Vitamin C Tidak Hanya Ada di Jeruk, Makanan Sehat Ini Juga Penuh Vitamin Ini

makanan sehat penuh vitamin C
Foto: www.shutterstock.com

Setelah mengetahui bahwa vitamin C penting untuk menjaga kekebalan tubuh (tapi tidak berarti mencegah COVID-19), ini saatnya untuk memastikan asupannya terpenuhi setiap hari. Dan yep, jeruk bisa dibilang “brand ambassador” vitamin C, tetapi ada banyak makanan sehat lain yang juga mengandung vitamin C. Ini artinya, jika kamu tidak berhasil mendapatkan jeruk di supermarket, ada solusi lain untuk memenuhi asupan vitamin C. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang penuh dengan vitamin C.

Brokoli

Saat ibu di rumah bersikeras kamu menghabiskan brokoli di atas piringmu—sepertinya beliau tahu sesuatu. Yakni, bahkan 3 ons brokoli mengandung 78mg vitamin C dan juga vitamin E, K, zat besi dan zink yang baik untuk mengoptimalkan imunitas tubuh.

Jambu Biji

Jika besok tukang sayur menawarkan kamu untuk membeli jambu biji—atau melihat tumpukan jambu di supermarket—sebaiknya beli. Pasalnya, satu gelas jambu biji mengandung 377mg vitamin C. Banyak, ya?

Kiwi

Terkadang memang memakan buah ini seperti ikut kontes “siapa beruntung, dia dapat”. Pasalnya, tak jarang rasanya sedikit asam (memang sih, tergantung jenis dan harga). Akan tetapi, bahkan ketika rasanya kecut, ingat ini: buah hijau ini mampu mengaktivitasi lima sistem pertahanan di dalam tubuh. Yakni, angiogenesis (proses pembentukan pembuluh darah baru), regenerasi, perlindungan DNA, kekebalan tubuh, dan pemeliharaan mikrobiom usus. Tidak heran jika buah ini termasuk superior, plus mengandung 74,7mg vitamin C, dan nutrisi penting seperti serat, potasium, dan antioksidan.

Paprika Merah Manis

Di dalam satu paprika merah besar mengandung 209mg vitamin C dan 117mg dalam satu porsi (satu gelas). Jadi, pastikan memasukkan sayuran ini ke dalam menu harian, termasuk jika akhir-akhir ini warna makanan di piringmu selalu terlihat cokelat dan pastel.

Grapefruit

Sama seperti saudara sepupu jauhnya yang bernama jeruk, buah ini juga dipenuhi vitamin C. Memang sih, rasanya tidak semanis jeruk, tapi ada banyak manfaat baik dari menikmati rasa pahit dan asamnya. Faktanya, setengah grapefruit mengandung 38,4mg vitamin C dan 1,97 gram serat sehingga bisa membantu kesehatan pencernaanmu.

Jika itu makanan yang bisa mememenuhi asupan vitamin C harianmu, maka ini adalah makanan yang bisa membuat kulitmu glowy.