Penyuka Genre Romantis? Ini 12 Rekomendasi Novel Yang Wajib Dibaca

novel romantis
Foto: Istimewa

Selain film, novel romantis juga semakin diminati oleh banyak orang. Sebab biasanya cerita yang diambil menjadi cerminan kisah cinta pada umumnya.

Tak jarang kamu juga bisa terinspirasi dari jalan cerita tersebut. Berikut 12 rekomendasi buku bergenre romantis yang bisa kamu jadikan bahan bacaan minggu ini.    

Bet Me | Jennifer Crusie

Foto: www.jennycrusie.com

Minerva Dobbs tahu bahwa kebahagiaan yang selamanya hanyalah ada di dalam dongeng. Apalagi ia baru saja dicampakkan oleh kekasihnya dan harus bertemu dengan seorang laki-laki tampan bernama Calvin Morrisey.

Awalnya Min tidak terarik dengan Cal, namun karena dorongan dari teman-temannya akhirnya Min pun bersiap untuk menghampiri Cal.

Sayangnya, tiba-tiba Min mendengar bahwa Cal justru bertaruh dengan mantan kekasihnya. Hal tersebut pun membuat perempuan ini merasa ilfil terhadap laki-laki yang memiliki paras tampan dan sukses ini.

Can You Keep a Secret? | Sophie Kinsella

Foto: www.amazon.co.uk

Pernahkah kamu tidak sengaja membeberkan rahasiamu sendiri pada seseorang yang tidak dikenal?

Akibat turbulensi pada pesawat yang ditumpanginya, membuat Emma Corrigan secara sadar dan tidak sadar membocorkan rahasia-rahasianya pada pria asing yang duduk di sebelahnya. Karyawan Panther Corporation ini sangat merasa panik sehingga melakukan hal tersebut.

Siapa sangka pria itu ternyata Jack Harper yang merupakan pendiri dari Panther Corporation. Mereka pun terpaksa harus bertemu secara terus menerus. Padahal Emma sangat ingin menghindari Jack.

The Notebook | Nicholas Sparks

Foto: www.goodreads.com

Setelah 14 tahun tidak bertemu dan telah bertunangan dengan pria lain, Allie Nelson masih mencintai Noah Calhoun. Sayangnya, orang tua Allie menganggap bahwa Noah sangat miskin, sehingga tidak pernah menyetujui hubungan Allie dan Noah.

Suatu hari Allie mendengar kabar bahwa Noah berada di New Bern, ia pun berniat menemuinya untuk menyelesaikan segalanya.

Dengan alasan ingin berlibur sejenak dari persiapan pernikahan, akhirnya Allie pergi ke New Bern dan bertemu dengan Noah. Tak disangka, pertemuan tersebut justru membangkitkan kembali bibit-bibit cinta di antara keduanya.

Novel romantis ini diadaptasi menjadi sebuah film pada 2004 dan laris manis, dan memiliki banyak adegan yang sering dijadikan referensi film lain (salah satunya adegan pelukan di tengah hujan).

Beautiful Disaster | Jamie McGuire

Foto: www.goodreads.com

Untuk mengubur masa lalunya, Abby pindah ke Eastern untuk mendapatkan suasana yang baru. Ia pun berteman dengan seorang gadis bernama Amerika.

Berkat pertemanannya, Abby pun bertemu dengan Travis, seorang pria yang terkenal. Suatu ketika, Travis berniat untuk mendekati Abby, sayangnya gadis ini justru menolaknya mentah-mentah.

Setelah mengabaikan Travis selama beberapa kali, akhirnya Abby pun menerima ajakan makan malam pria itu. Ia bermaksud supaya Travis berhenti mengganggunya.

Namun mengejutkannya, pertemuan tersebut ternyata menjadi awal mula mereka bersahabat. Padahal semua orang tahu bahwa Travis bukan seorang laki-laki yang akan bersahabat dengan wanita tanpa melibatkan seks.

A Walk to Remember | Nicholas Sparks

novel romantis
Foto: www.barnesandnoble.com

Landon selalu benci ketika teman-temannya mengolok dirinya karena dekat dengan Jamie. Sebab, siapa pun di sekolah tahu bahwa Jamie selalu dianggap aneh dan tidak pernah memiliki teman.

Namun Landon justru dekat dengan gadis tersebut. Padahal awalnya ia sering mengolok penampilan Jamie yang selalu membawa Alkitab dan mengenakan kardigan setiap hari.

Tapi setelah mengenal lebih jauh, Landon justru tidak peduli tentang pandangan teman-temannya tentang Jamie. Ia justru semakin mencintai Jamie dan mengumpulkan keberanian untuk mengungkapkan perasaannya.

Something Borrowed | Emily Giffin

novel romantis
Foto: www.kobo.com

Novel romantis ini menceritakan tentang persahabatan antara Rachel dan Darcy sudah berlangsung sejak sekolah dasar hingga menginjak usia kepala tiga.

Rachel merasa bahwa Darcy itu selalu beruntung dan mendapatkan apa yang menjadi mimpinya. Sementara ia justru harus selalu berada di bawah bayang-bayang Darcy.

Hingga suatu ketika, Rachel mengenalkan seorang pria bernama Dex kepada Darcy.

