Selain Enak, Ada 8 Manfaat Kolang Kaling Yang Baik Bagi Kesehatan

manfaat kolang-kaling bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Ketika udara sangat panas dan gerah, terkadang kita membutuhkan makanan segar dan terasa lezat, salah satunya dengan mengonsumsi kolang-kaling. Hebatnya, ternyata ada juga manfaat kolang kaling bagi kesehatan.

Mulai dari karbodhirat, protein, serat, dan sederet vitamin serta mineral, menjadikan banyak manfaat kolang kaling bagi kesehatan. Baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah dehidrasi.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk mengetahui berbagai manfaat kolang kaling bagi kesehatan, terutama untukmu yang gemar mengonsumsinya.

Apa Itu Kolang-kaling?

manfaat kolang-kaling bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Makanan berwarna putih bening dengan bentuknya yang padat dan sedikit kenyal ini merupakan buah pohon aren.

Biasanya, kebanyakan orang akan mencampurkan kolang-kaling ke dalam es buah atau mengolahnya menjadi hidangan yang enak.

Sering disebut sebagai buah atap atau sugar palm fruit, kolang-kaling memiliki nama ilmiah Arenga pinnata, makanan ini juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya yang banyak, maka terdapat sederet manfaat kolang kaling bagi kesehatan.

Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram kolang-kaling:

  • Kalori: 33
  • Lemak: 0.\,21 gram
  • Karbohidrat: 8,31 gram
  • Protein: 0,39 gram
  • Kalium: 81 mg
  • Sodium: 1 mg

Selain itu, ada juga berbagai nutrisi di dalamnya seperti serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, hingga sederet antioksidan lainnya.

Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

apa saja manfaat kolang kaling bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Karena kandungan nutrisi yang beragam, maka tak heran jika ada berbagai manfaat kolang kaling bagi kesehatan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat kolang kaling bagi kesehatan adalah dapat memperlancar pencernaan. Hal ini berkat kandungan serat yang ada di dalam buah pohon aren ini, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi kolang-kaling saat mereka mengalami sembelit.

Baik untuk kulit

Selain rasanya lezat dan menyegarkan, ternyata kolang-kaling juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak buah kolang-kaling dapat membantu mencerahkan dan memiliki efek anti-penuaan, ini semua berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Oleh karenanya, sangat baik untuk mengonsumsi buah kolang-kaling dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Mengendalikan gula darah

Serat yang terkandung di dalam kolang kaling juga mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Hal ini karena senyawa polisakarida galactomannan yang dapat menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit diabetes.

Meski bermanfaat, namun tetap perlu penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitas dari kolang-kaling untuk mengontrol kadar gula darah.

Mendukung kesehatan tulang

Berkat kandungan air yang sangat tinggi dan kalsium yang tinggi, maka buah yang satu ini diduga dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Berkat hal tersebut, maka mengonsumsi kolang-kaling dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Osteoporosis sendiri adalah kondisi menurunnya kadar kepadatan tulang. Untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut, maka kamu bisa mengonsumsi kolang-kaling dalam kadar yang cukup.

Mencegah dehidrasi

Karena kandungan airnya yang sangat tinggi, maka kolang-kaling bisa membantu memenuhi asupan cairan tubuh, sehingga mencegah dehidrasi.

Beruntungnya, buah dari pohon aren ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Mengobati radang sendi

Senyawa galaktomannan yang ada di dalam kolang-kaling ternyata sering dikaitkan dengan penyakit radang sendi.

Soalnya, kandungan tersebut ternyata dapat membantu meredakan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang sendi.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka olahlah kolang-kaling dengan cara merebusnya tanpa menggunakan gula atau pewarna tambahan.

Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kolang-kaling sebagai pereda nyeri sendi.

Membantu proses metabolisme

Karena kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalium, dan kalsium, serta sederet vitamin lainnya, hal ini menjadikan kolang-kaling memiliki gizi yang cukup lengkap.

Kandungan tersebut dapat bermanfaat dalam membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga nantinya tubuh memiliki jumlah energi yang cukup.

Dapat menurunkan berat badan

Karbohidrat dan serat yang ada di dalam di dalam buah ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, kolang-kaling juga dapat menambah energi pada tubuh.

Untukmu yang ingin menjalankan diet penurunan berat badan, maka mengonsumsi kolang-kaling merupakan salah satu langkah yang bisa dicoba.

Memelihara kesehatan jantung

Tak hanya menjaga kadar gula darah, tenyata senyawa polisakarida galactomannan yang ada di dalam kolang kaling dapat menurunkan tekanan darah serta mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal ini terkait dengan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, salah satunya penyakit jantung.

Kesimpulan

olahan kolang kaling
Foto: www.canva.com

Biasanya kamu akan menemukan olahan kolang-kaling dalam berbagai macam, mulai dari dicampurkan ke dalam es buah hingga ditambahkan dengan pewarna makanan.

Selain rasanya yang lezat, ternyata ada banyak manfaat kolang kaling bagi kesehatan. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pohon aren ini.

Soalnya, kolang-kaling memang mengandung gizi yang beragam, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh.