12 Rekomendasi Film Cerita Cinta Berdasarkan Kisah Nyata

cerita cinta kisah nyata
Foto: Istimewa

Ketika menonton sebuah film romantis, terkadang adegan demi adegannya membuat kita terbawa suasana. Bahkan tak jarang, penonton juga ikut jatuh cinta terhadap karakternya. Apalagi jika film yang tersebut diangkat dari cerita cinta kisah nyata.

Ketagihan menonton film based on true love story? Berikut 12 film cerita cinta kisah nyata yang bisa kamu tonton.

Adrift (2018)

Foto: www.imdb.com

Ketika bertemu dengan seseorang yang memiliki hobi serupa, tentunya kamu akan langsung merasa tertarik dengannya. Begitu juga yang dialami oleh Tami (Shailene Woodley) dan Richard (Sam Claflin), di mana keduanya sama-sama menyukai pelayaran di laut. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih dan memulai petualangan menjelajahi samudera.

Namun sayangnya di tengah-tengah perjalanan, sebuah badai besar menghantam dan menghancurkan kapal mereka. Film romantis ini diangkat dari cerita dalam buku yang berjudul Red Sky In Mourning: A True Story of Love, Loss, and Survival at Sea.

The Pursuit of Happyness (2006)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Saat ini, Chris Gardner (Will Smith) sedang berada pada titik terendah dalam hidupnya. Ia harus berjuang untuk menjual mesin pemindai tulang dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain.

Karena masalah finansial tersebut, sang istri (Thandie Newton) pun terpaksa bekerja di dua tempat demi membantu Chris. Meski Chris masih berusaha tanpa mengenal kata menyerah, namun kehidupannya lama-kelamaan menjadi semakin memprihatinkan, apalagi ketika ia terancam kehilangan keluarganya.

The Notebook (2004)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Digarap oleh sutradara Nick Cassavetes, film ini menceritakan tentang Noah Calhoun (Ryan Gosling) yang bertemu dengan Allie Hamilton (Rachel McAdams) di sebuah karnaval. Berkat pertemuan tersebut, keduanya mulai saling tertarik dan memperjuangkan kisah cinta mereka.

Baca Juga :  Super Hot: Ini 13 Rekomendasi Film Semi Jepang yang Wajib Ditonton

Terinspirasi dari kisah seorang kakek dan nenek yang telah bersama selama 60 tahun, cerita cinta kisah nyata ini disebut-sebut sebagai film paling romantis sedunia oleh banyak orang. Apalagi akting dari para pemain akan membuatmu semakin baper ketika menontonnya.

The Vow (2012)

Foto: www.imdb.com

Ketika sebuah kecelakaan membuat istrinya, Paige (Rachel McAdamns), kehilangan ingatan, membuat Leo (Channing Tatum) merasa sedih dan terpukul. Karena hal tersebut, Leo berusaha dengan keras untuk membuat Paige bisa mengingat dan kembali mencintainya.

Namun perjuangan Leo tidak mudah karena ayah Paige meminta anaknya untuk kembali ke rumah mereka. Tidak hanya itu, mantan tunangan Paige juga memanfaatkan kondisi ini untuk merebut hati Paige. Film ini terinspirasi dari kisah nyata pasangan Kim dan Krickitt Carpenter yang mengalami kecelakaan di tahun 1993.

A Beautiful Mind (2001)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Berlatar di tahun 1947, film yang dibintangi Rusell Crowe dan Jennifer Connely ini menceritakan tentang kehidupan seorang ilmuwan matematika jenius asal Amerika, John Nash, yang harus berjuang melawan penyakit skizofrenia.

Meski kehidupannya terlihat normal dengan memiliki seorang istri dan anak, namun perilaku John secara perlahan berubah ketika penyakit tersebut mulai menggerogoti pikirannya. Dibalut dengan halusinasi dan delusi, hal tersebut membuat hubungan dengan istri dan lingkungannya menjadi berantakan. Film yang dirilis pada 2001 ini berhasil meraih 4 penghargaan Oscar tahun 2002.

Bonnie and Clyde (1967)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Tidak hanya mencari pendamping hidup, Clyde Barrow yang diperankan oleh Warren Beatty juga sedang mencari seorang partner untuk aksi kriminalnya. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Bonnie Parker (Faye Dunaway) yang sedang bekerja dalam sebuah kafe. Pertemuan yang tidak disengaja itu membawa keduanya berpetualang untuk merampok sebuah bank.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Film Semi Barat dengan Adegan Panas

Di tengah kehidupan kriminal yang mereka jalani, terdapat sisi lain dari kehidupan romantis dan impian antara Bonnie dan Clyde di masa depan. Cerita cinta kisah nyata ini berhasil mendapatkan penghargaan Oscar dalam kategori Sinematografi terbaik.

