16 Rekomendasi Film Jadul yang Wajib Ditonton

film jadul
Foto: www.imdb.com

Ingin bernostalgia, dan mengingat seperti apa dunia sebelum coronavirus menjadi subjek utama berita dan kehidupan? Ini saatnya kamu menonton film jadul yang akan membawamu ke masa lalu sebelum era pandemi COVID-19.

What’s Eating Gilbert Grape (1993)

Foto: www.imdb.com

Film ini mengisahkan tentang perjuangan Gilbert, anak muda berusia 24 tahun yang bekerja sebagai pegawai toko kelontong. Selama ini Gilbert harus merawat ibu dan adiknya yang memiliki kelainan mental. Film ini dibintangi oleh aktor Hollywood di antaranya Johnny Depp dan Leonardo DiCaprio. Berkat cerita yang menarik yang didukung dengan akting para pemain, film ini berhasil mendapatkan 6 nominasi dan meraih 8 penghargaan.

10 Things I Hate About You (1999)

Foto: www.imdb.com

Bergenre komedi romantis, film ini bercerita tentang kisah percintaan remaja bernama Cameron yang mengejar cinta dari pujaan hatinya, Bianca. Sayangnya, Bianca tidak diperbolehkan berpacaran sebelum kakaknya, Kat, juga melakukan hal yang sama. Cameron pun melakukan segala macam cara untuk memperjuangkan cintanya itu.

Forrest Gump (1994)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang sering dirundung oleh teman-temannya karena memiliki IQ di bawah rata-rata. Meski memiliki kekurangan, Forrest memiliki kemampuan berlari yang dapat membuatnya diterima di perguruan tinggi. Karena usahanya yang gigih, Forrest juga berhasil masuk ke militer dan mendapatkan Medali Kehormatan Kongres. Film ini sukses mendapatkan perhatian khalayak dan berhasil memenangkan 6 penghargaan Academy Awards dari 13 nominasi.

The Breakfast Club (1985)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Lima siswa SMA, John Bender, Claire Standish, Andrew Clark, Brian Johnson, dan Allison Reynolds, menjalani hukuman dengan menghabiskan waktu seharian di perpustakaan sekolah. Setiap karakter pada film ini memiliki sifat dan latar belakang yang berbeda sehingga membuat interaksi yang ada pada film ini menjadi menarik untuk ditonton. Drama ringan ini mengandung nilai-nilai kehidupan seputar dunia remaja. Untuk merayakan peringatan hari rilis ke-30 tahun di tahun 2016, film jadul The Breakfast Club akhirnya diputar kembali di 430 bioskop. 

Scent of a Woman (1992)

Foto: www.imdb.com

Scent of a Woman menceritakan tentang seorang anak bernama Charlie Simms yang bekerja sebagai pengasuh dari seorang mantan kolonel tua yang bernama Frank Slade. Kolonel Frank yang mengalami kebutaan, harus ditinggal oleh keluarganya selama beberapa hari. Tiba-tiba Kolonel Frank mengajaknya pergi ke New York untuk bersenang-senang. Namun setelah bersenang-senang, Koloner Frank justru ingin bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri. Mengapa? Coba cek sendiri jawabannya.

Gone with The Wind (1939)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel karangan Margaret Mithcell, film jadul berduasi 234 menit ini mendapatkan sambutan yang hangat ketika dirilis. Film romantis berlatar sejarah ini menceritakan tentang kehidupan Scarlett O’hara dan kisah percintaannya. Demi mencari pemain terbaik untuk memerankan tokoh Scarlett O’hara, sang produser menyaring sekitar 1400 perempuan. Film ini juga memenangkan 10 Academy Awards dari 13 nominasi Piala Oscar ke-12. Namun setelah gerakan Black Lives Matter, film ini sempat ditarik dari HBO Max tahun lalu dan kembali ditayangkan dengan disertai sebuah pembukaan yang menjelaskan konteks sejarah dari film jadul ini.

The Shining (1980)

Foto: www.imdb.com

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul serupa yang mengisahkan tentang penulis bernama Jack Torrance  yang bekerja sebagai penjaga Hotel Overlook. Namun ternyata hotel ini justru memiliki misteri yang tersimpan selama bertahun-tahun hingga memengaruhi kehidupan Jack dan membuatnya ingin membunuh keluarganya sendiri. Jangan mengaku pecinta film horor, kalau belum pernah menonton film jadul ini.

American Beauty (1999)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Lester Burnham adalah pria paruh baya yang merupakan salah satu petinggi di perusahaan majalah. Ia memiliki seorang istri bernama Carolyn dan seorang anak perempuan bernama Jane. Suatu hari Lester bertemu dengan teman baik Jane yang bernama Angela. Ia pun memiliki ketertarikan seksual terhadap Angela yang masih berada di bawah umur. Pada tahun 2000 film ini berhasil membawa pulang lima piala Oscar untuk kategori Best Director, Best Picture, Best Cinematography, Best Original Screenplay, dan Best Actor.

Titanic (1997)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Film legendaris ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Rose akan dijodohkan dengan pria dari keluarga terhormat. Karena Rose tidak menyukainya, ia berencana melakukan bunuh diri ketika kapal Titanic sedang berlayar. Namun rencananya dicegah oleh seorang pria bernama Jack. Lengkap dengan adegan yang baper dan tragis, plus soundtrack yang tidak akan bisa terlupakan, film jadul ini wajib ditonton. FYI, pada tahun 1998, Titanic berhasil memenangkan 11 penghargaan dalam Piala Oscar, dan menjadi film pertama yang meraih keuntungan satu miliar dollar (hanya dikalahkan oleh Avatar pada 2010).

Grease (1978)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Sandy Ollson adalah seorang gadis yang sedang berlibur di California bersama keluarganya. Ketika berlibur di pantai, Ia bertemu dengan Danny. Pertemuan ini akhirnya menjadi awal mula dari kisah romansa keduanya. Sandy yang harus kembali ke Australia setelah liburan musim panas, tiba-tiba memutuskan menetap di California dan bersekolah di tempat yang sama dengan Danny. Namun sikap Danny ketika di sekolah sangat berbeda terhadap Sandy. Selain lagu-lagunya yang akan membuatmu bernyanyi,film ini wajib ditonton para pecinta mode vintage.

It’s A Wonderful Life (1946)

Foto: www.imdb.com

Film ini menceritakan seorang pria yang ingin bunuh diri, namun tiba-tiba sosok malaikat datang untuk menunjukkan apa yang terjadi di lingkungannya ketika pria itu meninggal. Meski tidak mendapatkan apresiasi yang besar pada saat perilisannya, It’s A Wonderful Life justru menjadi inspirasi film-film keluarga yang dirilis setelahnya. Coba tonton film ini, dan mungkin kamu akan bisa menjadi lebih positif!

If Only (2004)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Samantha, seorang gadis yang sedang bersekolah musik, memiliki seorang kekasih bernama Ian yang merupakan pengusaha muda yang sangat sibuk. Ian jarang memberikan perhatian kepada Samantha, sampai ia melupakan konser kelulusan Samantha. Setelah konser kelulusan, keduanya terlibat pertengkaran sehingga Samatha pergi. Namun di tengah jalan, Samantha mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya. Ian pun menyesal dan berharap bisa mengulang waktu dan memperbaiki hubungannya.

Psycho (1960)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Marion adalah seorang sekretaris yang berhasil kabur dengan membawa uang perusahaan sebesar 40.000 USD. Ia pun memutuskan untuk beristirahat di Bates Motel, namun keputusan ini ternyata membuat Marion berkenalan dengan motel yang menyimpan banyak misteri ini. Film suspense dengan sentuhan psikologi ini membawa warna baru pada dunia perfilman saat itu. Film jadul ini dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Modern Times (1936)

film jadul
Foto: www.imdb.com

Film ini berlatar belakang kejadian pada era 30-an, di mana kondisi perekonomian sedang kacau sehingga membuat orang-orang berebut pekerjaan. Suatu hari Tramp terjebak dalam sebuah demonstrasi yang membuatnya masuk penjara karena diduga mengikuti aksi unjuk rasa tersebut. Ketika di penjara, ia dianggap menjadi pahlawan karena berhasil menggagalkan usaha beberapa narapidana yang berencana kabur. Film bisu ini merupakan karya dari Charlie Chaplin dengan genre komedi.

Singin’ in the Rain (1952)

Foto: www.imdb.com

Singin’ in the Rain menceritakan tentang R.F Simpson, seorang produser yang memperkenalkan sebuah film suara kepada pimpinan studio. Namun sayangnya, idenya dianggap gagal dan mengecawakan. Tidak patah semangat, Simpson terus berusaha dan meminta aktor dan aktris terkenal Don Lockwood serta Lina Lamont untuk bermain dalam filmnya. Sialnya, Lina tidak memiliki suara yang bagus hingga akhirnya sang sutradara harus mengganti suara Lina dengan suara gadis lain. Tontonan wajib untuk para pecinta film musikal dan dance.

Casablanca (1942)

Foto: www.imdb.com

Rick, seorang pemilik kelab malam yang tidak peduli dengan Perang Dunia II yang terjadi, tiba-tiba harus bertemu dengan Ilsa Lund, perempuan yang ia cintai sejak dahulu. Ilsa telah menikah dengan pemimpin gerakan perlawanan Ceko. Ilsa dan suaminya, Laszlos, sedang mencari surat yang ternyata disimpan oleh Rick. Mengetahui hal tersebut, Rick menjadi enggan untuk memberikan surat itu karena berharap Ilsa akan tetap tinggal di Casablanca. Namun jika Rick tidak memberikan surat itu, nyawa Laszlos terancam. Sungguh sebuah dilema untuk Rick!

Selanjutnya: Film Bioskop Paling Ditunggu di 2021