Panduan Lengkap Memilih Sepatu Kets agar Tidak Salah Beli

sepatu kets
Foto: www.gettyimages.com

Sepatu mungkin menjadi salah satu kebutuhan penting bagi semua orang. Terdapat beragam pilihan sepatu yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk acara formal, salah satunya yakni sepatu kets. 

Pada dasarnya sepatu ini merupakan salah satu jenis dari sepatu sneakers. Kets merupakan sebutan yang berasal dari merek sepatu Keds. Brand ini sudah berdiri sejak tahun 1912 yang merupakan salah satu perusahaan tertua yang memproduksi sepatu sneakers secara massal.

Sempat lama tak terdengar, brand ini akhirnya kembali muncul di tahun 2012 dan memamerkan koleksi terbarunya dengan menggandeng penyanyi internasional, Taylor Swift. Sepatu yang cocok digunakan untuk acara santai hingga semi-formal ini sering dianggap sama dengan sneakers. Walaupun sepatu ini merupakan salah satu dari jenis sneakers, namun terdapat perbedaan antara keduanya. 

Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers

sepatu kets
Foto: www.unsplash.com

Serupa tapi tak sama, berikut perbedaan sepatu ini dengan sneakers.

Jenis sepatu

Sepatu sneakers diambil dari kata sneak yang berarti mengendap-endap, maka sepatu ini dirancang untuk tidak mengeluarkan suara ketika digunakan. Jenis sepatu sneakers pun beragam, untuk aktivitas sehari-hari hingga digunakan untuk olahraga yang ekstrim. 

Sementara sepatu kets berasal dari sebuah merek yang merupakan salah satu jenis sneakers kasual. Untuk itu sepatu ini biasa digunakan saat hangout bersama teman atau aktivitas sehari-hari, dan tidak dianjurkan untuk digunakan saat berolahraga.

Proses pembuatan

Sneakers dirancang dengan bahan dan teknologi terbaru untuk menghadirkan beragam pilihan untuk kebutuhan aktivitas berolahraga.  Sementara sepatu dengan nama yang mirip dengan Keds ini dirancang untuk membuat pengguna nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kamu senang berjalan dan membutuhkan sepatu yang sesuai, kamu bisa memilih sepatu ini. 

Berat

Pada umumnya, sepatu kets memiliki bobot yang sedikit lebih berat dibanding sneakers. Alasannya sneakers cenderung memiliki berat yang lebih ringan adalah karena memudahkan pemakainya saat digunakan untuk berolahraga.

Bentuk

Sneakers biasanya memilliki bentuk bagian tumit yang lebih lebar karena bertujuan untuk memberikan stabilitas lebih ketika melakukan aktivitas olahraga. Sementara pada sepatu kets, bagian tumit tidak dibentuk melebar karena dapat mengurangi rasa nyaman ketika berjalan.

Bantalan

Sepatu sneakers biasanya akan memiliki lebih banyak bantalan di bagian tumit dan kaki depan, karena ditujukan untuk memenuhi kebutuhan saat berolahraga. Sedangkan sepatu kets tidak memerlukan bantalan kaki yang ekstra pada bagian tumit dan kaki depan.

Fleksibilitas

Fleksibilitas pada sepatu merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Sepatu kets memiliki fleksibilitas di bagian depan, hal ini dapat membantu mendorong jari kaki saat digunakan untuk berjalan. Sementara sneakers biasanya memiliki fleksibilitas pada lengkungan kaki atau bagian tengah kaki.

Tips Memilih Sepatu Kets

sepatu kets
Foto: www.rawpixel.com

Setelah mengetahui perbedaan antara sepatu kets dan sneakers, berikut tips untuk memilih sepatu kets.

Warna

Identik dengan gaya kasual, kamu dapat memilih sepatu kets berdasarkan warna favoritmu. Selain itu kamu juga dapat menyesuaikannya dengan outfit yang akan kamu gunakan. 

Ukuran yang sedikit lebih besar

Memilih sepatu dengan ukuran yang pas bahkan cenderung sempit akan membuatmu tidak nyaman ketika menggunakannya. Untuk itu kamu bisa memilih sepatu ini dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Selain memberikan rasa nyaman, hal ini juga dapat membantu peredaran darah berjalan lancar. 

Bantalan

Meski sepatu ini tidak memiliki bantalan yang ekstra seperti sneakers, namun kamu tetap perlu mempertimbangkan bantalan saat akan membeli sepatu kets. Pilihlah sepatu dengan bantalan yang empuk untuk membuat telapak kakimu nyaman, terlebih ketika kamu harus menaiki kendaraan umum. 

Ringan 

Sepatu kasual ini memang sedikit lebih berat dibanding sneakers. Namun tidak ada salahnya memilih sepatu jenis ini dengan berat yang cukup ringan untuk menopang aktivitas sehari-harimu. Hal ini bertujuan untuk membuat kakimu tidak lelah saat beraktivitas. 

Lentur 

Kelenturan dari sepatu kets juga dapat menjadi pertimbangan ketika ingin membeli sepatu. Cobalah untuk memilih sepatu yang lentur sekaligus memiliki sol yang kuat. Karena hal ini dapat mengikuti pergerakan kakimu dengan fleksibel. 

Ukuran

Ini merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepatu. Pastikan kamu mengetahui ukuran kakimu sendiri. Jangan sampai memilih sepatu dengan ukuran yang lebih kecil, karena hal ini akan membuat kakimu terasa tidak nyaman.

Belanja Sepatu Kets

sepatu kets
Converse – Chuck Taylor All Star – Injection Tool
sepatu kets
ALDO – Amorette
sepatu kets
Keds – Triple Kick Seasonal Solids
VANS – Style 36
Adidas – Superstar W Shoes
Marks & Spencer – Leather Lace Up Trainers
Veja – Pierre Sneakers
GUCCI – Ace Logo-embroidered Sneakers
Golden Goose – Superstar Leopard-print Low-top Sneakers
Nike – White Team Red Sail Trainers
sepatu kets
Kate Spade – Silver Giltter Trainers
VANS x Moma Jackson – Pollock Low-top Sneakers
Alexander McQueen – Oversized Low-top Sneakers
sepatu kets
Moschino – Patterned Bow Detail Sneakers
VANS x Rhude III Acer – Bandana-print Sneakers
Common Projects – Retro Cap Sneakers

Selanjutnya: 9 Tipe Sepatu Kasual yang Wajib Kamu Miliki.