Eat Pray Love (2010)

Foto: www.imdb.com

Dibintangi oleh Julia Roberts,  film ini menceritakan sosok Elizabeth Gilbert yang hidupnya sangat beruntung dan terlihat sangat sempurna. Ia memiliki segalanya, mulai dari suami, rumah, dan karier yang bagus. Namun suatu ketika, Gilbert merasa kehilangan arah dalam kehidupannya terlebih ia harus terpaksa bercerai sang suami.

Karena kejadian itu, ia memutuskan untuk mengambil cuti selama satu tahun dan menjelajahi berbagai negara, mulai dari Italia, India, dan Indonesia. Perjalanan tiga negara ini secara tidak langsung dapat mengubah jalan hidup dan pikirannya.

50 First Dates (2004)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Henry Roth (Adam Sandler) adalah seorang ahli kelautan yang lebih tertarik untuk berkutat dengan binatang laut, dibandingkan menjalin hubungan asmara yang serius. Namun, hal tersebut menjadi berubah ketika ia bertemu dengan salah seorang turis bernama Lucy (Drew Barrymore).

Sayangnya, Lucy mengalami amnesia, yang membuatnya tidak ingat apa pun yang terjadi pada hari sebelumnya ketika ia bangun tidur. Namun hal tersebut tidak menjadi sebuah alasan bagi Henry untuk meninggalkannya. Laki-laki itu justru terus berusaha untuk mengembalikan ingatan Lucy.

The Theory of Everything (2014)

Foto: www.imdb.com

Dibintangi oleh Eddie Redmayne, film dengan cerita cinta kisah nyata ini menyajikan kehidupan Stephen Hawking ketika berkuliah di Universitas Cambridge yang bertemu dengan Jane Wilde (Felocity Jones). Keduanya menjadi dekat dan memutuskan untuk menjalin hubungan yang serius.

Akan tetapi kemalangan menimpa Stephen, ia terjatuh dan mengalami benturan keras di kepalanya sehingga menyebabkan semua otot dalam tubuhnya tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Merawat Anak Ketika Menjadi Single Parent?

Jane pun menyatakan akan tetap setiap menemaninya, sehingga membuat Stephen tidak menyerah untuk menyelesaikan penelitiannya dan mempertahankan hubungannya.

Kiss & Cry (2017)

Foto: www.imdb.com

Carley Allison (Sarah Fisher) merupakan seorang ice skater dan penyanyi yang berbakat. Kesibukannya saat ini adalah berlatih untuk mengikuti Olimpiade ice skating yang akan ia ikuti. Namun ketika sedang berlatih, tiba-tiba gadis ini merasakan gejala sesak napas dan batuk secara terus-menerus.

Meski awalnya Carley mengabaikan kondisi tersebut, akan tetapi lama-kelamaan menjadi semakin parah. Ia didiagnosa mengidap penyakit kanker sarkoma yang terbilang cukup langka. Mengetahui kondisi tersebut membuat Carley merasa terpuruk dan sangat emosional.

Walk The Line (2005)

Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh James Mangold, film ini menceritakan tentang kehidupan seorang musisi bernama Johnny R. Cash (Joaquin Phoenix). Meski sukses menjadi seorang idola dan menggelar konser yang hebat, namun John merasa tertekan ketika ayahnya menyalahkan dirinya terkait kecelakaan yang menimpa kakaknya.

Suatu ketika, ia membuat beberapa lagu yang terinspirasi dari Vivian (Ginnifer Goodwin), istri yang sangat dicintainya. Berkat lagu tersebut, ia berhasil memasuki dapur rekaman dan menyelamatkan pernikahannya yang hampir kandas karena masalah ekonomi.

The Invisible Woman (2013)

cerita cinta kisah nyata
Foto: www.imdb.com

Charles Dickens (Ralph Fiennes) merupakan seorang penulis terkenal yang berusia 45 tahun. Ia terlibat perasaan asmara dengan seorang gadis berusia 18 tahun, Nelly (Flicity Jones).

Meski terpaut umur yang jauh, namun kisah cinta ini merupakan sebuah rahasia dibalik suksesnya karya Dickens yang berjudul “The Great Expectation”. Tak hanya berhasil membuat karyanya terkenal, namun cinta terlarang ini juga dapat mengubah keyakinan dan perilaku Dickens yang dingin.