Ada Teman yang Baru Lahiran? Ini 13 Kado Perlengkapan Bayi Baru Lahir

perlengkapan bayi baru lahir
Foto: www.rawpixel.com

Ketika mendapatkan kabar bahwa kerabatmu baru saja melahirkan, maka kita patut merayakan momen yang membahagiakan ini. Kamu bisa mengunjungi bayi dan memberikan hadiah untuk menyambut kehadiran malaikat kecil ini. Berikut 13 rekomendasi perlengkapan bayi baru lahir yang bisa dijadikan sebagai kado.

Tips Memilih Kado Bayi

perlengkapan bayi baru lahir
Foto: www.freepik.com

Berikut tips memilih hadiah perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu pertimbangkan:

Mengetahui jenis kelamin dari calon bayi

Sebelum memberikan perlengkapan bayi baru lahir, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu jenis kelamin dari calon bayi. Karena kebanyakan orang akan menentukan warna kado berdasarkan jenis kelamin bayi.

Meski hadiah untuk bayi perempuan dan laki-laki tidak jauh berbeda, namun kamu bisa memilih warna merah muda untuk diberikan pada bayi perempuan. Sementara untuk bayi laki-laki, pilihlah warna biru atau hijau. Tak hanya itu, model dari hadiah yang akan diberikan pun bisa disesuaikan dengan jenis kelamin dari buah hati.

Pilihlah barang yang bermanfaat

Umumnya, keluarga yang baru memiliki buah hati akan sibuk, sehingga terkadang terlewat untuk memerhatikan stok kebutuhan bayi. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan popok yang dijamin akan bermanfaat karena digunakan setiap hari.

Selain itu, untuk menghindari alergi pada kulit bayi, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu merek apa yang biasa digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu barang apa saja yang telah dimiliki, agar nantinya kado yang kamu berikan dapat bermanfaat.

Pilih ukuran yang sedikit lebih besar

Jika kamu ingin memberikan pakaian sebagai kado perlengkapan bayi baru lahir, maka cobalah untuk memilih ukuran yang lebih besar agar bisa dipakai hingga bayi berusia enam bulan.

Jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang digunakan. Sebab, perlu diingat bahwa kulit bayi sangat sensitif.

Berikan alat elektronik yang berguna

Saat bayi lahir, biasanya pekerjaan rumah akan bertambah. Untuk itu, kamu bisa memberikan alat elektronik yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mulai dari pembersih udara yang dapat membantu sirkulasi udara di kamar bayi menjadi lebih baik, hingga sterilizer yang dapat membantu membersihkan peralatan makan dan minum bayi.

Jika kamu memang berniat untuk memberikan peralatan elektronik, maka pastikan penggunaan dan perawatannya mudah untuk dilakukan. Hal ini juga bisa membantu meringankan pekerjaan orang tua.

Rekomendasi Hadiah Untuk Bayi Baru Lahir

Ini 13 inspirasi perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu berikan sebagai hadiah:

Selimut bayi

perlengkapan bayi baru lahir
Leleoncare - Selimut Topi Bahan Muslin Swaddle

Salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir adalah selimut. Meski tidak digunakan sesering pakaian atau popok, namun kamu tetap bisa memberikan hadiah yang satu ini. Apalagi biasanya selimut ini bisa dikenakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga bayi berusia 12 bulan.

Tas perlengkapan bayi

Jujube - The Admiral Be Prepared

Memberikan tas perlengkapan bayi juga bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Nantinya hadiah ini bisa membantu orang tua untuk menyimpan berbagai barang yang dibutuhkan oleh buah hati, mulai dari popok, botol susu, baju, dan lainnya.

Pilihlah tas dengan warna yang netral dan ukuran sedang, agar nantinya lebih mudah dibawa saat berpergian.

Peralatan mandi

The Organic Pharmacy - Apricot & Chamomile Body Wash - For Baby

Biasanya peralatan mandi menjadi hadiah yang umum untuk diberikan pada bayi baru lahir. Terdiri dari sampo, sabun, bedak bayi, hingga baby lotion, kado yang satu ini dijamin akan sangat bermanfaat, karena akan digunakan setiap hari.

Namun, pastikan kamu memperhatikan bahan kandungan yang ada di dalamnya, agar tidak menimbulkan masalah pada kulit bayi.

Pakaian bayi

perlengkapan bayi baru lahir
H&M - 3-pack Cotton Pyjamas

Rekomendasi hadiah perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah pakaian yang akan sangat bermanfaat. Selain itu, terdapat berbagai model atasan dan bawahan yang bisa kamu pilih dengan mudah. Namun penting untuk memerhatikan ukuran baju dan bahan kain yang digunakan.

