14 Film Romantis Indonesia yang Dijamin Membuat Hatimu Meleleh

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Dari banyaknya pilihan, genre film apa yang kamu sukai? Horor? Komedi? Atau romantis? Jika romantis menjadi pilihanmu maka kamu perlu mencoba untuk menonton film romantis Indonesia. Pasalnya, Indonesia sangat produktif dalam membuat film dengan mengangkat tema percintaan yang menarik sekaligus membuatmu baper. Berikut 14 film romantis Indonesia yang dapat membuatmu meleleh ketika menontonnya.

Milea: Suara dari Dilan (2020)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Film ini masih mengisahkan perjalanan kisah asmara Dilan dan Milea. Berbeda dari dua film sebelumnya, Milea: Suara dari Dilan ini menceritakan hubungan mereka dari sudut pandang Dilan. Suatu ketika terjadi peristiwa yang tidak pernah diduga Dilan, salah satu anggota geng motornya meninggal akibat dikeroyok oleh sekelompok orang. Kejadian ini membuat hubungannya dengan Milea berakhir. Perpisahan ini berlangsung hingga keduanya dewasa. Namun mereka kembali dipertemukan ketika menghadiri sebuah acara reuni.

#TemanTapiMenikah 2 (2020)

Foto: www.imdb.com

Teman Tapi Menikah 2 bercerita tentang kehidupan Ayu dan Ditto setelah menikah. Kepribadian Ayu menjadi berubah ketika hamil, membuat Ditto mencoba memahami setiap apa yang dilakukan oleh Ayu. Namun mereka justru sering bertengkar hingga perlu memutuskan apakah akan mempertahankan hubungan atau janin yang ada dalam kandungannya. Kisah ini diangkat dari novel karya Ayudia dan Ditto yang merupakan kisah nyata dari pasangan suami istri tersebut.

Ada Apa dengan Cinta? (2016)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Setelah bertahun-tahun lulus dari SMA, Cinta telah melupakan kisah cintanya dengan Rangga. Ia pun bertunangan dengan pacarnya yang bernama Trian. Suatu hari, Cinta mengajak teman-temannya untuk berlibur ke Yogyakarta. Ketika tiba di Yogyakarta, teman-teman Cinta melihat Rangga dan langsung memberitahu Cinta. Seolah semesta mendukung, Cinta akhirnya bertemu dengan Rangga. Mereka menghabiskan waktu sepanjang hari. Lantas, bagaimana dengan Trian? Apakah Cinta akan kembali dengan Rangga?

Habibie & Ainun (2012)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Rudy Habibie, seorang ahli pesawat terbang yang sedang menempuh pendidikan di Jerman. Ia memiliki mimpi membuat pesawat terbang untuk menyatukan Indonesia. Suatu ketika ia pulang ke tanah air dan bertemu dengan Ainun, teman sekolahnya yang kini menjadi dokter. Mereka pun menikah dan hidup di Jerman. Keduanya menjalani lika-liku kehidupan hingga akhirnya Habibie menjadi Presiden Republik Indonesia. Namun sayangnya di tengah kesibukan Habibie, kesehatan Ainun justru semakin menurun. 

Tersanjung: The Movie (2020)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Film romantis Indonesia ini diangkat dari sinetron fenomenal yang populer pada era 1990-an hingga 2000-an. Tersanjung: The Movie menceritakan tentang kehidupan Yura, seorang gadis yang terpaksa dijodohkan dengan laki-laki dari keluarga kaya. Alih-alih senang, Yura justru merasa terbebani terlebih ketika ia harus menelan kenyataan pahit saat hampir diperkosa oleh calon suaminya sendiri.

Marmut Merah Jambu (2014)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Film dengan genre komedi ini diangkat dari novel karya Raditya Dika dengan judul serupa. Film ini mengisahkan tentang Dika yang sedang menceritakan tentang kehidupan asmaranya saat SMA, di mana ia menyukai perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Meski menjadi siswa yang terbuang, ia dan Bertus, sahabatnya, membuat grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya. Hingga di akhir cerita, ia menyadari bahwa ada kasus pada masa lalunya yang belum terpecahkan dan ia pun berusaha untuk menyelesaikannya.

Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Akhir Kisah Cinta Si Doel menceritakan Doel, Zaenab, dan Sarah yang dihadapkan dengan pilihan yang besar. Cerita diawali dengan kepulangan Sarah bersama putranya dan kedatangan mereka disambut bahagia oleh keluarga Doel. Namun di sisi lain, Zaenab sedang hamil dan memiliki trauma karena kehilangan buah hatinya di masa lalu. Ia pun harus memilih tetap berada di sisi Doel atau merelakannya. Sementara itu, Sarah juga dihadapkan oleh pilihan bercerai dengan Doel atau rujuk kembali demi sang buah hati. Lalu, siapakah yang akan dipilih oleh Doel?

