Nutrisi Ini Sangat Penting—Tapi Mungkin Terlupakan di Saat Pandemik

nutrisi penting
Foto: www.istockphoto.com

Bisa jadi fokus kamu saat ini adalah vitamin C karena memang penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Namun, jangan lupakan nutrisi penting lainnya. Di tengah kondisi yang tidak menentu ini, memang sulit menjaga pola makan “sempurna”. Akan tetapi, tetap usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Terutama beberapa nutrisi penting di bawah ini yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh, tapi mungkin sering kita lakukan, karena well… ada banyak hal yang sedang memenuhi benakmu saat ini. Untuk membuatmu tetap ingat, coba tempelkan informasi ini di pintu kulkas.

Magnesium

Nutrisi yang mirip nama kekuatan superhero ini sangat penting dalam proses biokimia di dalam tubuh. Jika kekurangan, biasanya kamu akan merasa cemas, otot nyeri, susah tidur, kram, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya pastikan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan dark chocolate menjadi bagian dari diet sehatmu.

Kalsium

Asal tahu saja kalsium berperan penting dalam memastikan regenerasi tulang terjadi. Dan seperti yang kita tahu, tulang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh dan kesehatan kita secara keseluruhan. Dan biasanya konsumsi kalsium sering ditemukan kurang pada perempuan yang sedang menstruasi, hamil dan menyusui. Di manakah kamu bisa menemukan kalsium? Brokoli, salmon, produk susu, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu, kacang-kacangan adalah beberapa sumber kalsium alami.

Vitamin B-Kompleks

Tahukah kamu bahwa vitamin B-kompleks memiliki pengaruh langsung terhadap level energi dan fungsi otak? Ini dikarenakan vitamin tersebut merupakan unsur esensial dalam berbagai proses biokimia metabolik di dalam tubuh. Agar otak tetap tajam dan energi terjaga (sesuatu yang kamu butuhkan saat semua berita sangat depresif), pastikan menikmati sayuran hijau, kacang-kacangan, polong-polongan secara teratur.

Vitamin D

Ada banyak hal yang bisa terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan vitamin D yang cukup. Bahkan, sejumlah studi menyimpulkan kekurangan vitamin ini bisa meningkatkan risiko depresi, penyakit jantung, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkannya, pastikan kamu terpapar sinar matahari yang cukup. Selain itu, konsumsi makanan seperti telur, ikan, jamur, jus jeruk, susu kedelai, hati sapi, dan keju.

Berhubung makanan sehat sangat penting, terlebih di situasi saat ini, pastikan juga si kecil di rumah menikmati sayuran dan buahan setiap hari. Jika sulit melakukannya, begini tips seorang dokter tentang mendorong anak agar lebih makan sayur dan buah.

podcast button