8 Tips Make Up Ala Korea Yang Mudah Untuk Dicoba

Make up korea
Foto: www.freepik.com

Selain K-drama dan K-pop, ternyata make up Korea juga masih menjadi salah satu yang paling banyak digemari. Alasannya, wajah akan tampak natural dan pastinya lebih awet muda.

Selain itu, produk kecantikan dari negeri gingseng ini juga dibuat secara multifungsi sehingga banyak orang merasa jatuh cinta dengan riasan Korea.  

Namun yang terpenting dalam teknik riasan ini adalah kulit yang lembap dan tampak sempurna. Jika kamu tertarik untuk mencoba untuk tampil seperti Jisoo Blackpink atau Bae Suzy, maka berikut tutorial yang bisa diikuti.

Persiapkan Kulit

Make up korea
CNP Laboratory - Quick Soothing SOS Mask

Orang Korea paling terkenal dengan kulitnya yang bercahaya dan lembap secara alami. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga kelembapan kulitmu di siang dan malam hari.

Jika kamu merasa bahwa memiliki kulit yang kering, maka cobalah menggunakan sheet mask yang akan membuat wajah terasa lebih lembap.

Penggunaan face mist juga menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa kulitmu tetap terhidrasi dan bercahaya. Karena make up Korea identik dengan riasan yang natural, maka umumnya mereka akan lebih fokus merawat kulit yang dapat memberikan efek cerah dan bercahaya tanpa menggunakan riasan.

Maka sangat penting untuk melakukan rutinitas perawatan kulit wajah yang cocok sebelum mempelajari cara melakukan riasan wajah ala Korea.

Aplikasikan Tabir Surya

Etude House - Sunprise Mild Airy Finish

Penggunaan tabir surya merupakan salah satu langkah penting sebelum mengaplikasikan teknik riasan apa pun. Apalagi jika tidak bisa menghindari paparan sinar matahari.

Namun saat ini beberapa produk kecantikan telah menghadirkan kandungan SPF di dalamnya, sehingga penggunaan sunscreen sering kali dilewatkan oleh kebanyakan orang.

Akan tetapi, tetap disarankan untuk mengoleskan tabir surya sebelum kamu menambahkan make up pada wajah. Karena banyaknya sunscreen yang ada di pasaran, maka kamu perlu melakukan usaha lebih untuk menemukan produk yang cocok untuk digunakan.

Yang terpenting, wajib hukumnya untuk mengoleskan kembali tabir surya setelah beberapa jam. Karena, perawatan wajah yang satu ini tidak bisa melindungimu sepanjang hari. Jadi jangan lupa oleskan setiap dua jam sekali, apalagi jika kamu beraktivitas di bawah terik matahari.

Serta, pastikan kamu mengaplikasikannya pada seluruh area wajah. Kelopak mata, bawah mata, leher, dan telinga juga jangan sampai terlewat. Sebab bagian tersebut sering kali diabaikan.

Tambahkan BB Cream atau Cushion Compact

Make up korea
MISSHA - Perfect Cover BB Cream
FACE 2 CHANGE - White Cushion BB

Karena tujuan utama dari tutorial make up Korea adalah riasan yang cepat dan mudah, maka kamu perlu menggunakan BB cream atau cushion compact.

Keduanya produk tersebut akan membuat riasan dan perawatan kulit akan menyatu. Sehingga kamu bisa melembapkan kulit dengan menggunakan moisturizer sambil mengaplikasikan BB cream secara bersamaan.

Meski kandungannya ringan, namun produk kecantikan ini menjadi salah satu riasan yang paling dicari. BB cream dan cushion compact juga dapat menutupi noda, sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti foundation.

Pilihlah BB cream atau cushion compact yang dapat menghidrasi kulit dengan baik. Mulailah mengoleskannya secara tipis dan aplikasikan produk ini dengan menepuknya secara perlahan menggunakan beauty blender secara merata pada seluruh area wajah.

Tips penting yang bisa dilakukan adalah mengoleskan BB cream di dekat jendela yang memiliki banyak cahaya alami, agar nantinya kamu dapat melihat seberapa tebal produk yang diaplikasikan.

Bubuhkan Concealer

Make up korea
Kaja - Don’t Settle Concealer

Memiliki noda hitam pada wajah merupakan salah satu masalah umum yang dimiliki oleh banyak orang. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada concealer yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Tak hanya itu, lingkaran mata panda, bekas jerawat, atau kemerahan pada kulit pun bisa diatasi dengan produk tersebut.

