Ingin Menu Makanan Lebih Bernutrisi? Tambahkan Jamur

jamur
Foto: www.rawpixel.com

Jamur mungkin memang bukan makanan paling Instagrammable sedunia, tapi jangan anggap enteng nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebuah riset baru yang diterbitkan di Food Science & Nutrition bulan lalu menemukan bahwa menambahkan jamur ke dalam menu makanan bisa meningkatkan asupan beberapa jenis mikronutrien, termasuk vitamin D. Berita baiknya lagi: tanpa terjadi penambahan kalori, sodium atau lemak. (Yang sedang ingin menurunkan berat badan pasti (ehem) histeris.)

Dalam riset ini, Dr. Victor L. Fulgoni III and Dr. Sanjiv Agarwal, meninjau data survei National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2011-2016 dan mengamati efek penambahan mushroom pada pola makan. Tipe jamurnya yang digunakan adalah jamur putih, cremini, portabello dan tiram. Satu skenario melibatkan mushroom yang terpapar sinar UV. Sementara skenario lain menggunakan jamur tiram untuk partisipan usia 9-8 tahun dan 19+.

Hasilnya? Ada beberapa yang menarik:

  • Menambahkan 84 gram mushroom mencegah kekurangan nutrisi seperti potassium dan serat. Terutama, jika rasio campuran jamur putih, cremini dan portabella 1:1:1: dan jamur tiram.
  • Memasukkan 84 gram mushroom ke dalam makanan meningkatkan asupan serat (5%-6%), tembaga 24%-32%, fosfor (6%), potassium (12%-14%). Selain itu, selenium (13%-14%), seng (5%-6%), riboflavin (13%-15%), niacin (13%-14%), dan kolin (5%-6%), baik pada remaja dan dewasa. Tidak menambah kalori, karbohidrat, lemak atau sodium.
  • Ketika jamur tersebut terpapar sinar UV bisa menyediakan 5 mcg vitamin D per porsi.
  • Mengonsumsi jamur biasa yang terpapar sinar UV bisa menurunkan kekurangan vitamin D pada grup usia 9-18 tahun (95.3% ke 52.8%) dan usia 19+ (94.9% ke 63.6%).

Apa artinya ini? Silakan menambahkan mushroom ke dalam menu sarapan, makan siang atau makan malam. Apalagi vitamin D dikenal bisa meningkatkan kekebalan tubuh, yang sangat penting terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga :  Hidung Tersumbat, Pilek, Tenggorokan Gatal? Minum Madu!

Selanjutnya: Apa sebenarnya manfaat teh hijau bagi kesehatan? Seorang dokter gizi menjelaskan keampuhan dan cara penyajian teh hijau yang benar. Dan, baca penjelasan manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.