6 Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh (Termasuk Menghilangkan Jerawat)

Manfaat bawang putih
Foto: www.pexels.com

Ugh, aroma kuat yang dihasilkan dari bawang putih memang sangat menyengat. Meski begitu, jenis bawang yang satu ini ternyata dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Uh-uh.

Tidak heran, banyak orang yang senang mengonsumsi bahan makanan ini walaupun pada akhirnya akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Apa sebenarnya manfaat bawang putih bagi kesehatan kita? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Apa Manfaat dari Bawang Putih?

Manfaat bawang putih
Foto: www.pexels.com

Meski memiliki bau yang menyengat, makanan yang satu ini ternyata dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Mencegah penyakit

Manfaat bawang putih yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengobati beragam masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, dan berbagai jenis kanker. Selain itu, jenis bawang yang satu ini juga dianggap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Suplemen bawang putih mentah dan bawang putih utuh mengandung senyawa allicin yang dapat mengendurkan otot polos di pembuluh darah, sehingga setelah otot-otot tersebut rileks maka pembuluh darah akan membesar dan menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kadar kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah, garlic juga dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis, yaitu kondisi di mana plak yang mengandung kolesterol akan menumpuk di arteri yang dapat mengeras dan menyempit sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Menurunkan risiko kanker

Meski tidak menyembuhkan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Serta ditemukan hubungan antara diet bawang putih dengan risiko rendah dari kanker perut, usus besar, kerongkongan, pankreas, dan payudara.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Menghilangkan Kerutan di Wajah

Membantu menyembuhkan flu

Ketika terjangkit flu pastinya kita akan merasakan kesulitan untuk beraktvitas, namun ternyata hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang putih. Karena bawang putih dikenal dengan kekuatannya yang dapat membunuh virus flu biasa.

Mengatasi jerawat

Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang berasal dari allicin. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mengurangi pembengkakan dan peradangan, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan vitamin C, citamin B-6, selenium, tembaga, dan seng ini juga dapat berfungsi untuk memerangi jerawat.

Apakah Mengonsumsi Bawang Putih dapat Menimbulkan Risiko?

Foto: www.rawpixel.com

Selain bau mulut atau perut yang menjadi kembung, risiko dari mengonsumsi bawang putih adalah sangat rendah. Karena biasanya bawang putih dapat menyebabkan bau badan dan sakit perut bagi beberapa orang.

Jika tidak menyukai aroma bawang putih yang dapat membuat nafas menjadi bau, maka kamu bisa membantu menangkalnya dengan mengonsumsi apel atau cuka apel yang dicampur dengan air dan madu.

Sementara itu, menggunakan bawang putih untuk membantu mengobati masalah-masalah kulit seperti jerawat dan pori-pori tersumbat, juga memiliki risiko yang kecil. Namun sebuah penelitian menemukan adanya potensi efek samping dari penggunaan bawang putih secara topikal, yakni:

  • iritasi atau ruam
  • reaksi alergi
  • dermatitis zosteriform
  • pembengkakan dan kemerahan

Untuk menghindari adanya efek samping yang muncul, ada baiknya melakukan uji coba sebelum mengoleskan bawang putih secara langsung pada wajah.

Bagaimana Mengonsumsi Bawang Putih yang Tepat?

Foto: www.unsplash.com

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari bawang putih, maka cobalah untuk menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan. Seperti mengonsumsi jus yang terdiri dari empat siung bawang putih yang dicampur dengan dua tomat dan satu buah lemon.

Baca Juga :  8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kulit dan Tubuh

Setelah itu kamu bisa menyimpan jus atau smoothie lezat ini di lemari es. Kemudian minumlah jus ini setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan, baik dalam tumis sayur atau memadukannya dengan humus.

Bagaimana Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Kulit?

Manfaat bawang putih
Foto: www.pexels.com

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kulit, maka kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, yakni:

Penggunaan topikal

Jika kamu ingin menggunakan bawang putih secara langsung pada kulit, maka siapkan 3 sampai 4 siung bawang putih, lalu tumbuh hingga halus. Setelah itu oleskan langsung ke area kulit yang berjerawat dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian kamu bisa membilasnya dengan air.

Bawang putih dan air

Jika kulitmu terasa sedikit sensitif jika mengoleskan bawang putih secara langsung, maka kamu dapat menambahkan air untuk membuatnya menjadi encer. Cobalah untuk memotong secara cincang 2 siung bawang putih, kemudian mencampurkannya dengan 1 sendok makan air biasa atau air mawar. Lalu oleskan ke area wajah berjerawat dan setelah menunggu hingga beberapa menit maka kamu bisa membilasnya dengan air.

Jus bawang putih mentah

Untuk membuat jus bawang putih, kamu bisa menghaluskan 5 siung bawang putih, lalu tambahkan cengkeh yang telah ditumbuk. Kemudian gunakan kain tipis untuk memeras air, dan oleskan jus di wajah berjerawat. Setelah didiamkan selama 10 menit, maka kamu bisa mulai membilasnya dengan air.

Bawang putih dan yoghurt

Masker bawang putih yang dicampur dengan yoghurt dapat membantu proses pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Untuk membuatnya, campurkan 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan yoghurt. Setelah itu, oleskan campuran masker dan memijatnya secara perlahan. Tunggu hingga beberapa menit sebelum membilasnya dengan air.

Baca Juga :  Minum Teh Hijau dan Kopi Sebanyak Ini Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Akibat Diabetes

Bawang putih dan madu

Untuk mengatasi kulit berjerawat, kamu bisa membuat masker wajah bawang putih dengan campuran madu. Haluskan 3-4 siung bawang putih, lalu campur dengan 1 sendok teh madu manuka.

Jika menginginkan hasil yang lebih efektif, kamu juga bisa menambahkan ¼ sendok teh bubuk kunyit. Setelah semua bahan tercampur rata, maka saatnya mengoleskan masker ke area wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Setelah itu jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air.

Bawang putih dan lidah buaya

Masalah-masalah yang muncul pada kulit sepeti jerawat, pori-pori yang tersumbat, ternyata bisa diatasi dengan perawatan topikal bawang putih dan lidah buaya. Untuk menggunakannya, cobalah campur 2 sampai 3 siung bawang putih dengan ½ gelas air, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, tambahkan 1 sendok teh gel lidah buaya lalu oleskan campuran ke area wajah yang bermasalah. Kemudian biarkan hingga mengering sebelum kamu membilasnya.

Bawang putih dan cuka sari apel

Cuka sari apel juga dapat membantu mengatasi jerawat jika dikombinasikan dengan bawang putih. Untuk membuatnya, campur 1 sendok cuka sari apel dengan 1 sendok penuh air. Lalu haluskan 5 siung bawang putih parut, dan biarkan selama 10 menit.

Setelah mendapatkan air perasaan bawang putih, kemudian kamu bisa mencampurkannya dengan cuka apel dan air yang telah disiapkan. Oleskan dengan menggunakan kapas pada bagian wajah berjerawat, dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya.