Baru Putus Cinta? Ini 16 Rekomendasi Buku Untukmu Yang Ingin Move On

arti move on
Foto: Istimewa

Ketika kamu baru mengalami putus cinta, maka perasaan kecewa, marah, dan sedih akan tercampur menjadi satu. Meski wajar untuk dialami, namun kamu perlu mengatasinya dengan segera agar tidak berdampak buruk bagi kehidupan. Salah satunya adalah dengan mengenal arti move on.

Sebab ternyata, akhir dari hubungan romantis juga bisa menjadi salah satu kesempatan yang bagus untuk lahir kembali menjadi individu yang lebih baik. Meski sulit, namun hal ini patut untuk dicoba. Berikut 16 bahan bacaan yang bisa menemanimu menemukan arti move on yang sebenarnya.

The Power | Rhonda Byrne

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Menurut Rhonda Byrne, cinta merupakan hukum tarik menarik. Segala sesuatu yang kita berikan, maka akan kita terima kembali. Jika perasaan dan pikiran kita bersifat positif, maka hal kehidupan kita pun akan dipenuhi dengan hal-hal yang positif.   

Ia juga menegaskan bahwa kita harus merasa bahagia dan memberikan kebahagiaan. Sehingga nantinya bisa menerima berbagai hal yang membahagiakan. Untuk itu, ketika kamu sedang dalam kondisi patah hati maka buku ini akan memberikan pencerahan terkait arti move on.

You Can Heal Your Life | Louise L. Hay

Foto: www.goodreads.com

Diambil dari kisah nyata penulis mulai dari masa kecilnya hingga dewasa, Louise L.Hay akhirnya sampai pada titik di mana ia ingin menyembuhkan dirinya sendiri. Menurut Louise, penyakit fisik yang diderita kebanyakan orang, diawali dengan masalah emosi yang terpendam cukup lama.

Sehingga tujuan dari ditulisnya buku ini hanyalah satu, yakni ingin membantu pembaca yang ingin menyembuhkan diri sendiri sehingga mampu untuk menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan.

The Power of Now | Eckhart Toll

Foto: www.goodreads.com

Arti move on memang sering kali menjadi sebuah penggambaran seseorang yang berhasil melupakan masa lalunya. Meski terkadang berat untuk dilakukan, namun Toll mengajarkan agar kamu bisa hidup untuk saat ini dan tidak mengkhawatirkan masa lalu atau masa depan.

Nantinya, kamu pun akan merasa bahagia selama menjalani hidup. Dibanding dengan overthinking terhadap masa depan atau masa lalu.

Feel The Fear and Do it Anyway | Susan Jeffers

arti move on
Foto: www.amazon.co.uk

Ketika baru putus dengan kekasih, mungkin kamu akan mengalami ketakutan karena secara tidak langsung, nantinya rutinitas pun akan berubah. Namun jangan khawatir, karena menurut Susan Jeffers, hal ini bisa diatasi dengan mudah, sehingga kamu bisa terhindar dari rasa sakit dan depresi.

Salah satu caranya adalah dengan menerima kenyataan bahwa kita memiliki kendali yang terbatas atas emosi kita. Dan ada cara untuk bisa hidup berdampingan dengan rasa takut tersebut.

The Art of Happiness | Dalai Lama

Foto: www.goodreads.com

Salah satu caranya adalah dengan menerima kenyataan bahwa kita memiliki kendali yang terbatas atas emosi kita. Dan ada cara untuk bisa hidup berdampingan dengan rasa takut tersebut.

So Sad Today | Melissa Broder

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Buku bersampul hitam ini ditujukan untuk semua orang yang mencoba untuk melupakan perpisahan. Tak hanya itu So Sad Today juga mengingatkan bahwa kamu tidak sendirian di dunia ini, ada Broder yang akan menemanimu menangis.

Ia juga mengingatkan bahwa mungkin hari ini akan sangat sedih, dan hal tersebut bukanlah masalah yang besar. Karena kamu bisa kembali bahagia di esok hari.

The Wisdom of a Broken Heart | Susan Piver

Foto: www.goodreads.com

Ketika suatu hubungan berakhir, kesedihan dan kekecewaan bisa saja menghancurkan. Sebab, patah hati memang benar-benar bisa menimbulkan traumatis.

Di halaman-halaman ini, Susan Piver mengungkapkan bahwa patah hati merupakan salah satu kesempatan untuk membuat dirimu menjadi lebih kuat.

