16 Rekomendasi Novel dengan Cerita Bergambar Terbaik

Cerita Bergambar
Foto: Istimewa

Cerita bergambar memang akan terlihat lebih menarik bagi anak-anak. Namun jangan salah, orang dewasa pun juga bisa menikmati novel grafis dengan tambahan jalan cerita yang unik dan gambar yang bisa menggugah emosi.

Tertarik membaca novel terbaik dengan gambar keren? Berikut 16 novel cerita bergambar dengan penuh ilustrasi menarik yang bisa kamu baca.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini | Marchella FP

Foto: www.goodreads.com

Awan, nama yang dipilih sang ibu dengan harapan agar bisa menjaga dan menghibur bumi serta isinya. Namun bagi Awan, jadi bohlam saja sudah cukup untuk menerangi dan memberi kehangatan dalam sebuah ruang yang kecil.

Dalam cerita bergambar ini, Awan menulis surat untuk masa depan yang ditujukan untuk anaknya. Surat ini berisi tentang memori, gagal, tumbuh, patah, bangun, hilang, menunggu, bertahan, berubah, dan semua ketakutan manusia pada umumnya.  

The Complete Persepolis | Marjane Satrapi

Foto: www.goodreads.com

Marjane yang masih remaja, diminta orang tuanya untuk meninggalkan Iran untuk melanjutkan pendidikannya. Austria pun menjadi negara yang dipilih karena menggunakan bahasa Prancis yang sedikit banyak diketahui olehnya.

Namun siapa sangka bahwa di sana ia melihat hal-hal baru yang mengubah hidupnya. Mulai dari melihat orang lain berhubungan badan, hingga menjadi pengedar ganja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

The Stories of Choo Choo: You’re Not As Alone As You Think | Citra Marina

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Kamu suka pergi ke bioskop sendirian? Atau menghabiskan akhir pekan di rumah? Tenang, kamu tidak sendiri, karena ada orang lain yang juga melakukan hal tersebut.

Karya perdana milik Citra Marina ini akan mengajak pembaca untuk berpikir bahwa bukan menjadi sebuah masalah ketika seseorang merasa dirinya berbeda dengan kebanyakan orang. ilustrasi Choo Choo sendiri digambar oleh penulis di sela-sela perjalanannya ketika menaiki commuter line.

French Milk | Lucy Knisley

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Jika diberi kesempatan untuk menghabiskan satu bulan untuk tinggal di Prancis, apa yang akan kamu lakukan? Seorang perempuan bernama Lucy justru menghabiskan waktunya untuk belajar menjadi dewasa. Sementara sang ibu memilih untuk menyesuaikan diri dengan usianya yang menginjak 50 tahun. Dalam buku ini, pembaca akan menyaksikan ikatan yang kuat antara ibu dan anak.

Adulthood Is a Myth | Sarah Andersen

Foto: www.goodreads.com

Bacaan singkat yang menghibur ini terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, seperti menghabiskan akhir pekan dengan berselancar seharian di internet misalnya. Meski mengangkat hal yang sering kita alami, namun Sarah bisa mengolahnya dengan sempurna hingga membuat kamu tertawa heboh ketika membaca setiap halaman cerita bergambar ini.

When I Was a Kid | Boey

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Salah satu ingatan Boey yang tertuang dalam cerita bergambar ini adalah ketika sang ayah membantunya untuk membuat batang korek api. Tidak hanya itu, Boey juga menggambarkan tentang ketegangan yang dirasakannya ketika tinggal di perbatasan antara Malaysia dan Singapura. Setelah membaca novel ini, dijamin akan membuat pembaca untuk lebih berani dalam meraih mimpinya.

Chicken Soup For The Soul | Kim Dong Hwa

Foto: www.goodreads.com

Chicken Soup For The Soul terdiri dari 3 buku berbeda dengan judul Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga, dan Perjalanan Ajaib. Mulai dari cerita seorang ayah yang menyayangi anak perempuannya, hingga seorang ilmuwan yang sukses. Dengan sentuhan ilustrasi yang menarik, novel ini juga dapat mengajari kita untuk mulai mencintai diri sendiri.

Age of Bronze | Eric Shanower

Foto: www.goodreads.com

Novel grafis yang satu ini berhasil membuat Shanower memenangkan Will Eisner Comics Industry Award untuk kategori Penulis/Artis terbaik pada 2001. Pasalnya, dalam bagian pertama dari serial Perang Troya ini, Shanower meneliti dengan detail mulai dari legenda kuno hingga romansa abad pertengahan.