Sayangnya, beberapa bulan sebelum pernikahan Dex dan sahabatnya, Rachel baru menyadari bahwa ia memiliki perasaan terhadap Dex. Siapa sangka, ternyata laki-laki tersebut juga menyukainya.

Perfect Chemistry | Simon Elkeles

Foto: www.barnesandnoble.com

Selama ini Brittany selalu dipandang sempurna, ia cantik, pintar, kaya, dan memiliki pacar yang populer. Sementara Alex adalah anggota gangster yang selalu terlibat dalam masalah.

Saat Brittany dan Alex harus dipasangkan dalam kelas, gadis ini pun merasa bahwa ini adalah akhir dari kehidupannya yang sempurna. Sedangkan bagi Alex, ini menjadi sebuah kesempatan untuk memenangkan taruhan demi mendapatkan hati Brittany.

Masalahnya, gadis ini selalu memandang sebelah mata kepada Alex. Sehingga ia pun merasa tertantang untuk menaklukkan Brittany. Novel romantis ini cocok untuk kamu baca ketika senggang.

The Time Traveler’s Wife | Audrey Niffenegger

novel romantis
Foto: www.goodreads.com

Meski mustahil, namun ternyata Henry memiliki kemampuan ajaib untuk menjelajah waktu. Sayangnya, ia belum mampu mengontrol kapan tiba-tiba bisa menghilang. Karena tiba-tiba saja ia bisa berada di waktu lain.

Bahkan tak jarang, ia juga tidak bisa menjalani kehidupan normal. Namun Henry tahu siapa yang akan menjadi istrinya di masa depan.

Pertemuan pertama Henry dan Clare terjadi ketika keduanya mengunjungi perpustakaan. Tetapi menurut Claire, ia bertemu dengan Henry pertama kali ketika usianya menginjak enam tahun.

Hingga akhirnya mereka berdua menikah, Henry mengalami masa-masa sulit. Sebab ia sempat menghilang beberapa kali sebelum pemberkatan pernikahan.

Remember Me? | Sophie Kinsella

novel romantis
Foto: www.amazon.com

Lexi baru saja mengalami kecelakaan. Ketika sadar, ia terkejut karena berada di sebuah bangsal rumah sakit.

Anehnya, ia merasa berbeda terhadap dirinya sendiri. Lexi saat ini telah berubah menjadi seorang perempuan dengan karir yang cemerlang, dan ia merupakan seorang istri dari lelaki kaya yang bernama Erick.

Sayangnya, Lexi tidak ingat bagaimana perjalanan hidupnya. Ia masih merasa aneh terhadap perubahan sikap dari orang-orang disekelilingnya, termasuk dirinya sendiri. Lexi merasa bahwa ia tidak pernah menjadi dirinya sendiri.

P.S I Love You | Cecelia Ahern

novel romantis
Foto: www.goodreads.com

Belum lama ini, Holly baru saja mengalami musibah. Suaminya yang bernama Gerry harus meninggal karena kanker yang dideritanya.

Padahal sebelumnya, Holly dan Gerry merupakan pasangan yang sangat bahagia. Meski suaminya tidak sempurna, namun Holly sangat mencintainya.

Setelah Gerry meninggal, Holly merasa kehilangan sahabat, kekasih, sekaligus teman hidupnya. Untungnya, Gerry tidak membiarkannya sendiri.

Suaminya itu meninggalkan seikat surat yang bisa dibaca oleh Holly setiap bulan. Hingga akhirnya ia pun merasa lebih menerima dan sabar dalam menjalani hidup.

Bridget Jones’s Diary | Helen Fielding

novel romantis
Foto: www.goodreads.com

Novel romantis ini mengisahkan tentang Bridget Jones adalah wanita lajang berusia 30-an.

Jones merasa kebahagiaannya akan sempurna selama ia bisa menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan punya ketenangan batin. Sebab, orang-orang di sekitarnya selalu berusaha untuk menjodohkan Bridget dengan beberapa pria.

Sayangnya, beberapa kali ia menolak pria-pria tersebut karena tidak sesuai dengan ekspektasinya. Tetapi di sisi lain, Bridget juga panik karena membayangkan bahwa ia akan hidup sendirian.

Ia pun terus berusaha untuk memperbaiki diri agar bisa diterima di dunia yang menurutnya sangat kejam ini.

The Truth About Forever | Saran Dessen

Foto: www.goodreads.com

Hidup Macy selama ini selalu terencana dengan baik. Namun, sejak kematian sang ayah, keluarga Macy menjadi berantakan.

Kakaknya memutuskan untuk tinggal jauh dari keluarga. Sementara ibunya berduka dengan menyibukkan diri dalam proyek perumahan yang merupakan impian sang suami.

Sedangkan Macy, ia berubah menjadi pendiam dan menarik diri dari lingkungan.

Untungnya, Macy memiliki seorang kekasih bernama Jason. Pria itu selalu berusaha untuk membantu mencari solusi atas masalah yang tengah dialami Macy.

Sayangnya saat musim panas, Jason harus pergi ke luar kota. Hal tersebut pun membuat Macy seperti kehilangan arah untuk kedua kalinya.