FYI, Bumbu Dapur Ini Bisa Membantu Menstabilkan Gula Darah

manfaat kayu manis
Foto: www.freepik.com

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, di 2014, kira-kira 8,5% orang dewasa berusia 18 tahun dan lebih tua memiliki diabetes. Dan sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Journal of the Endocrine Society menemukan bahwa ada sebuah bumbu dapur yang bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Perkenalkan: manfaat lain kayu manis.

Para peneliti dari Joslin Diabetes Center di Boston menganalisa 51 orang dewasa dengan kondisi prediabetes selama 12 minggu. Yakni, kondisi kesehatan serius di mana level gula darah lebih tinggi dari normal. Namun belum terlalu tinggi untuk didiagnosa sebagai diabetes tipe 2.

Para partisipan ini diberikan suplemen kayu manis atau pil plasebo tiga kali sehari. Suplemen ini mengandung 300 mg ekstrak kayu manis dan 200 mg bubuk Cinnamomum burmannii. Jadi, secara total, diberikan 500 mg kayu manis atau kurang lebih satu sendok teh.

Oh, Cinnamomum burmannii (atau Cinnamomum burmanni), atau dikenal dengan nama kayu manis Indonesia, adalah salah satu jenis also kayu manis yang ada di bumi ini. Yep, kayu manis memiliki tipe yang berbeda-beda-beda.

Setelah membandingkan hasil grup kayu manis dan grup plasebo, para peneliti menemukan bahwa kayu manis memiliki manfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada partisipan. Tidak hanya menstabilkan level gula darah, kayu manis juga berkhasiat meningkatkan respons tubuh terhadap karbohidrat.

“Studi 123 minggu kami memperlihatkan efek baik dari menambahkan kayu manis ke dalam diet untuk menjaga level gula darah tetap stabil di antara partisipan dengan pradiabetes,” kata Giulio Romeo, M.D, dalam sebuah rilisan pers.

Meski studi ini bersifat pendek dan berskala kecil, tapi sepertinya manfaat kayu manis menjanjikan. Itulah sebabnya, para peneliti berharap bisa melakukan studi yang lebih lama dan lebih besar untuk mengetahui apakah kayu manis bisa mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Jadi, pastikan menambahkan satu-dua sendok teh kayu manis di menu sarapan atau masakanmu selanjutnya, ya.

Selanjutnya: Ini 13 manfaat baking soda yang wajib kamu tahu.

podcast button