Watchmen | Alan Moore

Cerita Bergambar
Foto: www.amazon.com

Fiksi ilmiah ini menampilan karakter superhero yang muncul pada tahun 1940-an dan 1960-an. Kehadiran mereka dapat mengubah sejarah yang selama belum pernah terungkap. Setelah sukses secara komersial, Wathcmen pun masuk dalam List of the 100 Best Novel versi majalah Time sebagai salah satu novel berbahasa Inggris terbaik yang diterbitkan sejak tahun 1923.

The Complete Maus | Art Spiegelman

Foto: www.goodreads.com

Cerita bergambar ini menyajikan kisah lengkap Vladek Spiegelman dan istrinya yang bertahan hidup pada zaman Hitler. Dengan apik, penulis menggambarkan bagaimana para penduduk ketakutan, diliputi rasa bersalah, dan harus memikirkan cara agar anak-anaknya bisa selamat dari krisis perang yang melanda dunia.

American Born Chinese | Gene Luen Yang

Cerita Bergambar
Foto: www.amazon.com

Novel ini menceritakan kisah Jin, Danny, dan Raja Monyet secara bergantian dalam 233 halaman. Yang diinginkan Jin hanyalah bisa menyesuaikan diri, karena ia hampir tidak memiliki teman setelah mengetahui bahwa dirinya merupakan satu-satunya siswa Tionghoa di sekolahnya.

Sementara Danny, ia harus pindah ke sekolah baru setiap tahunnya. Dan kisah Raja Monyet, meski ia dipuja oleh rakyatnya, namun ternyata ia tidak ingin menjadi monyet.

A Meal Makes Her Forget | Jun Abe

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Demi menghilangkan rasa galau dan kecewa yang ia rasakan setelah ditinggalkan oleh tunangannya, Sachiko pun berburu makanan enak. Makanan yang ditampilkan dalam cerita bergambar ini tentunya mengangkat masakan tradisional Jepang dan Asia. Petualangan kuliner ini juga disajikan dengan humor yang dapat membuatmu tergelak ketika membacanya.

Happines Is Homemade | Puty Puar

Foto: www.goodreads.com

Novel ini berisi 150 halaman dengan tambahan gambar dan kalimat singkat yang dapat memotivasi hidup. Menurut Puty, kebahagiaan itu tidak sulit untuk ditemukan, dan bisa didapatkan dari lingkungan sekitar. Seperti menemukan kursi kosong ketika menaiki kendaraan umum misalnya.

Things & Thoughts I Drew When I Was Bored | Naela Ali

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Bacaan ringan yang satu ini menghadirkan ilustrasi yang penuh dengan warna. Meski dilanda kebosanan, penulis tetap bisa menyajikan karya yang luar biasa. Dengan menyajikan gambar perempuan yang ditambah dengan kalimat-kalimat motivasi, buku ini dapat membuat harimu menjadi lebih baik.

Pasalnya, Naela Ali membeberkan beberapa tulisan yang akrab dengan generasi muda yang sedang mengalami quarter life crisis.

Daily Dose of Shine | A. Fuadi

Cerita Bergambar
Foto: www.goodreads.com

Beberapa kutipan bijak dengan nuansa Islami ini dituliskan oleh A. Fuadi dengan sengaja untuk memengaruhi emosi dan memotivasimu agar menjadi pribadi yang lebih baik. Cerita bergambar dengan ilustrasi yang manis ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri dalam buku ini. Novel ini tentunya sangat berbeda dengan karya A. Fuadi sebelumnya, yakni Trilogi 5 Menara.

Gadis Daun Jeruk | Rinda Maria Gempita

Foto: www.goodreads.com

Sewaktu kecil pasti kamu akrab dengan kalimat bahwa biji buah yang tertelan akan tumbuh di dalam tubuh kita, dan hal ini juga dialami oleh anak perempuan dalam buku Gadis Daun Jeruk. Ia semakin rajin menelan bijinya dengan berharap bisa mengetahui tanaman apa yang akan tumbuh.

Namun seiring berjalannya waktu, ia mulai melupakan tanaman impiannya tersebut. Dengan desain yang menggemaskan, dan didominasi oleh warna hitam dan oranye, tentunya membuat cerita bergambar ini terlihat menarik untuk dibaca.