lebih banyak orang yang merasa cukup untuk mengatakan apa yang dirasakannya namun tindakannya tidak sesuai dengan yang dirasakan.

Hold Me Tight | Sue Johnson

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Menjalani hubungan dengan partner adalah sebuah hal yang dipenuhi dengan tantangan. Kadang kita merasa senang, namun ada kalanya juga merasa sedih ketika mengalami sebuah masalah. Hold Me Tight merupakan perjalanan yang hebat dari pola emosional yang muncul ketika kita terluka dan mengalami masalah dengan pasangan.

Tak hanya itu, Johnson juga menuliskan solusi dari masalah emosional tersebut. Hal ini ia lakukan agar orang-orang berhenti untuk saling membenci.  

5 Love Languages | Gary Chapman

Foto: www.goodreads.com

Langkah sederhana agar hubungan dengan partner menjadi bahagia adalah memahami bagaimana cara mengekspresikan dan menerima cinta. Sebab perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa mengekspresikan atau menerima cinta dengan cara yang sama.

Bahasa cinta dari setiap orang sangat berbeda-beda, mulai dari sentuhan fisik, penegasan verbal, pemberian hadiah, melayani, dan memberikan waktu yang berkualitas. Karena hal tersebut, Gary Chapman menghadirkan 5 Love Languages yang khusus membantumu untuk menemukan dan mencari bahasa cinta di dalam hubungan.

How to Be an Adult in Relationship | David Richo

Foto: www.goodreads.com

Untuk merasa sempurna ketika menjadi partner adalah dengan berusaha bersikap dewasa dalam berhubungan. Namun rasanya tidak semua orang bisa menerapkan hal tersebut. Untuk itu Richo memberikan tips untuk menjadi pasangan yang lebih baik yakni dengan menerapkan lima konsep, mulai dari perhatian, penerimaan, penghargaan, kasih sayang, dan izin.

The Seven Principles for Making Marriage Work | John M. Gottman

Foto: www.goodreads.com

The Seven Principles for Making Marriage Work adalah puncak dari penelitian yang dilakukan oleh Gottman. Menurut Gottman, buku ini memang dirancang untuk menjelaskan bagaimana menghindari keretakan rumah tangga sejak awal pernikahan. Namun jika nantinya memang harus berakhir, maka kamu akan memahami bahwa itu merupakan jalan terbaik.

Terlepas dari judulnya, banyak pembaca yang menganggap bahwa buku ini tidak hanya berguna untuk pernikahan tetapi juga pada semua jenis hubungan yang didasari dengan komitmen.

You Are a Badass | Jen Sincero

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Mungkin kebanyakan dari kita pernah bermimpi untuk memiliki kekasih yang baik hati. Namun sayangnya hingga saat ini kita bahkan masih sendiri a.k.a lajang. Saat mengalaminya maka kita harus menyadari terlebih dahulu apa yang ada dipikiran bawah sadar.

Sebab menurut Sincero, pikiran bawah sadarlah yang memegang kendali, sehingga bisa membatasi kehidupan kita. Setelahnya, barulah kita bisa memulai perubahan.

Sincero berkata bahwa perubahan hanya akan dimulai ketika kita menyadari hal tersebut. Dalam bukunya, penulis ini juga seakan menyadarkan kita untuk berhenti meragukan kemampuan diri sendiri.

How to Fall in Love with Anyone | Mandy Len Catron

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Di dalam bukunya, Catron mengajak kita untuk mengikuti perjalanan hidupnya sewaktu muda. Ketika ia mengalami putus cinta setelah 10 tahun menjalin hubungan romantis, misalnya.

Tak hanya itu, Catron juga mengeksplorasi budaya seputar kencan dan cinta. Katanya, hampir semua orang yang pernah mencintai seseorang, menganggap bahwa mereka telah melakukannya dengan benar.

Tiny Beautiful Things | Cheryl Strayed

Foto: www.goodreads.com

Kumpulan cerita ini mungkin bukan menjadi sebuah buku tentang hubungan yang sering kamu baca. Namun Strayed justru akan menambah wawasan kita dengan menuliskan beberapa masalah yang memiliki pelajaran hidup di dalamnya. Sehingga nantinya kamu akan tergerak untuk melakukan hal-hal baik lainnya, termasuk dalam masalah hubungan percintaan.

The Wisdom of Sundays | Oprah Winfrey

Foto: www.goodreads.com

Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisikan percakapan Winfrey dengan tamu-tamunya yang luar biasa. Secara tidak sadar, ia juga mengajak pembaca untuk berdamai dengan masa lalu.

Winfrey juga meyakini bahwa hidup akan tetap baik-baik saja selagi kamu masih percaya diri. Nantinya ini bisa menjadi bekal yang baik untukmu ketika ingin membangun sebuah hubungan percintaan.

The Science of Happily Ever After | Ty Tashiro

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Dalam bukunya, Ty Tashiro mengeksplorasi ilmu di balik memilih pasangan yang hebat. Hal ini berangkat dari sebuah penelitian yang menunjukkan bagaimana seseorang memutuskan untuk memilih pasangan mereka. Tak hanya disusun dengan ringan, cerita ini juga diselipkan dengan anekdot menghibur yang berdasarkan situasi di kehidupan nyata.

Menariknya, The Science of Happily Ever After juga menyajikan beberapa tips untukmu menemukan pasangan yang tepat dan sesuai dengan selera. Sebab, untuk memiliki partner yang baik adalah hal yang mudah sekaligus sulit.

I Love You But I Don’t Trust You | Mira Kirshenbaum

Foto: www.goodreads.com

Jika kamu berada di fase tengah meragukan hubungan yang telah dijalani, buku ini dapat membantumu untuk menemukan jawabannya. Pada bukunya, Kirshenbaum membantumu untuk memahami cara membangun proses kepercayaan. Sebab ini merupakan langkah utama yang perlu dimiliki oleh individu yang berada dalam sebuah hubungan.

Pembaca akan diajak untuk mempelajari cara menghindari kesalahan yang sama yang telah terjadi di masa lalu. Dengan membaca buku ini, kamu juga bisa menjadi partner yang lebih baik dari sebelumnya.

How to Be Single and Happy | Jenny Taitz

partner adalah
Foto: www.goodreads.com

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa menjadi lajang merupakan hal yang buruk, sehingga banyak orang yang menyalahkan dirinya sendiri, dan berpikir tidak bisa menjadi partner yang baik bagi pasangannya. Padahal sesungguhnya kita perlu mencintai diri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencintai orang lain.

Di dalam buku How to Be Single and Happy, Taitz memberikan saran bagaimana agar kita bisa terus mencintai diri sendiri. Ia juga menyelipkan tips kencan dan menjalani hubungan yang bahagia dengan cara sederhana.