12 Drama Korea Bertema Kerajaan Terbaik

drama korea kerajaan
Foto: Istimewa

Drama Korea selalu menyajikan cerita yang menarik bagi para penggemar. Selain drama percintaan yang romantis, salah satu serial yang digemari penonton yakni drama dengan latar kerajaan. Pasalnya drama Korea kerajaan banyak dibumbui dengan masalah politik yang digabungkan dengan komedi maupun aksi-aksi yang menegangkan.

Cerita kolosal ini biasanya berlatar pada masa Goryeo atau Joseon, sehingga ketika menontonnya kamu bisa mendapatkan hiburan sekaligus mengetahui sejarah di masa silam. Berikut 12 rekomendasi drama Korea berlatar kerajaan yang dapat kamu tonton di hari libur. 

Mr. Queen (2020)

Foto: www.imdb.com

Mr. Queen mengisahkan Jang Bong Hwa, seorang koki yang hebat namun penuh kesombongan. Karena sebuah insiden yang menyebabkannya tak sadarkan diri, ketika terbangun ia justru berada di dalam tubuh Kim So Yong yang merupakan seorang Ratu. Ia kemudian menjalani hari-harinya sebagai Ratu dan berusaha untuk kembali ke tubuhnya.

Namun sayangnya ia justru terlibat dalam politik kerajaan yang membuatnya menjadi serba-salah. Akankah ia berhasil kembali ke tubuh aslinya atau justru melanjutkan kehidupannya sebagai seorang Ratu? 

Love in the Moonlight (2016)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Drama Korea kerajaan ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Hong Ra On yang menyamar sebagai pria. Ia merupakan seorang penasihat percintaan yang terkenal di masyarakat dengan nama Hong Sam Nom.

Ketika ia menuliskan surat cinta untuk klien, ia bertemu dengan Lee Young, putra Mahkota. Putra mahkota yang tidak menyadari bahwa Ra On adalah seorang wanita, tertarik dengan Ra On dan menunjuk Ra On sebagai kasim. Drama ini diadaptasi dari novel yang berjudul Moonlight  by Clouds karya Yoon Yi Soo. 

Hwarang (2016)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Menceritakan tentang Ratu Jisoo yang membentuk pasukan elit Hwarang untuk melindungi kerajaan Silla. Pasalnya banyak bangsawan yang ingin merebut tahta kerajaan dari Raja Jinheung, anak laki-laki Ratu Jisoo. Khawatir anaknya akan dibunuh, maka sang ratu menyembunyikan Raja Jinheung di luar kerajaan.

Namun Raja Jinheung yang tidak diketahui wajahnya oleh siapapun ini justru bergabung dengan pasukan Hwarang, dengan menyamar sebagai Ji-Dwi. Ia kemudian terlibat dalam cinta segitiga dengan Ah-Ro seorang tabib Hwarang dan Seon-Woo, yang menyamar karena memiliki dendam kepada Raja. 

Kingdom (2019)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Menceritakan tentang putra mahkota bernama Lee Chang, yang melihat bayangan monster yang menyelinap ke istana Raja dan mencium bau busuk dari monster tersebut. Selain itu, ia juga tidak diperbolehkan bertemu dengan ayahnya yang pingsan dan sakit keras. Ia akhirnya mencuri jurnal medis untuk mengetahui keadaan ayahnya.

Untuk menemukan tabib yang mengetahui kondisi Raja, Lee Chan pergi ke luar istana. Namun suatu hari ia justru menemukan suatu bangunan yang dipenuhi oleh mayat. Satu-satunya orang yang selamat adalah tabib bernama Seo-Bi yang mengatakan bahwa mayat-mayat ini sesungguhnya belum mati dan akan segera bangkit menjadi zombie

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Scarlet Heart Ryo merupakan cerita tentang seorang wanita bernama Go Ha Jin dari abad 21 yang tiba-tiba kembali ke masa Dinasti Georyo. Awalnya ia sedang meratapi nasibnya di pinggir danau pada gerhana bulan total, tiba-tiba ia melihat seorang anak kecil yang tenggelam dan ia pun menolongnya, namun ia justru terbawa arus dan tenggelam.

Ketika terbangun, ia justru terjebak dalam tubuh Hae Soo, seorang gadis berusia 16 tahun yang merupakan anggota keluarga istana. Ia pun harus menghadapi para pangeran yang jatuh hati padanya.

The Tale of Nokdu (2019)

Foto: www.imdb.com

Jeon Nok Du adalah seroang laki-laki pintar yang hidup di pulau bersama ayahnya dan kakak laki-lakinya. Suatu hari, datang penyerang yang ingin membunuh Nok Du dan keluarganya. Untungnya Nok Du selamat, ia kemudian mengejar salah satu pembunuh hingga ke ibu kota dan bertemu dengan Dong Dong Joo, seorang wanita yang ingin membunuh Raja.