Jika kamu ingin menonjolkan tulang pipi dan hidung, concealer juga bisa menjadi solusinya. Pilihlah produk yang satu tingkat lebih terang, kemudian aplikasikan secara perlahan.

Tambahkan Riasan Mata

Make up korea
HOLIKA HOLIKA - Gudetama Lazy & Joy Eye Palette Eyeshadow
CLIO - Sharp So Simple Waterproof Pencil Liner

Pada make up Korea, riasan mata menjadi titik utama dari penampilan. Untuk itu, tak jarang orang-orang akan lebih memaksimalkan tampilan mata.

Pada penggunaan eyeshadow, orang Korea biasanya lebih senang untuk menjaga warna kelopak mata seminimal mungkin. Karena mereka lebih menyukai tampilan yang alami.

Untuk itu, kamu bisa menambahkan warna-warna netral atau terang, seperti cokelat, merah muda, atau coral. Tips memilih eyeshadow yang tepat adalah dengan mengeksplorasi dan menemukan warna yang sesuai dengan warna kulitmu.

Sementara pada eyeliner, cobalah untuk menggunakan warna cokelat yang akan membuatmu tampil lebih lembut dan alami. Sebab, warna hitam cenderung akan terlihat kasar dan garang.

Jangan lupa gunakan penjepit bulu mata untuk membuatnya tampak lebih lentik, dan pilihlah maskara yang tahan air.

Perhatikan Alis Mata

Pinkiou - Professional Slant Tip Eyebrow Tweezers

Ternyata, alis juga memiliki peran besar dalam membentuk wajah. Biasanya, Korean make up look memiliki alis yang lurus dengan sedikit lengkungan di bagian ujungnya. Tak jarang, beberapa aktris Korea juga memiliki lengkungan yang lebih alami sehingga dapat membingkai wajah mereka.

Jika kamu merasa bahwa alis lurus akan cocok untuk diaplikasikan, maka cobalah untuk mencabut rambut alis dan membentuknya secara perlahan. Kemudian mulai mengisi alis dengan sapuan ringan, dan biarkan membentuk lancip ke satu titik.

Jangan Lupakan Blush On

Make up korea
EGLIPS - Cheek Fit Blusher

Selanjutnya, kamu perlu menambahkan kecerahan alami pada wajah. Untuk melakukannya, cobalah untuk membubuhkan perona pipi yang berbentuk bubuk, krim, atau cair.

Namun untuk pemula, ada baiknya menggunakan blush on dengan tekstur bubuk karena akan lebih mudah untuk dibaurkan.

Oleskan produk ini dari titik tinggi pipi atau yang biasa disebut sebagai apel pipi, kemudian bawa ke arah pelipis. Umumnya, orang Korea akan menggunakan perona pipi warna coral atau rose pink untuk melengkapi warna kulit mereka.

Selain itu, bisa juga kamu mengaplikasikan banyak warna, sehingga membuat pipi terlihat lebih bercahaya.

Akan tetapi, jika ini pertama kalinya kamu ingin mengaplikasikan make up Korea, maka disarankan untuk menambahkan lebih sedikit warna kemudian mulai ditingkatkan secara perlahan-lahan.

Karena sejatinya lebih mudah untuk menambahkan blush on dibanding harus menghapusnya. Selain itu, jangan ragu untuk menggunakan jari untuk membaurkan pigmen warnanya.

Saatnya Menggunakan Lipstik

PERIPERA - Ink Airy Velvet

Tren ombre lips hingga saat ini masih menjadi populer untuk diaplikasikan. Teknik tersebut akan membuat bibirmu terlihat lebih penuh dan pastinya terlihat menggoda.

Jika kamu ingin mencobanya, maka cukup gunakan warna yang lebih gelap pada bibir bagian dalam. Lalu gunakan kuas lipstik, cotton bud, atau jari untuk membaurkannya ke luar agar menciptakan efek gradasi.

Karena digemari oleh banyak orang, produsen lipstik pun mulai menghadirkan produk dua nada akan membantumu untuk mendapatkan tampilan gradiasi. Sebuah tips khusus untukmu saat ingin tampil dengan ombre lips adalah menambahkan sedikit concealer pada bibir sebelum kamu mulai mengaplikasikan teknik dua warna.

Nantinya, gradasi warna akan terlihat lebih jelas dan kontras. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi tampilan dengan lip gloss bening yang akan membuatnya terlihat lebih segar dan sempurna.