Suka Dark Jokes? Ini 12 Rekomendasi Buku Yang Wajib Kamu Baca

dark jokes
Foto: Istimewa

Cerita yang dibumbui dengan humor memang akan menyenangkan sekaligus menghibur untuk dibaca. Namun tak jarang beberapa kisah juga diselipkan dark jokes, jenis humor yang membuat kita tertawa sambil meringis dan terkejut.

Meski lelucon ini terkesan terlalu berlebihan, namun dark jokes juga terkadang sangat menghibur. Apalagi jika disampaikan dengan gaya yang menarik dan ditambahkan dengan pesan tersembunyi.

Berikut 12 rekomendasi buku dengan humor gelap yang dapat membuatmu tertawa terbahak-bahak.

All My Friends Are Dead | Avery Monsen

Foto: www.goodreads.com

Di dalam buku ini terdapat banyak kisah lucu yang menyenangkan untuk ditertawakan. Dengan menggambarkan bahwa ketika menjadi seorang dinosaurus maka semua temanmu akan mati, atau jika kamu merupakan bajak laut maka semua temanmu akan menderita penyakit kudis.

Setiap halaman dari buku dark jokes ini dilengkapi dengan ilustrasi yang menampilkan sisi buruk dari segala hal, mulai dari menjadi badut, kaset, hingga zombie.

Dengan penuh kelucuan dan humor yang gelap, buku yang satu ini juga mengajarkan pelajaran berharga tentang kehidupan, namun digambarkan secara sederhana.

I Want My Hat Back | Jon Klassen

dark jokes
Foto: www.goodreads.com

Seorang beruang baru saja kehilangan topinya, dan ia berusaha untuk mendapatkan topinya kembali. Dengan penuh kesabaran dan kesopanan, ia bertanya kepada hewan yang ditemuinya, apakah mereka pernah melihat topinya tersebut.

Sayang, setiap hewan mengatakan tidak pernah melihatnya. Saat beruang sudah putus asa, seekor rusa pun datang dan mengajukan pertanyaan sederhana, yang mana memicu ingatan beruang tentang topinya tersebut.

Kisah yang klasik ini juga disertai dengan ilustrasi dan humor visual yang rasanya sangat dekat dengan pembaca.

Animal Farm | George Orwell

dark jokes
Foto: www.goodreads.com

Sekilas, novel yang satu ini mungkin menganggap bahwa di dalamnya merupakan cerita hewan yang biasa dibaca oleh anak-anak. Akan tetapi kenyataannya, Animal Farm menjadi salah satu buku yang berisikan perpaduan fabel dan politik.

Ceritanya di mulai dari seekor babi tua bernama Major yang mengumpulkan para binatang untuk menceritakan mimpinya. Ia pun ingin melakukan pemberontakan pada manusia untuk menciptakan sebuah dunia di mana binatang akan berkuasa.

Penggambaran dari cerita ini seolah-olah menjadi sarkas bagi dunia politik dan memiliki banyak makna tersembunyi.

Go the Fuck to Sleep | Adam Mansbach

dark jokes
Foto: www.goodreads.com

Buku yang satu ini dipenuhi dengan humor yang berpusat pada perjuangan orang tua untuk menidurkan anak-anak mereka. Karena banyak yang pernah berada di posisi tersebut, menjadikan buku ini sangat menarik untuk dibaca.

Penulis juga mengungkapkan bahwa kisah-kisah lucu tidak selalu membuat buah hati berlayar dengan bahagia ke alam mimpi. Meski begitu, ilustrasi yang digambarkan sangatlah apik, membuatmu merasa ingin terus membacanya sampai habis.

Saking asyiknya membaca, mungkin kamu akan terhanyut ke dalam ceritanya dan tertawa terbahak-bahak. Bahkan lupa jika harus menidurkan anak.

The Gashlycrumb Tinies | Edward Gorey

Foto: www.goodreads.com

Dalam bukunya, Gorey menceritakan kisah 26 anak yang disusun secara alfabet dan kematian mereka yang terjadi sebelum waktunya. Setiap hurufnya mewakili satu nama dan kejadian naas yang menimpa anak tersebut.

Tak hanya itu, Gorey juga menyelipkan dark jokes dengan menjelaskan hal-hal apa saja yang bisa membahayakan dan merenggut nyawa anak-anak. Mulai dari jatuh di tangga, diserang beruang, terbakar api, tersedak buah persik, hingga tenggelam di danau.

Penulis dengan sengaja membuat buku yang menakutkan agar nantinya anak kecil ini bisa lebih berhati-hati saat bermain.