Namun Nok Du menggagalkan usahanya dan kembali mengejar penyerang. Hingga ia tiba di sebuah desa yang hanya dihuni oleh perempuan, akhirnya ia pun menyamar menjadi seorang perempuan demi mengetahui dalang di balik penyerangan yang dilakukan pada keluarganya. 

The Moon Embarancing the Sun (2012)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Mengisahkan tentang kisah cinta dari Raja Lee Hwon dengan seorang peramal bernama Wol. Mereka bertemu bertemu pertama kali ketika remaja yang saat itu Wol masih bernama Heo Yeon Woo. Hubungan keduanya berlanjut hingga dewasa dan hampir menikah. Sayangnya rencana mereka digagalkan oleh Ibu Suri yang meminta dukun istana untuk membunuh Yeon Woo.

Namun dukun istana menggunakan kemampuan sihirnya dengan membuat Yeon Woo tampak meninggal di hadapan semua orang. Ia membawa Yeon Woo keluar dari Joseon dan menghidupkannya kembali. Yeon Woo kehilangan ingatannya dan menjalani hidup menjadi seorang peramal yang bernama Wol. Delapan tahun kemudian, Wol tidak sengaja bertemu lagi dengan Lee Hwon. 

100 Days My Prince (2018)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

100 Days My Prince berkisah tentang seorang putra mahkota bernama Lee Yool yang menghilang selama 100 hari dari istana. Hal ini bermula ketika dalam kasus percobaan pembunuhan, Lee Yool jatuh ke tebing dan mengalami amnesia. Ia hidup dan berkeliaran menjadi rakyat jelata yang tidak memiliki nama dan identitas.

Ia akhirnya bertemu dengan Hong Shim, seorang detektif swasta di Joseon, yang kemudian merawatnya dan memberinya nama yakni Won Deuk. Masyarakat desa pun meminta agar mereka berdua menikah. Lantas apakah mereka akan menikah dan bagaimana keadaan istana tanpa putra mahkota?

The King in Love (2017)

Foto: www.imdb.com

Drama ini berlatarkan Kerajaan Goryeo, mengisahkan Won yang merupakan putra mahkota Goryeo yang memiliki wajah tampan. Ia berteman dengan Wang Rin yang merupakan pengawalnya. Mereka berdua bertemu dengan Eun Sang, seorang putri dari bangsawan yang akhirnya menjadi teman baik Won dan Wang Rin. Namun pertemanan mereka menjadi berubah setelah Won dan Rin jatuh hati kepada Eun Sang. 

Empress Ki (2013)

drama korea kerajaan
Foto: www.imdb.com

Empress Ki merupakan drama korea yang menceritakan tentang seorang bangsawan cantik bernama Ki Seung Nyang, wanita kelahiran Korea yang menjadi pemimpin dinasti Yuan. Ki memiliki sifat yang bijaksana dalam memimpin, namun hal ini justru menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.

Adalah pria bernama Ta Hwan yang sepanjang hidupnya selalu khawatir dengan Ki yang akan meninggalkannya. Bersama-sama, keduanya telah menyingkirkan musuh-musuh yang melawan kerajaan. Namun Ta Hwan tiba-tiba diracuni oleh pelayan setianya yakni Gol Ta. 

My Sassy Girl (2017)

Foto: www.imdb.com

My Sassy Girl memiliki latar belakang di era Dinasti Joseon. Drama korea ini mengisahkan tentang hubungan percintaan antara pria berhati dingin bernama Gun Woo dan seorang putri dari kerajaan Hyemyung yang sering menyebabkan masalah di istana. Drama ini diadaptasi dari film dengan judul serupa yang telah rilis pada 2001. Selain itu, drama ini merupakan penampilan terakhir dari aktor Joo Won sebelum menjalani wajib militer pada 16 Mei 2017.

Gu Family Book (2013)

Foto: www.imdb.com

Choi Kang Chi merupakan seorang manusia setengah siluman yang lahir dari seorang ibu bernama Seo Hwa yang seorang manusia dan ayahnya, Koo Wol Ryung, yang merupakan seorang siluman penunggu gunung. Wol Ryung bertemu dengan Seo Hwa ketika gadis itu kabur dan membawanya ke gunung. Mereka pun menjadi saling mencintai dan akan menikah.

Wol Ryung juga berniat untuk menjadi manusia. Akankah Wol Ryu berhasil menjadi manusia untuk mewujudkan keluarga yang utuh?