10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Disepelekan

bahaya merokok bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Tidak perlu diragukan, merokok memang dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Sebab kebiasaan yang buruk ini bisa memicu berbagai macam penyakit. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bahaya merokok bagi kesehatan ternyata dapat meningkatkan risiko kematian.

Sebab, merokok akan memengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, mulai dari sistem pernapasan, peredarah darah, reproduksi, kulit, mata, serta meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait bahaya merokok bagi kesehatan, LIMONE telah merangkum kemungkinan yang ditimbulkan dari efek merokok.

Apa Saja Bahaya Merokok Bagi Kesehatan?

bahaya merokok bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok:

Kerusakan paru-paru

Sudah menjadi rahasia yang umum bahwa merokok dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Hal ini disebabkan karena seseorang tidak hanya menghirup nikotin melainkan juga berbagai bahan kimia tambahan.

Rokok dapat meningkatkan subtansial dalam risiko terkena kanker paru-paru. Risiko ini 25 kali lebih besar dialami oleh pria dan 25,7 kali lebih besar untuk wanita. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa sekitar 9 dari 10 kematian diakibatkan oleh kanker paru-paru yang terkait dengan kebiasaan merokok.

Selain itu, bahaya merokok bagi kesehatan juga terkait dengan pengembangan emfisema dan bronchitis kronis. Mereka dapat memicu atau memperburuk serangan asma.

Masalah kesuburan

Ternyata bahaya merokok bagi kesehatan juga dapat merusak sistem reproduksi wanita. Serta membuat lebih sulit untuk hamil.

Kemungkinan ini disebabkan oleh tembakau dan bahan kimia lain yang ada di dalam rokok, yang mana dapat memengaruhi kadar hormon.

Selain itu, semakin banyak rokok yang dihisap oleh seorang pria, dan semakin lama mereka merokok, maka semakin tinggi mengalami risiko disfungsi ereksi.

Merokok juga dapat memengaruhi kualitas sperma, yang mana ini menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan pada seseorang.

Risiko stroke lebih tinggi

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh juga dapat meningkatkan risiko stroke yang lebih tinggi yakni sebanyak dua hingga empat kali lipat pada pria dan wanita. Risiko ini akan meningkat seiring dengan banyaknya rokok yang dihidap.

Komplikasi kehamilan

Menurut sebuah penelitian, merokok juga dapat memengaruhi kehamilan dan perkembangan janin. Seperti meningkatkan risiko kehamilan ektopik, mengurangi berat badan bayi saat lahir, dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Tidak berhenti sampai di situ, bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa merusak paru-paru, otak, dan sistem saraf pusat janin.

Selain itu, meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak, serta berkontribusi terhadap kelainan bawaan seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing.

Penurunan fungsi kognitif

Penurunan kognitif biasanya terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Kamu mungkin akan menjadi lebih pelupa atau tidak bisa berpikir dengan cepat.

Hal itu juga bisa menjadi salah satu bahaya merokok bagi kesehatan, di mana kondisi ini dapat terjadi lebih cepat dibanding seseorang yang tidak merokok.

Bahkan, penurunan fungsi kognitif ini menjadi masalah yang lebih serius bagi pria. Menurut sebuah studi, peneliti menemukan bahwa perokok pria paruh baya telah mengalami penurunan kognitif yang lebih cepat dibanding dengan bukan perokok atau perokok wanita.

Risiko diabetes tipe-2

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa orang yang merokok secara rutin memiliki risiko 30-40% lebih tinggi terkena diabetes tipe-2.

Selain itu, tembakau ini juga dapat mempersulit penderita diabetes untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Menurunkan kesehatan mulut

Punya gigi yang kuning? Ini mungkin saja disebabkan oleh kebiasaan merokok yang dapat mengganggu kesehatan mulut. Sebab, orang yang merokok memiliki risiko dua kali lipat dari penyakit gusi. Risiko ini akan meningkat seiring dengan jumlah rokok yang dihisap.

Gejala dari penyakit gusi yang bisa dialami adalah:

Tak hanya itu, tembakau juga dapat membatasi kemampuan seseorang untuk merasakan dan mencium sesuatu dengan benar.