Monsters Eat Whiny Children | Bruce Eric Kaplan

dark jokes
Foto: www.goodreads.com

Selama ini ayah telah memperingatkan Henry dan Eve, yakni ketika terlalu banyak merengek maka monster akan memakan mereka hidup-hidup. Namun, kedua anak kecil ini tidak mendengarkan petuah tersebut.

Mereka pun diculik oleh monster dan hampir dibuat menjadi sejumlah hidangan. Mulai dari salad anak cengeng hingga kue anak cengeng.

Untungnya istri dan tetangga dari monster berbaik hati. Akan tetapi perdebatan dan kehebohan pun mulai terjadi dan sang monster memutuskan untuk membuat hidangan yang sempurna dari kedua anak tersebut.

Fortunately | Remy Charlip

dark jokes
Foto: www.goodreads.com

Ned baru saja diundang untuk menghadiri pesta kejutan, namun sayang pesta itu sangat jauh. Untungnya seorang teman meminjamkan Ned sebuah pesawat terbang, namun sayang kendaraan tersebut meledak tiba-tiba.

Untungnya ada parasut di pesawat, namun sayang ada lubang di parasut tersebut. Saat membaca kisahnya, jangan heran jika kamu menemukan keberuntungan yang dialami Ned yang tiba-tiba berubah menjadi buruk.

Lewat humor dan skenario yang dibuat-buat, menjadikan buku ini sangat imajinatif dan lucu. Apalagi dengan tambahan ilustrasi yang indah dan penuh warna.

This Is Not My Hat | Jon Klassen

Foto: www.goodreads.com

Seekor ikan kecil baru saja muncul dan menemukan sebuah topi yang sangat cocok dengannya. Topi ini ia curi dari ikan raksasa besar yang masih tertidur.

Ikan kecil ini tahu bahwa mencuri topi adalah perilaku yang salah, namun sayang ia tidak peduli dengan hal tersebut. Ia mengira akan bisa lolos dari kejahatan yang dilakukannya dan tidak rahasianya pun tidak akan terungkap.

Namun nyatanya, masalah pun mulai mengikutinya dari belakang. Yang membuatnya lebih menarik, ilustrasi dalam buku ini juga sangat apik, sehingga membuatmu senang membacanya.

Goldfish Ghost | Lemony Snicket

Foto: www.goodreads.com

Hantu ikan mas lahir di permukaan air dalam mangkuk di atas lemari anak laki-laki. Meski kamar anak laki-laki ini menyenangkan dan hangat, namun hantu ikan mas menginginkan seseorang untuk menemaninya, sehingga ia pun mulai pergi mencari teman.

Ia melayang, melewati dermaga, dan membiarkan angin membawanya ke kota di mana tidak ada orang yang memperhatikannya.

Hantu ikan mas ini pun mulai berusaha untuk mencari rumah sekaligus teman yang sempurna, dan tiba-tiba ia mendengar sebuah suara yang membuatnya sangat terkejut.

I Really Want to Eat a Child | Sylviane Donnio

Foto: www.goodreads.com

Seekor buaya muda bernama Achilles memutuskan bahwa ia ingin memakan seorang anak. Ia merasa bosan karena setiap hari hanya memakan pisang.

Namun sayang, ayah dan ibunya tidak mendukung keinginan Achilles. Orang tuanya justru mengambil sosis besar dari desa dan membuat kue cokelat yang lezat, namun sayang buaya kecil ini tidak tertarik.

Hingga suatu ketika, ia bertemu dengan seorang anak, dan ternyata Achilles menganggap bahwa ini merupakan pertanda yang bagus untuk mewujudkan keinginannya.

Wolves | Emily Gravett

dark jokes
Foto: www.amazon.com

Seekor kelinci kecil yang lucu memutuskan untuk membaca buku tentang serigala. Sepanjang membaca, kelinci mulai terhanyut ke dalam cerita tentang habitat alami serigala dan hewan-hewan yang dimakannya.

Namun tanpa disadari, ia mulai terjebak dalam bulu serigala dan dikelilingi oleh kaki serta cakar serigala. Cerita pendek dan kreatif ini dilengkapi dengan ilustrasi dan narasi yang sederhana namun menyenangkan untuk dibaca sampai habis.

Brief Thief | Michael Escoffier

Foto: www.goodreads.com

Setelah sarapan dengan menu yang lezat, Leon pun memutuskan untuk berjemur dan meminum kopi. Namun suatu ketika, ia merasa harus buang air besar.

Sayangnya, ia tidak menemukan satu kertas toilet sekalipun dan semuanya menghilang. Leon akhirnya melakukan segala cara untuk menemukan sesuatu untuk menggantikan tisu toilet.

Dan tiba-tiba, ia mendengar suara kecil yang aneh dan berkata bahwa akan mengubah segalanya.