Suka Satire? Ini 12 Rekomendasi Novel yang Wajib Kamu Baca

satire
Foto: Istimewa

Tidak hanya menjadi bahan bacaan yang menarik, cerita satire menjadi hiburan dengan pesan yang samar. Berbeda dengan sarkasme yang ditujukan secara terang-terangan, novel dengan cerita satir sering kali dikemas dengan unsur komedi namun bertujuan untuk menyindir pihak-pihak tertentu. Berikut 12 novel dengan cerita satire yang bisa kamu baca di waktu senggang.

Lost for Words | Edward St. Aubyn

Foto: www.goodreads.com

Buku yang menceritakan tentang pelarian dari rasa sakit ini berisikan kalimat-kalimat satire. Dalam kehidupannya, Sam sadar bahwa perilakunya selama ini berasal dari kesedihan yang dirasakan tentang kurangnya kasih sayang dari sang ayah.

Ia bertanya-tanya apakah semua tulisan bagus berasal dari sebuah penderitaan. Hal tersebut terus membayangi Sam yang telah lelah dengan kehidupannya. Namun ia masih mencintai Katherine, seorang penulis novel yang tinggal bersama penerbitnya, Alan.

Dunia Sukab | Seno Gumira Ajidarma

Foto: www.goodreads.com

Terbagi menjadi tiga bab, hampir semua cerita pendek ini berpusat pada kehidupan seorang tokoh bernama Sukab dengan berbagai karakter. Mulai dari Sukab menjadi seorang figuran cerita, menjadi tukang juru ketik di Lembaga bantuan Hukum, hingga menjadi calon presiden di Carmina Burana.

Kebanyakan cerita yang disuguhkan oleh Seno Gumira dalam buku saat dengan satire ini merupakan gambaran dari kehidupan rakyat biasa, yang sering dijumpai. Sebelumnya, kumpulan cerpen ini pernah dicetak di beberapa surat kabar dan majalah.

Petualangan Don Quixote | Miguel de Cervantes

Foto: www.goodreads.com

Alonso Quixano merupakan bangsawan Spanyol yang telah membaca banyak kisah dongeng ksatria, hingga akhirnya ia kehilangan akal dan mengidap halusinasi. Ia merasa menjadi seorang ksatria berkuda dan memutuskan untuk mengganti nama menjadi Don Quixote. Seperti ksatria pada umumnya, ia menunggangi kuda dan merekrut seorang petani yang bertugas sebagai pengawalnya.

Don dan pengawalnya kemudian pergi meninggalkan desa dan berusaha untuk menjadi seorang protagonis yang membantu para gadis, melawan ketidakadilan, dan melawan para raksasa. Don Quixote percaya bahwa dirinya merupakan seorang ksatria yang memiliki beragam aksi heroik.

Cat’s Cradle | Kurt Vonnegut Jr.

Foto: www.goodreads.com

Diceritakan dengan satire, buku ini mengisahkan tentang seorang fisikawan bernama Dr. Felix yang menemukan bom atom. Saat diminta untuk menggambarkan apa yang diingat ketika bom menghancurkan Hiroshima, Newt, anak dari Felix ,mengatakan bahwa ia sedang bermain dengan truk mainannya.

Menurut Newt, sang ayah tidak pernah menunjukkan minat untuk bercengkrama dengan orang lain. Namun di hari itu, Felix duduk dan bermain bersamanya.

Catch-22 | Joseph Heller

Foto: www.goodreads.com

Mengambil latar selama Perang Dunia II, novel ini mengikuti kehidupan Kapten John Yossarian, seorang tentara  Angkatan Udara. Selama ini, Kapten John ditempatkan di Pianosa, sebuah pulau yang berada di Mediterania. Ia betugas untuk melemparkan bom pada musuh yang berada di Italia dan Perancis Timur.

Pada bagian awal, Joseph Heller memberikan sindiran pada pembentukan militer dan politik. Berkat hal tersebut, Catch-22 menjadi satire klasik terbaik dan. Modern Library berhasil memasukkan novel ini di urutan ke-7 dalam salah satu karya terbaik yang ditulis pada abad 20.

The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy | Douglas Adams

Foto: www.amazon.com

Buku perama dari serial The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy ini diadaptasi dari empat bagian pertama seri radio dengan nama yang serupa. Arthur, merupakan manusia bumi yang sering kali disebut sebagai earth man. Ia melakukan perjalanan mengelilingi luar angkasa demi mencari sebuah galaksi yang telah menghilang.

Sosok Arthur digambarkan sebagai pria yang sedikit lugu dan mudah untuk dimanipulasi oleh orang lain. Meski ia tidak pernah menyatakan bahwa dirinya adalah manusia, namun tokoh-tokoh lain dari berbagai galaksi telah mengetahuinya sebagai earth man.

Animal Farm | George Orwell

Foto: www.goodreads.com

Meski menggambarkan cerita hewan, namun novel ini kental dengan aroma politik. Seekor babi tua bernama Major mengumpulkan para binatang untuk menceritakan tentang mimpinya. Namun Major terlebih dahulu mengisahkan tentang kehidupan binatang yang penuh dengan kesengsaraan dan perbudakan.

Setelah sekian lama, Major akhirnya memutuskan untuk melakukan pemberontakan dan berniat untuk menciptakan sebuah dunia di mana binatang akan berkuasa di atas dirinya sendiri. Namun siapa sangka, demokrasi yang dijunjung lama-kelamaan runtuh dan muncul beberapa kubu yang berusaha untuk saling menggulingkan.

Pride and Prejudice | Jane Austen

Foto: www.bookdepository.com

Setelah Mr. Bennet meninggal dunia, keluarga Bennet kini tidak memiliki satu pun sosok laki-laki. Pasalnya, keluarga ini memiliki lima putri yang terdiri dari Jane, Elizabeth ‘Lizzie’, Lidya, Kitty, dan Mary. Selama ini, hasil dari bertani dan menyewakan lahan adalah sumber pemasukan mereka.

Untuk bisa bertahan hidup, Mrs. Bennet pun berusaha untuk menjodohkan kelima anaknya. Sayangnya, lamaran seorang pria kaya bernama Mr. Darcy baru saja ditolak oleh Lizzie. Soalnya, Lizzie menganggap bahwa Mr. Darcy merupakan pria yang kejam dan tidak berperikemanusiaan. Harga diri Lizzie juga telah terluka ketika pria tersebut berkata bahwa keluarga Bennet tidak setara dengannya.

Candide | Voltaire

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Selama hidupnya, Candide telah mengalami berbagai peristiwa kehilangan dan kemalangan. Suatu ketika Candide melihat Pangloss, seorang guru filsafat yang tengah memberikan pelajaran fisika pada seorang pelayan kamar. Berkat kejadian tersebut, Candide pun pulang dengan perasaan menggebu-gebu untuk menjadi seseorang yang berilmu dan memiliki jiwa optimis.

Apalagi ketika ia diusir dari kastil karena jatuh cinta pada majikannya yang bernama Cunegonde, Candide masih berpikir positif bahwa memang begitulah seharusnya terjadi. Sejak kejadian itu, ia pun melakukan perjalanan keliling dunia untuk menemukan kebenaran terkait pemikirannya yang selalu diajarkan oleh Pangloss.

The Screwtape Letters | C.S. Lewis

Foto: www.goodreads.com

Kumpulan surat-surat ini ditulis oleh “Screwtape” seorang iblis senior yang ditujukan kepada “Wormwood”, iblis junior yang baru lulus dan sedang menjalankan tugasnya untuk pergi ke bumi. Sang iblis senior terus-menerus memberikan petuah, salah satunya adalah menjauhkan ‘pasien’ dari Tuhan dengan berbagai macam cara.

Mulai dari pergaulan dengan orang lain, hubungan dengan orang tua, doa, dan ketika memilih pasangan hidup, langkah-langkah ini terus dilakukan oleh iblis junior. Bagi C.S Lewis, The Screwtape Letters merupakan cerita satire dengan kisah yang terus dialami oleh masyarakat modern saat ini.

The Nose | Nikolai Gogol

Foto: www.goodreads.com

Suatu pagi, seorang tukang cukur bernama Ivan Yakovlevich bangun dan mendapati istrinya sedang membuat roti panggang. Namun ajaibnya, Ivan dan istrinya terkejut ketika mendapati sebuah hidung di dalam roti. Karena panik, Ivan pun melemparkan hidung tersebut ke sebuah sungai.

Sayangnya, seorang polisi melihat perilaku Ivan. Saat ia mencoa untuk menyuap petugas kepolisian untuk tidak menyebarkan berita ini, sang petugas justru mengatakan bahwa ia telah menerima cukup banyak suap dari orang lain.

The Seagull | Anton Chekhov

Foto: www.amazon.com

Sebagian orang merasa tidak puas dengan kehidupan mereka. Beberapa menginginkan kesuksesan dan beberapa menginginkan kejeniusan. Namun sayangnya, tidak ada seorang pun yang mungkin merasa bahagia atas pencapaiannya. Begitu juga yang dirasakan oleh Masha, karena ia tidak pernah merasa senang atas kehidupannya.

Karena hal tersebut, Masha menjadikan hitam sebagai warna pakaian yang selalu ia kenakan setiap harinya. Pasalnya, ia tidak bisa membalas kasih sayang dari Medvedenko, karena Masha telah mencintai Konstantin yang jatuh cinta pada tetangganya yang cantik.