Ingin Membuat Surat Cinta? Dapatkan Inspirasinya dari 13 Novel Ini

surat cinta
Foto: Istimewa

Biasanya, hal-hal yang diungkapkan dengan tulisan menjadi sesuatu yang dianggap lebih menyenangkan. Apalagi jika dibuat oleh seseorang yang bertujuan untuk mengungkapkan perasaannya. Jika kamu ingin menuliskan surat cinta untuk pasangan tapi bingung dengan kalimat awalnya, maka berikut 13 rekomendasi novel yang bisa menjadi sumber inspirasimu.

Love in the Afternoon | Lisa Kleypas

surat cinta
Foto: www.goodreads.com

Seorang prajurit bernama Christoper Phelan, berniat untuk menikahi kekasihnya yang bernama Prudence setelah ia kembali dari pertempuran. Tak jarang, ia juga mengirimkan surat cinta dan menceritakan kehidupannya selama di medan perang. Namun ternyata, Pudence tidak senang menulis surat.

Untungnya, Prudence memiliki seorang teman yang bernama Beatrix. Perempuan itu bersedia untuk membantu Prudence menuliskan surat-surat jawaban. Tindakan Beatrix yang awalnya hanya membantu, lama-kelamaan berubah menjadi rasa cinta dan ingin memiliki Christoper.

To Sir Philip, With Love | Julia Quinn

surat cinta
Foto: www.amazon.com

Elois kini sedang merasa hampa karena sahabatnya, Penelope, yang baru menikah dengan kakaknya. Karena hal tersebut, kini Elois mulai menyadari bahwa ia membutuhkan sosok suami, setelah sebelumnya menolak enam pria.

Bersamaan dengan perasaannya yang kesepian, ia bertemu dengan Sir Phillip yang menawarkan Elois untuk berkunjung ke rumahnya. Berdasarkan dari surat cinta yang dikirimkan secara bergantian, Elois merasa bahwa laki-laki ini dapat dipertimbangkan untuk menjadi suaminya. Suka dengan seri Bridgerton di Netflix? Ini adalah satu novel yang menginspirasinya.

A Rogue by Any Other Name | Sarah MacLean

Foto: www.goodreads.com

Nasib buruk telah menimpa Michael Lawler. Pasalnya, ia harus kehilangan seluruh warisan karena kalah berjudi. Michael pun berencana untuk balas dendam pada orang-orang yang telah membuatnya kehilangan segalanya. Selain itu, ia juga berniat untuk menikahi Lady Penelope, sahabat semasa kecilnya yang baru saja ditinggalkan tunangannya.

Meski Penelope tidak ingin menikah tanpa cinta, namun ia ingin membantu sahabatnya untuk kembali senang dan merasakan kebahagiaan.

Yours Until Dawn | Teresa Medeiros

Foto: www.goodreads.com

Keberanian Gabriel Fairchild selama di medan pertempuran membuatnya sering dianggap sebagai seorang pahlawan. Akan tetapi Gabriel merasa hidupnya semakin tidak menarik setelah ditinggalkan oleh tunangannya. Ketika ia mengasingkan diri dengan terus berdiam di dalam rumah, seorang perawat bernama Samantha pun hadir ke dalam hidupnya.

Meski selama ini Samantha tak pernah bersikap lembut, namun ia sering merasakan jantungnya berdebar ketika mendapatkan sentuhan kecil dari Gabriel.

Dear Aaron | Mariana Zapata

surat cinta
Foto: www.goodreads.com

Aaron dan Ruby memulai segala sesuatunya sebagai sahabat pena. Ruby merupakan seorang gadis yang sangat menyukai lelucon, namun ia juga sering memberikan pesan-pesan ajaib lewat surat cinta untuk menyemangati Aaron.

Meski kenyataannya Ruby sering mengalami hal-hal sulit karena punya isu dengan rasa percaya diri, namun ia tetap memberikan dukungan yang nyata pada sahabatnya itu. Lambat laun, persahabatan ini pun berkembang menjadi sesuatu yang lebih.

My Dearest Enemy | Connie Brockway

surat cinta
Foto: www.amazon.com

Hidup Lillian Bede memang sangat menantang. Pasalnya, ia baru saja diberi kesempatan untuk melakukan segala cara demi agar Mill House mendapatkan untung, sehingga nantinya properti tersebut akan menjadi miliknya. Namun jika dalam lima tahun ia gagal, maka Mill House akan diberikan kepada Avery Thorne, yang sangat mencintai rumah tersebut.

Dengan penuh usaha, Bede pun sering mengirimkan surat untuk Thorne dan menceritakan bahwa ia akan melakukan apa pun demi memenangkan Will House.