Peningkatan risiko demensia

Perokok juga memiliki peningkatan risiko demensia, kondisi ini dapat memengaruhi memori, kemampuan berpikir, keterampilan bahasa, penilaian, dan perilaku. Tak jarang juga dapat menyebabkan perubahan kepribadian.

Menurut sebuah tinjauan penelitian menjelaskan bahwa perokok 30% lebih mungkin untuk mengalami risiko demensia yang tinggi. Selain itu, di dalamnya juga mengungkapkan bahwa berhenti merokok dapat menurunkan risiko demensia.

Menurunkan kesehatan kulit dan rambut

Ternyata, tembakau juga dapat memengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Seseorang yang merokok kemungkinan besar akan mengalami penuaan dini dan kulitnya menjadi lebih banyak kerutan.

Salah satu bahaya merokok bagi kesehatan lainnya juga dapat meningkatkan risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker kulit.

Merokok ini dapat menyebabkan rambut dan kulit yang beraroma tembakau. Ini juga menjadi salah satu kontribusi yang dapat memengaruhi kerontokan dan kebotakan rambut.

Meningkatkan risiko kanker lainnya

Selain berkaitan dengan kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker lainnya. America Cancer Society melaporkan bahwa merokok bisa menyebabkan 20-30% seseorang terkena kanker pankreas.

Tidak hanya itu, orang yang merokok juga tiga kali lebih mungkin terkena kanker kandung kemih dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok.

Perlu diwaspadai, merokok juga dapat menggandakan risiko seseorang terkena kanker perut yang terjadi di dekat kerongkongan. Berikut risiko terjadinya kanker lain dari tembakau:

  • Kanker mulut
  • Laring
  • Tenggorokan
  • Kerongkongan
  • Ginjal
  • Serviks
  • Hati
  • Usus bear
  • Leukemia myeloid akut

Bagaimana dengan Bahaya Asap Rokok?

bahaya asap rokok | | 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Disepelekan
Foto: www.freepik.com

Tidak hanya menimpa orang yang merokok, menghisap tembakau yang dibakar ini juga dapat memberikan efek kesehatan yang signifikan pada lingkungan sekitar, mulai dari keluarga, teman, dan rekan kerja.

Berikut efek dari paparan asap rokok:

  • Meningkatkan risiko flu dan infeksi telinga
  • Memperburuk asma
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Merusak hati
  • Mengurangi kadar lipoprotein densitas tinggi atau kolesterol baik

Bisakah Berhenti Merokok?

bahaya merokok bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Meski berhenti merokok merupakan sebuah tantangan yang besar, tetapi saat ini telah banyak orang yang telah berhasil melakukannya. Ketika seseorang berhenti merokok, maka terdapat berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Mulai dari kulit yang lebih bersih, kesehatan mulut yang lebih baik, hormon yang lebih stabil, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, serta penurunan risiko dari berbagai jenis kanker.

Beberapa manfaat lain dari berhenti merokok di antaranya:

  • Setelah 20 menit – 12 jam: denyut jantung dan karbon monoksida dalam darah turun ke tingkat normal
  • 1 tahun: risiko serangan jantung dan tekanan darah jauh lebih rendah. Batuk dan masalah pernapasan bagian atas mulai membaik
  • 2-5 tahun: risiko stroke mulai menurun
  • 5-15 tahun: risiko kanker mulut, tenggorokan, dan kerongkongan berkurang setengahnya
  • 10 tahun: risiko kanker paru-paru dan kanker kandung kemih berkurang setengah dari seseorang yang saat ini sedang merekok
  • 15 tahun: risiko penyakit jantung mirip dengan seseorang yang tidak pernah merokok

Saat seseorang berhenti merokok, nikotin atau zat kimia yang ada di dalam rokok akan menimbulkan beberapa gejala. Termasuk nafsu makan yang meningkat dan lekas marah. Biasanya efek ini akan mereda seiring dengan berjalannya waktu.

Kesimpulan

efek rokok merusak kesehatan | | 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Disepelekan
Foto: www.xframe.io

Merokok merupakan penyebab kematian utama yang dapat dicegah. Bahaya merokok bagi kesehatan ternyata menimbulkan efek yang banyak mulai dari penurunan kesehatan otak, stroke, penyakit paru-paru, kesuburan, hingga kanker.

Berita baiknya, kamu bisa mulai berhenti untuk merokok yang pastinya dapat bermanfaat bagi kesehatan.