Surat Cinta untuk Starla (2017)

Foto: www.imdb.com

Hema, seorang laki-laki yang memiliki ketertarikan di bidang seni. Ia gemar menggambar sering membuat surat cinta yang ditujukan untuk alam. Suatu ketika ia bertemu dengan Starla dan membantu Starla berpisah dengan pacarnya yang posesif. Berkat kejadian itu akhirnya timbul benih-benih cinta di antara keduanya. Namun sayangnya, tiba-tiba Starla meminta Hema untuk menjauhinya. 

Hujan Bulan Juni (2017)

Foto: www.imdb.com

Film romantis Indonesia ini merupakan adaptasi dari buku dengan judul serupa karya Sapardi Djoko Damono yang menceritakan tentang Pingkan, seorang dosen muda yang mendapat kesempatan untuk belajar ke Jepang. Ketika menghadiri pertemuan keluarga besar, Pingkan mengajak teman dekatnya, Sarwono, hingga menimbulkan pertanyaan dari keluarga besar terkait hubungan antara keduanya. Pada 2018, film ini mendapat penghargaan kategori Penyunting Gambar Terbaik dalam Festival Film Indonesia. 

Dear Nathan (2017)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Seorang murid pindahan bernama Salma bertemu dengan Nathan yang merupakan murid nakal. Nathan menyelamatkan Salma dari hukuman ketika mereka terlambat datang ke sekolah. Setelah kejadian itu, Nathan berusaha mendekati Salma dan membuat satu sekolah menjadi heboh. Namun Salma sudah bertekad untuk menjauhi Nathan. Dengan Nathan yang terus berusaha, akhirnya perlahan-lahan timbul perasaan suka di hati Salma. Sayangnya, hubungan keduanya harus diuji ketika mantan kekasih Nathan kembali datang ke kehidupannya.

Critical Eleven (2017)

Foto: www.imdb.com

Berawal dari pertemuan keduanya ketika di pesawat, membuat Ale dan Anya memutuskan untuk menikah. Setelah menikah, mereka akhirnya pindah dan menjalankan kehidupan rumah tangganya di New York. Anya pun hamil. Namun sayangnya, peristiwa ini justru menjadi titik di mana hubungan Ale dan Anya menjadi rumit sehingga harus memilih apakah menyerah dalam amarah atau menyembuhkan luka dan bertahan dalam ketidakpastian. Pilihan ini menjadi lebih sulit ketika hadirnya laki-laki yang telah mencintai Anya sejak dulu.

Posesif (2017)

Foto: www.imdb.com

Lala, siswi teladan sekaligus seorang atlet loncat indah, tiba-tiba bertemu dengan murid baru yang bernama Yudhis.  Karena sebuah insiden, keduanya menjadi dekat dan mulai menjalin hubungan. Awalnya hubungan Lala dan Yudhis berjalan sangat indah, namun perlahan menjadi rumit dan berbahaya. Hingga akhirnya mereka dihadapkan dengan pilihan yang sulit, antara cinta dan masa depan.

Toko Barang Mantan (2020)

film romantis indonesia
Foto: www.imdb.com

Tristan, mahasiswa yang tak kunjung lulus ini akhirnya memutuskan untuk mengelola bisnis kecil-kecilan yang diberi nama Toko Barang Mantan. Suatu ketika seorang perempuan datang ke toko dan menjual cincin tunangannya. Perempuan itu bernama Laras, mantan kekasihnya ketika masa kuliah. Kehadiran Laras pun membuat Tristan harus menghadapi dilema tersulit sepanjang hidupnya.

Arini (2018)

Foto: www.imdb.com

Film romantis Indonesia ini menceritakan tentang perjuangan Nick dalam mengejar cintanya. Ketika di Jerman,Nick bertemu dengan perempuan yang bernama Arini. Nick langsung jatuh cinta dan berniat untuk memperjuangkan cintanya. Namun sayangnya, Arini memiliki pengalaman yang buruk. Ia pernah dikecewakan oleh seorang pria hingga membuatnya trauma dan tidak menerima cinta Nick. Lalu, akankah Arini luluh ketika melihat perjuangan Nick?

Selanjutnya: Drama Korea Paling Romantis di Netflix.