Flat-Out Love | Jessica Park

Foto: www.goodreads.com

Novel ini menceritakan tentang Julie Seagle yang harus tinggal bersama keluarga Watkins, teman lama ibunya. Meski keluarga Watkins sangat baik dan penuh kasih, namun Julie merasa ada sesuatu yang janggal di dalamnya. Gadis ini pun dibiarkan tinggal di kamar Finn, anak sulung keluarga Watkins yang sedang berkeliling dunia.

Julie pun mencoba untuk menghubungi Finn melalui media sosial. Meski belum pernah bertemu sebelumnya, namun perasaan Julie mulai berkembang dan mulai berharap pada pria ini.

Easy | Tammara Webber

Foto: www.goodreads.com

Jacqueline ternyata masih sulit untuk move on dari mantan kekasihnya, Kennedy. Namun untungnya, ia kini tengah menyibukkan diri untuk menghadapi ujian dengan didampingi oleh seorang tutor yang baik hati bernama Landon. Meski keduanya belum pernah bertemu, namun Jacqueline merasa bahwa Landon merupakan pria yang baik.

Apalagi ketika ia menyadari bahwa soal-soal yang diberikan oleh Landon ternyata muncul di ujian sekolahnya.

The Boy Next Door | Meg Cabot

Foto: www.goodreads.com

Mrs. Friedlander kini tengah tak sadarkan diri dan terbaring di rumah sakit. Sebagai tetangga yang baik, Melissa pun berniat untuk mengurus dua kucing dan satu anjing milik Mrs. Friedlander. Ketika berkunjung ke apartemen Mrs. Friedlander, Melissa terkejut menemukan seorang pria yang mengaku bernama Max.

Menurut rumor yang beredar, Max merupakan keponakan Mrs. Friedlander yang memiliki reputasi buruk. Namun ketika melihatnya ada di sini dan mengurus peliharaan bibinya, Mel pun merasa orang-orang terlalu berlebihan dalam menilai Max.

Sincerely, Carter | Whitney G

surat cinta
Foto: www.goodreads.com

Menurut Carter, Arizona Turner adalah sahabat terbaiknya. Mereka berdua telah menjadi teman sejak berada di sekolah dasar. Hingga kini, Carter merasa bahwa dirinya dan Arizona saling menjaga hubungan baik. Dan selama bertahun-tahun dan terlepas dari apa yang dikatakan banyak orang, keduanya merasa tidak pernah melewati batas pertemanan.

Bahkan, Carter tidak pernah terpikir untuk mengubah status tersebut. Namun suatu malam, hubungan mereka akhirnya telah berubah.

The Diary of a Young Girl | Anne Frank

surat cinta
Foto: www.amazon.com

Dalam buku ini, Anne menceritakan pengalamannya yang bersembunyi selama dua tahun bersama banyak orang untuk menghindari Nazi. Mulai dari perayaan ulang tahun, malam yang mencekam karena suara bom, hingga kisah cinta Anne dengan penghuni lainnya yakni Peter van Daan.

Selama itu juga, Anne yang dikenal sebagai gadis yang kekanak-kanakan ini bertransformasi menjadi wanita yang lebih dewasa secara emosional. Meski kondisinya sangat sulit, Anne masih memiliki semangat untuk bertahan hidup.

Diary of a Wimpy Kid | Jeff Kinney

Foto: www.goodreads.com

Greg Heffley merasa sangat kesal kepada ibunya karena memaksanya untuk menuangkan perasaannya ke dalam buku harian. Meski awalnya ia menganggap menulis di buku harian sangatlah kekanak-kanakan, namun Greg pun akhirnya bersedia untuk melakukannya.

Di dalamnya, Greg menceritakan tentang keinginannya untuk menjadi seseorang yang terkenal. Namun orang lain menganggap bahwa dirinya sangat aneh. Sehingga, tidak ada yang ingin berteman dengannya.

The Perks of Being a Wallflower | Stephen Chbosky

surat cinta
Foto: www.kobo.com

Bagi Charlie, menemukan jati diri merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi dengan dipengaruhi oleh beragam trauma di masa kecil, dan cerita masa lalu keluarganya. Hingga suatu ketika, ibu dan ayahnya menemukan Charlie terduduk di sofa ruang keluarga dan tidak ingin berbicara kepada siapa pun.

Karena tidak pernah mengungkapkan perasaannya kepada orang terdekat, ia pun diajak ke psikolog. Untungnya, ia menemukan cara efektif untuk keluar dari masalahnya. Yakni dengan cara mengirimkan surat yang berisikan segala perasaannya, yang kemudian dikirimkan kepada orang-orang yang tidak ia kenal.