Pastikan kamu memilih ukuran yang sedikit lebih besar, karena biasanya bayi akan tumbuh dengan cepat. Serta pilihlah kain yang lembut, agar malaikat kecil ini akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Gendongan bayi

Birds & Bees - Cocolatte Hipseat We Bare Bears - Ice Bear

Gendongan juga menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan. Nantinya kain ini dapat membantu orang tua untuk menggendong bayi. Untungnya, saat ini telah banyak tersedia model gendongan yang bisa dijadikan sebagai hadiah, mulai dari gendongan kain hingga yang menyerupai ransel.

Jangan lupa untuk memilih produk yang berkualitas agar bayi dan orang tua bisa nyaman menggunakannya.

Mainan bayi

perlengkapan bayi baru lahir
Mothercare - Baby Safari Spiral Activity Toy

Untuk mendukung tumbuh kembang bayi, kamu bisa memberikan hadiah yang dapat merangsang saraf sensorik dan motoriknya. Pilihlah mainan bayi yang berbahan aman dan berukuran pas, agar nantinya bisa digenggam serta tidak mudah dimasukkan ke mulut. Pastikan kamu juga memberikan hadiah yang mudah untuk dibersihkan.

Buku

perlengkapan bayi baru lahir
tokosusularismanis - Buku Bantal Bayi

Meski bayi belum bisa membaca, namun kamu tetap bisa memberikan buku sebagai hadiah. Pilihlah buku yang memang khusus dirancang untuk membantu tumbuh kembang buah hati. Biasanya warna yang cerah dan bunyi-bunyian yang dikeluarkan dari buku bisa merangsang kerja otak bayi.

Bouncer

Fisher Price - Baby’s Bouncer

Bouncer atau kursi khusus bayi ini biasanya akan bermanfaat untuk membantu bayi agar tetap tenang dan tidak rewel. Namun, kamu perlu memastikan keamanan dari produk ini, mulai dari bahannya yang empuk hingga mainan yang digantung. Supaya nantinya bayi akan merasa nyaman dan terhibur.

Sterilizer

HAN RIVER - HRNNQ01BU Sterilizer Botol Bayi

Agar terhindar dari kuman dan bakteri, peralatan makan dan minum pun perlu disterilisasi. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan hadiah sterilizer yang dapat membantu orang tua untuk membilas peralatan makan yang akan digunakan oleh buah hati.

Peralatan menyusui

Cache Coeur Curve - Curve Essential Nursing Pad Night

Selain memberikan hadiah untuk bayi, kamu juga bisa membelikan peralatan menyusui yang bisa memudahkan sang ibu untuk memberikan ASI. Baik itu buku panduan menyusui hingga bantalan payudara yang dapat mencegah ASI agar tidak meresap ke luar pakaian.

Jika kamu ingin memberikan breast pads, maka pilihlah bahan yang nyaman dan empuk, agar terasa nyaman dan tidak menimbulkan iritasi serta jamur.

Sepatu bayi

perlengkapan bayi baru lahir
Locally Blend - Hello Kitty Baby Girl Sport Canvas Shoes Pink

Ingin memberikan hadiah perlengkapan bayi baru lahir yang menggemaskan? Pilihlah sepatu yang memiliki berbagai model dan warna. Nantinya alas kaki ini bisa bisa melindungi kaki dari debu dan udara yang dingin. Sehingga nantinya bayi pun akan tetap hangat dan nyaman meski harus berpergian keluar rumah.

Handuk bayi

Little Kooma - Hudson Baby Knit Terry Hooded Towel

Rekomendasi hadiah perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah handuk mandi. Kain ini akan sangat bermanfaat untuk diberikan karena dapat mencegah bayi tidak kedinginan sehabis mandi.

Pilihlah kain yang lembut agar nantinya bisa membantu mengeringkan tubuh buah hati. Jangan lupa untuk memilih warna dan motif yang cantik sehingga hadiah tersebut dapat berkesan.

Cup feeder

perlengkapan bayi baru lahir
Eco Rascals - Bamboo Small Cup with Sippy Feeder

Meski lebih disarankan untuk mengonsumsi ASI, namun terkadang ibu tidak bisa memberikan ASI secara langsung. Untuk itu, barang yang satu ini bisa kamu berikan sebagai hadiah. Selain mudah ditemukan, cup feeder juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.