Tak Selalu Berakhir Bahagia, Ini 12 Film Percintaan Yang Tragis

film tragis
Foto: Istimewa

Jika biasanya film dengan akhir yang bahagia akan menjadi tontonan yang paling banyak digemari, ternyata hal ini juga berlaku untuk film tragis atau sad ending.

Sebab, beberapa orang merasa lebih tertantang dengan jalan cerita yang dibuat lebih menarik. Ini 12 rekomendasi film tragis tentang percintaan yang bisa kamu tonton.

Titanic (1997)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Rose (Kate Winslet) merupakan seorang anak bangsawan yang dijodohkan demi menyalamatkan ekonomi keluarga. Bersama dengan ibunya, Ruth (Frances Fisher) dan tunangannya Cal Hockley (Bill Zane), ia menaiki kapal Titanic.

Saat kapal sedang berlayar, Rose berencana untuk melakukan bunuh diri. Namun seorang pria bernama Jack (Leonardo DiCaprio) mencegah aksinya tersebut.

Sejak kejadian itu, Rose dan Jack menjadi akrab dan muncul benih-benih cinta. Mereka pun akhirnya menjalin hubungan secara sembunyi-sembunyi.

Namun masalah besar tiba-tiba harus menghampiri seluruh penumpang kapal, di mana kapal tersebut menabrak gunung es dan membuatnya perlahan-lahan menjadi tenggelam.

A Walk to Remember (2002)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya dari Nicholas Sparks, film tragis ini menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Landon (Shane West) yang mendapatkan hukuman untuk melakukan kegiatan sosial.

Kejadian ini membawanya bertemu dengan Jamie Sullivan (Mandy Moore), seorang putri dari pendeta yang terkenal sebagai siswi kutu buku.

Landon juga sering meminta bantuan dari Jamie, termasuk untuk mempelajari naskah drama. Gadis itu pun bersedia untuk membantunya, dengan syarat bahwa Landon tidak boleh jatuh cinta kepadanya.

Namun hari demi hari, Landon justru merasakan timbulnya perasaan terhadap Jamie. Sayangnya, ia harus menghadapi sebuah rahasia besar dan disimpan baik-baik oleh Jamie.

The Notebook (2004)

Foto: www.imdb.com

Dibintangi oleh Rachel McAdams sebagai Allie dan Ryan Gosling sebagai Noah, film ini mengisahkan kehidupan percintaan keduanya yang dipenuhi lika-liku.

Selama menghabiskan musim panas bersama, Allie dan Noah pun memutuskan untuk menjalin sebuah hubungan. Sayangnya, orang tua Allie tidak setuju dan berniat untuk memisahkan mereka.

Hingga akhirnya Allie dan keluarganya pindah ke kota lain tanpa berpamitan dengan Noah.

Tidak mau menyerah, Noah pun mengirimkan surat untuk Allie selama setahun penuh. Namun sayangnya ia tidak pernah mendapatkan balasan dari surat tersebut.

Atonement (2007)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Dikisahkan seorang gadis berusia 13 tahun bernama Briony Tallis (Saoirse Ronan) sedang memata-matai kakak perempuannya, Cecilia (Keira Knightley), yang tengah menjalin hubungan dengan Robbie Turner (James McAvoy). Padahal Briony kecil sangat jatuh hati dengan Robbie.

Suatu ketika Robbie menitipkan sebuah surat kepada Briony yang ditujukan untuk Cecilia.

Namun ternyata surat tersebut tertukar, dan Briony telah terlanjur membacanya. Ia pun menyebarkan kabar bahwa Robbie merupakan pelaku yang telah memerkosa sepupunya.

Kejadian itu pun membuat Robbie akhirnya harus dipenjara, dan Cecilia akhirnya membenci Robbie. Film tragis ini memenangkan Oscar untuk kategori Original Score Terbaik pada Academy Awards ke-80.

The Fault In Our Stars (2014)

Foto: www.imdb.com

Berdurasi 126 menit, film ini mengisahkan seorang remaja bernama Hazel (Shailene Woodley). Ia menderita kanker tiroid yang telah menyebar ke paru-parunya. Hal tersebut membuatnya harus membawa tabung oksigen.

Didesak oleh sang ibu, akhirnya Hazel mengikuti kelompok dukungan untuk pasien kanker. Ia bertemu dengan Augustus (Ansel Elgrot) yang mengalami kanker tulang.

Tidak disangka, keduanya menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu bersama. Bahkan mereka berdua juga berniat untuk mendatangi Peter Van Houten, seorang penulis dari An Imperial Affliction, yang sangat disukai oleh Hazel dan Gus.

All the Bright Places (2020)

Foto: www.imdb.com

Film tragis ini menceritakan tentang Violet Markey (Elle Fanning) yang masih dihantui rasa bersalah karena kematian sang kakak. Bahkan ia juga mengalami trauma ketika menaiki kendaraan.

Serupa dengan yang dialami Violet, Theodore Finch (Justice Smith) juga hidup diliputi dengan trauma. Ia mengalami depresi dan sering kali berniat untuk mengakhiri hidup.

Suatu hari, Violet dan Finch dipasangkan dalam sebuah tugas. Mereka diminta untuk membuat esai tentang tempat-tempat yang paling menakjubkan.

Finch pun mengajak Violet ke sebuah tempat yang indah. Tak disangka, Violet justru mengalami kejadian yang tidak terduga di sana.

Me Before You (2016)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Film bergenre drama romantis ini menceritakan tentang Louisa Clark (Emilia Clarke), seorang gadis yang mendapatkan tawaran untuk menjadi perawat pribadi Will Traynor (Sam Claflin).

Keluarga Will berharap bahwa Clark dapat membantu mengembalikan semangat hidup Will. Sayangnya, pria itu terus berperilaku dingin dan kasar.

Clark pun mengetahui fakta bahwa Will pernah mencoba melakukan bunuh diri dengan mengiris pergelangan tangannya. Bahkan pria ini juga berniat untuk mengikuti program bunuh diri lewat sebuah organisasi di Swiss.

Clark akhirnya terus berusaha membujuk Will untuk membatalkan niatnya.

Midnight Sun (2018)

Foto: www.imdb.com

Katie Price (Bella Thorne) mengidap sebuah penyakit langka yang membuatnya tidak bisa terkena sinar matahari. Selama ini, ia hanya tinggal bersama sang ayah.

Selama belasan tahun, ia mengamati seorang anak laki-laki bernama Charlie (Patrick Scwarzenegger) dari jendela rumahnya. Hingga suatu hari, Charlie bertemu dengan Katie.

Pertemuan yang berlangsung di stasiun itu akhirnya membawa mereka ke dalam sebuah hubungan romantis. Namun sayangnya, Katie tidak langsung menceritakan bahwa ia mengidap penyakit langka tersebut.

Film tragis ini merupakan adaptasi dari film Jepang yang berjudul Song To The Sun.

P.S I Love You (2007)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Holly Kennedy (Hillary Swank) dan Gerry Kennedy (Gerard Butler) merupakan pasangan yang saling mencintai. Namun dengan mendadak, Gerry tiba-tiba mennggal dunia karena tumor otak.

Setelah kejadian itu, Holly merasa terpuruk dan menarik diri dari lingkungannya. Untungnya, kerabat Holly terus berusaha untuk mendampinginya.

Mereka juga telah menyiapkan kejutan untuk Holly yakni kue dan surat yang ditulis langsung oleh Gerry. Ternyata suaminya itu telah menyiapkan beberapa surat untuk membantu Holly menjalani hidup setelah kematiannya.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

film tragis
Foto: www.imdb.com

Setelah ditolak mentah-mentah oleh keluarga Hayati (Pevita Pearce), akhirnya Zainuddin (Herjunot Ali) memutuskan untuk merantau ke tanah Jawa.

Zainuddin merupakan pemuda miskin yang tidak bersuku, sementara Hayati adalah perempuan Minang keturunan bangsawan.

Suatu ketika, takdir mempertemukan Zainuddin dengan Hayati, yang saat ini telah menikah dengan lelaki kaya.

Sempat berniat untuk kembali menjalin hubungan, sayangnya kisah cinta mereka harus berakhir tragis ketika Hayati menaiki kapal Van der Wijck untuk pulang ke kampung halamannya.

The Best of Me (2014)

Foto: www.imdb.com

Dawson Cole (James Marsden) yang tengah bekerja di tambang minyak lepas pantai tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa ayah angkatnya, Tuck Hosteltler (Gerald McRaney), telah meninggal dunia.

Ketika upacara pemakaman Tuck berlangsung, Dawson tidak sengaja bertemu dengan Amanda (Michelle Monaghan), mantan kekasihnya yang telah berkeluarga.

Pertemuan keduanya pun membuka kembali konflik dan emosi di antara keduanya.

Putusnya hubungan mereka dulu disebabkan oleh perbedaan status sosial. Keluarga Amanda menganggap bahwa keluarga Dawson sangat berantakan dan miskin.

Safe Heaven (2013)

Foto: www.imdb.com

Katie (Julianne Hough) berusaha sekuat tenaga untuk meloloskan diri dari kejaran polisi. Akhirnya ia berhasil kabur dan terdampar di sebuah kota yang sama sekali tidak ia kenal.

Ia pun memberanikan diri untuk melamar pekerjaan sebagai seorang pelayan. Berkat hal tersebut, akhirnya Katie bertemu dengan Alex (Josh Duhamel), seorang pria yang telah memiliki dua anak.

Hubungannya dengan Alex pun semakin dekat, bahkan ia juga sering menghabiskan waktu dengan kedua anak Alex. Namun tiba-tiba, Alex menemukan secarik kertas yang menunjukkan foto Katie yang tengah menjadi buronan.