Dilengkapi dengan anekdot, beberapa pengalaman pribadi, serta saran-saran sederhana, buku ini juga bisa menjadi salah satu cara pelipur lara.

Communion: The Female Search for Love | Bell Hooks

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Saat mengalami putus cinta, mungkin kamu baru menyadari bahwa betapa sudah jauh perjalanan hidupmu. Untungnya, buku nonfiksi ini bisa membantu pikiranmu yang terganggu akibat efek dari patah hati. Selain itu, bahan bacaan ini juga dapat membuatmu mengerti tentang arti move on dan mendapatkan kebahagiaan.  

Getting Over a Breakup | Kate Anderson

Foto: www.goodreads.com

Buku ini akan menemanimu untuk membuat proses perpisahan menjadi langkah-langkah yang bisa membahagiakan. Meski kamu tengah berada dalam emosi yang kacau dan berantakan, namun jangan khawatir karena bacaan karya Kate Anderson akan sangat bermanfaat.

Prostitute Laundry | Charlotte Shane

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Jika kamu ingin melarikan diri ke dalam pikiran yang lebih jernih dan menyenangkan, maka buku yang satu ini merupakan pilihan terbaik. Sebab, Charlotte Shane dapat membantumu menangani emosi patah hati dan akibatnya yang terkadang dapat memengaruhi kehidupan secara drastis.

Milk and Honey | Rupi Kaur

Foto: www.goodreads.com

Setiap orang pasti pernah mengalami luka, baik itu tergores benda tajam atau luka yang menyebabkan sakit hati. Untungnya, kumpulan puisi dan prosa karya Rupi Kaur ini bisa membantumu untuk bertahan setelah terluka. Tak hanya itu, Milk and Honey juga membantu pembaca untuk merasakan hubungan yang sehat.

The Vegetarian | Han Kang

arti move on
Foto: www.goodreads.com

The Vegetarian merupakan gambaran dari kebanyakan perempuan yang berusaha untuk menemukan kebahagiaannya sendiri meski masih mendapatkan tekanan dari banyak pihak.

Karakter utama di dalam buku ini mencoba untuk menemukan kebebasannya sendiri dengan cara yang unik. Karya sastra Korea ini berhasil memenangkan Man Booker International Prize di tahun 2016.

When Things Fall Apart | Pema Chödrön

Foto: www.goodreads.com

Buku yang dianggap klasik ini diangkat dari pengalamannya sendiri, mulai dari penolakan hingga perceraian. Namun Chödrön mengajakmu untuk membingkai ulang bagaimana cara kita berpikir untuk menjalani hidup.

Tak hanya itu, jika telah menguasai beberapa teknik yang diajarkan pada When Things Fall Apart, maka kamu bisa menerapkannya langsung untuk mengatasi semua masalah dalam berbagai aspek kehidupan.

Transit | Rachel Cusk

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Setelah keluarganya hancur berantakan, Rachel bersama dua anaknya yang masih kecil akhirnya pindah ke London. Karena kejadian itu, akhirnya ia dihadapkan pada aspek-aspek kehidupan yang berat. Karena diangkat dari pengalamannya penulis itu sendiri, kamu pun bisa memetik nilai-nilai kehidupan dari kisah masa lalunya.

A Little Life | Hanya Yanagihara

Foto: www.goodreads.com

Jude St. Fracis mau tidak mau hidup dalam bayang-bayang masa lalunya. Ia juga tumbuh dewasa bersama trauma yang sulit untuk dihilangkan, sehingga hampir seluruh hidupnya ia ditemani dengan rasa kesepian, rasa malu, dan ketakutan.

Akan tetapi kehidupannya perlahan mulai berubah ketika ia masuk kuliah dan bertemu dengan Willem, Malcolm, dan JB yang kemudian akhirnya menjadi sahabat terdekat Jude.

This Is How You Lose Her | Junot Díaz

arti move on
Foto: www.goodreads.com

Kumpulan sembilan cerita pendek ini hampir semuanya berhubungan dengan perselingkuhan yang dilakukan oleh pria.

Bagi Junot Diaz, buku ini merupakan kisah perjuangan seorang pemuda untuk menciptakan sebuah hubungan yang langgeng. Setelah mengalami berbagai penderitaan, akhirnya ia mulai melihat wanita yang ada di dalam hidupnya sebagai seorang manusia yang utuh.