Apakah Infused Water Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Ahli Gizi

infused water untuk diet
Foto: www.canva.com

Mengonsumsi infused water merupakan salah satu cara yang dipilih banyak orang untuk diet. Namun, apakah infused water benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan?

Untuk itu, LIMONE telah menghubungi Rindra Prameswari Sampadha Putri, S.Tr.Gz, seorang ahli gizi di Gizi Nusantara, yang akan menjawab manfaat mengonsumsi infused water untuk diet.

Apa itu Infused Water?

infused water untuk diet
Foto: www.canva.com

Air merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Setiap orang perlu minum air putih setiap hari.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika mengonsumsi air putih, seperti dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan menurunkan berat badan.

Selain itu, mencegah terjadinya gangguan pencernaan, menjaga konsentrasi, bagus untuk kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Pada orang dewasa, disarankan minum air putih sekitar delapan gelas dengan ukuran 230 ml atau total 2 liter per hari. Namun, tidak semua orang menyukai minum air putih karena rasanya yang tawar.

Untuk menyiasatinya, kini air putih juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis buah atau sayur yang disebut infused water. Jenis minuman satu ini sudah menjadi tren gaya hidup yang banyak diminati oleh masyarakat.

Infused water adalah air yang dicampur dengan potongan buah, sayur, atau rempah-rempah. Setelah dicampurkan biasanya akan dimasukkan ke dalam lemari es  1-8 jam dengan tujuan air yang di konsumsi memiliki cita rasa yang enak,” ucap Rindra.

Bahan yang digunakan untuk membuat infused water bisa beragam, salah satunya adalah buah. Hal tersebut karena buah memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

“Stroberi, jeruk, mangga, timun, daun mint, apel, jahe, lemon, madu. Bisa pilih bahan-bahan yang disukai,” ucap Rindra.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Ketika Mengonsumsi Air Putih Jenis Ini?

infused water untuk diet
Foto: www.canva.com

Seseorang mengonsumsi infused water tentunya memiliki tujuan, yakni agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

“Manfaat minum infused water yakni dapat memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh, di mana seseorang dianjurkan mengonsumsi 8 gelas atau 2 liter sehari. Selain itu, minum infused water juga agar saluran penceraan terjaga karena buang air besar menjadi lancar, hingga dapat mencegah penuaan dini,” jelas Rindra.

Apakah Infused Water Bagus untuk Diet?

Apakah Infused Water Bagus untuk Diet | | Apakah Infused Water Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Ahli Gizi
Foto: www.canva.com

Ketika sedang menjalani program diet, perlu melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi infused water.

Infused water membantu secara tidak langsung untuk diet penurunan berat badan, membantu memiliki rasa kenyang yang lebih lama. Karena mengonsumsi air yang cukup sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi,” ucap Rindra.

Apakah Ada Efek Samping Mengonsumsi Infused Water untuk Diet?

Apakah Ada Efek Samping Mengonsumsi Infused Water untuk Diet | | Apakah Infused Water Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Ahli Gizi
Foto: www.freepik.com

Meskipun infused water diperbolehkan untuk diet, namun perlu mewaspadai adanya efek samping ketika minum infused water.

“Jika dikonsumsi secara berlebihan menggunakan buah tertentu, misalnya lemon, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan mengganggu pencernaan. Maka dari itu, disarankan untuk mengganti pilihan bahan untuk infused water,” jelas Rindra.

Adakah Resep untuk Membuat Infused Water untuk Diet?

infused water untuk diet
Foto: www.canva.com

Jika kamu tertarik untuk minum infused water, kamu dapat membuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapatkan.

Untuk itu, Rindra memberikan beberapa opsi resep membuat infused water dengan mudah, yakni :

  • Opsi 1 : Jeruk nipis + mentimun + daun mint
  • Opsi 2 : Lemon + stroberi + madu
  • Opsi 3 : Apel + lemon + jahe

Kamu bisa memilih salah satu dari tiga opsi tersebut agar tidak monoton. Setelah selesai dibuat, kamu dapat memasukkannya ke dalam kulkas sekitar 1 sampai 8 jam. Lalu, segeralah habiskan infused water.

Selain Infused Water, Adakah Cara Lain untuk Diet?

Selain Infused Water Adakah Cara Lain untuk Diet | | Apakah Infused Water Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Ahli Gizi
Foto: www.freepik.com

Agar membuat program diet berjalan dengan lancar, tidak hanya fokus mengomsumsi infused water saja, melainkan juga menerapkan gaya hidup yang sehat.

“Cara untuk diet menurunkan berat badan tentunya harus menjaga pola makan dengan mengurangi asupan kalori, serta melakukan olahraga secara teratur,” ucap Rindra.

Adapun jenis olahraga yang efektif dapat menurunkan berat badan, seperti dengan berjalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, berenang, pilates, hingga melakukan senam aerobik.

Kamu dapat melakukan olahraga setidaknya 150 menit hingga 250 menit per minggu.

Kesimpulan

Diet dengan Menggunakan Infused Water | | Apakah Infused Water Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Ahli Gizi
Foto: www.canva.com

Setiap orang tentunya ingin memiliki berat badan yang ideal dan sehat. Agar mendapatkan berat badan sesuai yang diinginkan, perlu ada usaha.

Salah satunya adalah melakukan diet dengan menggunakan infused water. Meskipun diperbolehkan, namun tetap memperhatikan batasan penggunaannya.

Jika berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti masalah pada saluran pencernaan, terjadinya asam lambung, diare, hingga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Selain mengonsumsi infused water untuk diet, juga perlu memperhatikan gaya hidup sehari-hari.

Beberapa hal yang dianjurkan untuk mengurangi berat badan, seperti sarapan dengan gizi seimbang dan memperhatikan porsi makan. Usahakan untuk makan sampai tidak merasa lapar, tidur yang cukup, hingga melakukan olahraga secara rutin.