Ternyata, Setidaknya Ada 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

kayu manis
Foto: www.unsplash.com

Pecinta oatmeal dan smoothies pasti akrab dengan cinnamon. Selain membuat racikan oatmeal enak dan cantik difoto, ada banyak manfaat kayu manis.

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomum. Rempah-rempah ini mengandung vitamin B dan K, antioksidan choline, beta-carotene, alpha-carotene, likopen, dan beta-cryptoxanthin. Dengan kandungan yang beragam, manfaat cinnamon juga dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Apa sajakah manfaat kayu manis? Baca penjelasannya di bawah ini, plus tips mengolahnya.

Apa Saja Jenis Kayu Manis?

Foto: www.pexels.com

Ceylon Cinnamon

Cinnamon dengan jenis ini memiliki kualitas yang tinggi sehingga jarang ditemukan di pasaran. Hal ini karena proses pengolahan ceylon yang dilakukan dengan sangat hati-hati dan tanpa bantuan mesin. Ceylon juga memiliki aroma dan cita rasa yang lembut serta halus sehingga sering disebut sebagai kayu manis asli.

Cassia Cinnamon 

Jenis rempah-rempah yang satu ini sering ditemui di pasaran. Cassia dibuat dengan mengekstraksi bagian dalam dari kulit cinnamon dan ketika mengering, kayu manis ini akan membentuk lembaran yang menggulung. Kemudian dikemas dalam bentuk bubuk berwarna merah kecokelatan.

Apa Manfaat Mengonsumsi Kayu Manis?

kayu manis
Foto: www.freepik.com

1. Kaya antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam cinnamon mengandung antioksidan kuat seperti polifenol. Dalam sebuah penelitian membandingkan antioksidan yang terkandung dalam 26 jenis rempah-rempah dan kayu manis menjadi yang paling kuat bahkan mengalahkan bawang putih dan oregano. Sehingga cinnamon dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang alami.

2. Anti-Inflamasi

Cinnamon dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Untuk itu, antioksidan yang terkandung dalam rempah-rempah yang satu ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit yang diderita.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian dini yang paling umum di dunia. Pada penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi satu gram atau setengah sendok teh cinnamon setiap hari dapat memberikan efek yang menguntungkan pada darah. Rempah-rempah ini juga mengurangi tingkat kolesterol total, menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kolesterol baik agar tetap stabil.

4. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Insulin merupakan salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi pada tubuh. Hormon ini juga penting untuk mengangkut gula darah dan mengalirkannya ke sel-sel di tubuh. Namun terdapat sebagian orang yang kebal akan insulin atau yang dikenal dengan resistensi insulin seperti gejala pada diabetes tipe 2. Untuk itu cinnamon dapat mengurangi resistensi insulin dan membantu hormon penting untuk melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, rempah-rempah ini dapat menurunkan gula darah.

5. Menurunkan kadar gula darah

Cinnamon dapat menurunkan gula darah dengan menurunkan jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah kamu mengonsumsi makanan. Selain itu, senyawa dalam rempah-rempah ini dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Dalam beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29%. Dosis efektif untuk mengonsumsi kayu manis yakni sekitar satu hingga dua sendok teh per hari.

6. Bermanfaat pada penyakit neurodegenerative

Penyakit neurodegenerative ditandai dengan hilangnya stuktur atau fungsi sel otak secara progresif, dua jenis yang paling umum dari penyakit ini adalah Alzheimer dan Parkinson. Dua senyawa yang ditemukan dalam rempah-rempah ini dapat menghambat penumpukan protein pada otak, yang merupakan salah satu ciri penyakit Alzheimer. 

7. Melindungi dari kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kayu manis telah banyak dipelajari dalam pencegahan dan pengobatan kanker salah satunya kanker usus besar. Salah satu temuan menunjukkan bahwa rempah-rempah ini mengaktifkan respon antioksidan pelindung di sel usus besar manusia

8. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama dalam kayu manis, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Sehingga rempah-rempah ini terbukti efektid mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. 

Bagaimana Cara Mengolah Kayu Manis?

Foto: www.pexels.com

Teh untuk menurunkan gula darah

Mengonsumsi kayu manis dapat membantu menjaga kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. Untuk itu kamu dapat mengolah cinnamon menjadi minuman dengan membuat teh kayu manis. Siapkan kayu manis yang memiliki warna cokelat kehitaman dan aroma yang khas, kemudian tempatkan satu batang cinnamon ke dalam cangkir dan tuangkan air panas ke dalam cangkir. Biarkan selama 10 menit, kemudian masukkan teh kantong ke dalam gelas selama 1-2 menit. 

Scrub untuk kulit kering

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kayu manis juga memiliki dampak yang baik untuk kulit. Rempah-rempah ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulitmu menjadi lembut. Pemilik kulit kering dapat membuat olahan cinnamon untuk dijadikan sebagai scrub. Campurkan garam, minyak zaitun, minyak almond, madu, dan cinnamon bubuk dan kemudian aduk hingga rata. Setelah itu kamu dapat mengoleskan campuran ini ke kulitmu dan menggosokkannya segara perlahan.

Bumbu masakan untuk pencernaan

Setelah makan, kadar gula darah akan naik seiring dengan pengosongan lambung, untuk itu cinnamon dapat memperlambat proses kenaikan kadar gula darah. Kamu dapat menambahkan satu sendok teh kayu manis ke dalam makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. 

Masker untuk menyembuhkan jerawat

Memiliki antioksidan dan antibakteri membuat cinnamon dapat dimanfaatkan untuk melawan jerawat pada wajah. Rempah-rempah ini akan membantu melancarkan aliran darah ke kulit. Kamu cukup mencampurkan madu dengan bubuk cinnamon dengan perbandingan 3:1. Kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada kulit. Perlu diingat bahwa kamu hanya diperbolehkan untuk menggunakan masker ini secukupnya dengan pemakaian selama sekali dalam seminggu.

Sup kayu manis untuk meredakan flu

Selain mengolahnya menjadi teh, cinnamon juga dapat ditambahkan ke dalam sup untuk meringankan gejala flu. Caranya cukup mudah, kamu perlu menyiapkan bubuk kayu manis kemudian menggunakannya sebanyak sebanyak satu sendok teh, lalu tambahkan ke dalam sup yang akan dimakan.

Masker untuk menutrisi kulit

Dengan memiliki sifat antibakteri dan jamur, cinnamon dapat membantu menutrisi kulit wajahmu. Caranya cukup mudah, campurkan pisang, bubuk kayu manis, yoghurt tawar, dan jus lemon kemudian aduk hingga rata. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kesimpulan

Foto: www.unsplash.com

Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat. Meski begitu, rempah ini perlu dikonsumsi dalam batas wajar. Hal ini guna mencegah timbulnya efek samping dari penggunaan cinnamon. Rempah-rempah ini mengandung cinnamaldehyde yakni senyawa yang dapat memicu reaksi alergi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sehingga dapat menimbulkan sariawan, lidah atau gusi yang bengkak, dan bercak putih di mulut. 

Selain itu, mengonsumsi cinnamon jenis cassia secara berlebihan dapat menjadi racun, terutama ketika kamu memiliki masalah hati. Bagi penderita diabetes, konsumsi kayu manis juga perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mencegah munculnya penyakit lain yang tidak diinginkan.

Selanjutnya: 6 Manfaat Alpukat untuk Kamu