Urutan Film Harry Potter Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

urutan-film-harry-potter
Foto: Istimewa

Seandainya kamu baru pulang dari Mars, Harry Potter akan melakukan reuni! Yep, para bintang film ini akan merayakan anniversary film pertama Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang dirilis 20 tahun lalu. Ohya, tayang di HBO Max tanggal 1 Januari 2022. Sambil menghitung hari, yuk cek urutan film Harry Potter terbaik di bawah ini!

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

urutan-film-harry-potter
Foto: www.imdb.com

Dalam serial Harry Potter yang ketiga ini, menjadi salah satu momen fantastis yang menampilan Remus Lupin (David Thewlis) dan Sirius Black (Gary Oldman) untuk pertama kalinya.

Dua tokoh fenomenal ini sangat memiliki peran penting dalam membantu Harry Potter (Daniel Radcliffe) dalam mengetahui dunia Harry lebih dalam dengan mengenal masa lalu ayah dan ibunya.

Tak hanya itu, film ini juga banyak menuai pujian karena mampu menghadirkan cerita time travel terbaik yang patut diacungi jempol. Serial ketiga ini berhasil mendapatkan skor sebesar 7,9/10 di IMDb.

Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)

Foto: www.imdb.com

Urutan film Harry Potter keenam ini menceritakan tentang Harry (Daniel Radcliffe) dan Laskar Dumbledore yang harus berjuang untuk melawan Voldemort (Ralph Fiennes) dan Pelahap Maut. Harry baru tersadar bahwa ia selama ini terhubung dengan sosok penyihir jahat tersebut.

Sementara di sisi lain, Draco Malfoy (Tom Felton) diminta oleh Voldemort untuk membunuh Albus Dumbledore (Michael Gambon) yang merupakan kepala sekolah dari asrama Hogwarts serta figur yang selalu melindungi Harry.

Harry Potter and the Half-Blood Prince berhasil mendapatkan penilaian sebanyak 7,6/10 dari IMDb.

Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 (2010)

urutan-film-harry-potter
Foto: www.imdb.com

Rilis pada tahun 2010, urutan film Harry Potter ketujuh ini menampilkan aksi keren dari Harry (Daniel Radcliffe) dan anggota Orde Phoenix dalam usaha menghindari Pelahap Maut. Sayangnya, burung hantu kesayangannya, Hedwig harus tewas terbunuh di perjalanan.

Ditemani oleh Hermione (Emma Watson) dan Ron (Rupert Grint), mereka bertiga pun akhirnya pergi memisahkan diri dari Orde Phoenix untuk mencari horcrux yang telah disembunyikan secara acak.

Karena jalan ceritanya yang menantang, film ini berhasil mendapatkan skor sebesar 7,7/10 di IMDb.

Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)

urutan film harry potter
Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh Mike Newell, urutan film Harry Potter keempat ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 102 juga dolar AS di tiga hari pertama.

Dalam serialnya kali ini, mengisahkan tentang Hogwarts yang menjadi tuan rumah untuk penyelenggara Turnamen Triwizard. Turnamen ini diadakan untuk mempererat tali persaudaraan antar sekolah sihir.

Dalam aksinya, Harry (Daniel Radcliffe) harus mengalahkan Fleur Delacour (Clemence Poesy) siswi dari Beauxbatons, Viktor Krum (Stanislav Yanevski) dari Durmstrang, dan Cedric Diggory (Robert Pattinson) rekan satu sekolahnya.

Dengan menyajikan petualangan yang menegangkan, Harry Potter and the Goblet of Fire memperoleh nilai 7,7,/10 di IMDb.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)

urutan-film-harry-potter
Foto: www.imdb.com

Untukmu yang baru ingin menyaksikan serial Harry Potter memang sebaiknya dimulai dari Harry Potter and the Sorcerer’s Stone atau yang memiliki judul lain Harry Potter and the Philosopher’s Stone.

Jika awalnya Harry (Daniel Radcliffe) hanyalah anak biasa yang tinggal dengan paman dan bibinya, namun situasi menjadi berubah setelah kedatangan Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane).

Harry akhirnya mengetahui bahwa ia sebenarnya seorang penyihir terkenal yang berhasil bertahan dari serangan Pangeran Kegelapan alias Lord Voldemort.

Dalam serial pertamanya ini, ia juga bertemu dengan Ronald Weasley (Rupert Grint) dan Hermione Granger (Emma Watson) yang bukan terlahir dari keluarga penyihir.  Film ini berhasil mendapatkan skor sebesar 7,6/10 di situs IMDb.

Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (2011)

urutan film harry potter
Foto: www.imdb.com

Film penutup dari serial fenomenal ini memang menjadi aksi yang sangat ditunggu-tunggu dan berakhir dengan memuaskan.

Melanjutkan dari urutan film Harry Potter ketujuh, jalan ceritanya masih seputar pencarian horcrux. Benda sihir ini dapat membantu Harry (Daniel Radcliffe) untuk mengalahkan Voldemort (Ralph Fiennes).

Di akhir ceritanya, Voldemort secara tidak sadar membocorkan informasi bahwa horcrux terakhir berada di Hogwarts.

Akhirnya baik Orde Phoenix maupun Pelahap Maut, mereka semua mulai mengepung sekolah sihir tersebut, hingga menghadirkan duel antara Harry dan Pangeran Kegelapan.

Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 berhasil meraih penilaian sebanyak 8,1/10 di IMDb.

Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)

urutan-film-harry-potter
Foto: www.imdb.com

Setelah dari tadi mendengar kata Orde Phoenix, ini saatnya kamu mengetahui sejarah di baliknya.

Orde Phoenix merupakan sekumpulan orang yang percaya pada Albus Dumbledore (Michael Gambon) bahwa Pangeran Kegelapan telah kembali. Sebab, banyak orang—termasuk Kementerian Sihir yang menganggap Dumbledore dan Harry (Daniel Radcliffe) telah menyebarkan berita bohong.

Orde Phoenix merupakan organisasi yang memang dibentuk oleh Dumbledore untuk melawan Voldemort dan para pengikutnya, Pelahap Maut.

Mereka menggunakan Grimmauld Place nomor 12 sebagai markas besar untuk berkumpul dan merencanakan misi. Urutan film Harry Potter kelima ini mendapatkan penilaian sebesar 7,5/10 di situs IMDb.

Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)

urutan film harry potter
Foto: www.imdb.com

Jika kamu ingin mengetahui asal usul dari Lord Voldemort (Christian Coulson), maka cobalah menyaksikan seri kedua dari Harry Potter.

Tak hanya itu, di film ini sosok makhluk unik bernama Dobby juga muncul untuk pertama kalinya. Peri rumah ini berusaha sekuat tenaga untuk melarang Harry (Daniel Radcliffe) kembali ke Hogwarts.

Namun keanehan secara perlahan mulai muncul di sekolah sihir tersebut. Seluruh siswa dan siswi Hogwarts mendapatkan ancaman yang menakutkan dari pewaris keturunan Salazar Slytherin.

Serial kedua ini mendapatkan penilaian sebesar 7,4/10 dalam situs IMDb.