Apa Saja Penyebab Rambut Kering? Ini 5 Jawabannya

penyebab rambut kering
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Apa sebenarnya penyebab rambut kering?

Rambut kering tak jarang menjadi musuh banyak perempuan. Soalnya, setiap perempuan pastinya menginginkan rambut yang sehat, berkilau, dan mudah diatur.

Jika rambut menjadi kering, tentu saja akan mengganggu penampilan dan membuatnya terlihat tidak menarik.

Oleh karena itu, baca terus artikel ini untuk mengetahui penyebab rambut kering dan cara merawat rambut kering yang bisa dilakukan di rumah.

Penyebab Rambut Kering

penyebab rambut kering
Foto: www.canva.com

Ketahuilah bahwa penyebab rambut kering ada beberapa faktor, yaitu :

Faktor lingkungan

Percaya tidak percaya, kondisi lingkungan bisa menjadi penyebab rambut kering.

Paparan sinar matahari yang berlebihan atau terlalu sering, dapat menyebabkan rambut menjadi kasar. Tidak hanya itu, suhu udara yang tinggi juga menjadi pengaruh rambut menjadi kering dan mengembang.

Usia

Meskipun bisa dialami oleh semua orang, namun rambut kering juga terjadi ketika usia semakin bertambah. Hal ini karena produksi alami minyak rambut akan semakin berkurang, sehingga menjadi penyebab rambut kering.

Tidak hanya itu, perubahan hormon pada wanita pasca menopause juga bisa menjadi penyebab rambut kering, rapuh, dan berubah warna menjadi putih atau beruban.

Klorin pada air

Bagi kamu yang senang berenang, kemungkinan kolam yang kamu pakai mengandung klorin. Klorin biasanya digunakan untuk membunuh bakteri.

Meski begitu, klorin tidak baik untuk rambut. Pasalnya, zat satu ini dapat menjadi penyebab rambut menjadi kering dan mengembang.

Perawatan rambut yang salah

Perawatan rambut yang salah ternyata bisa menjadi penyebab rambut kering, seperti mencuci rambut terlalu sering, mewarnai rambut, maupun sampo serta kondisioner yang dipakai mengandung bahan kimia keras.

Tidak hanya itu, pemakaian hairdryer maupun catokan juga berpotensi membuat rambut menjadi rusak dan kering.

Masalah kesehatan

Rambut kering juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, sehingga rambut tidak mampu untuk mempertahankan kelembapannya.

Beberapa penyakit yang memungkinkan rambut menjadi kering, yakni gangguan makan seperti anoreksia nervosa, kekurangan gizi, anemia, gangguan hormonal seperti hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme, maupun sindrom Menkes.

Menkes merupakan merupakan kondisi genetik langka ketika tubuh tidak menyerap cukup tembaga.

Cara Mengatasi Rambut Kering

cara mengatasi rambut kering | | Apa Saja Penyebab Rambut Kering? Ini 5 Jawabannya
Foto: www.canva.com

Berikut beberapa cara mengatasi rambut kering yang bisa dilakukan di rumah.

Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat

Setiap orang mempunyai jenis rambut yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu perlu cermat dalam memilih sampo. Untuk rambut kering, pakailah sampo yang memang secara khusus dirancang untuk mengatasi rambut kering.

Adapun hal yang menjadi penyebab rambut kering adalah kulit kepala yang kering. Kondisi tersebut akan menimbulkan ketombe bahkan gatal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung ocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih kandungan zinc pyrithione dan mentol untuk mengatasi ketombe, mengurangi rasa gatal, serta memberikan efek menyegarkan di kulit kepala.

Setelah keramas dengan sampo, jangan lupa untuk memakai kondisioner. Hal ini karena kondisioner dapat membantu memberikan kelembapan dan mengunci nutrisi pada rambut.

Selain itu, kondisioner juga dapat menggantikan minyak alami rambut yang hilang.

Jangan terlalu sering mencuci rambut

Bagi kamu yang sering mencuci rambut hampir setiap hari, segera tinggali kebiasaan tersebut.

Perlu diketahui bahwa mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut akan bertambah kering dan rusak. Maka dari itu, disarankan untuk mencuci rambut setidaknya 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya ketika rambut dirasa kotor.

Beri nutrisi pada rambut

Nutrisi juga diperlukan untuk membuat rambut tetap sehat.

Untuk perawatan dari luar, kamu bisa menggunakan masker rambut setidaknya satu minggu sekali, maupun memakai minyak kelapa untuk mempertahankan kelembapan dan memperkuat rambut sampai ke akar.

Sedangkan perawatan dalam kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi, seperti ikan salmon, jambu biji, maupun sayur bayam untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, jangan lupa untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Kurangi penggunaan alat styling rambut

Meskipun hair dryer dapat mengeringkan rambut dengan cepat, serta catokan dapat menata rambut menjadi rapi, namun alat-alat styling tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi frekuensi penggunaannya, setidaknya satu kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk menggunakan heat protection untuk melindungi rambut dari panasnya alat styling.

Berikan perlindungan pada rambut

Ketika ingin keluar rumah di saat cuaca sedang panas, kamu bisa menggunakan topi atau payung untuk melindungi rambut dari sinar matahari.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang gemar berenang, mulai sekarang pakailah topi renang. Hal ini berguna untuk mengurangi rambut terkena efek klorin yang ada pada air kolam. Jangan lupa untuk segera keramas setelah berenang.

Rekomendasi Produk untuk Rambut Kering

Erhair Bundle Hair Shield Duo

Produk Erha satu ini mengandung healthy cuticle complex, heat protectant, shea butter, dan vitamin E yang akan memperkuat kutikula rambut, serta menutrisi rambut hingga ke lapisan terdalam.

Selain itu, produk ini juga akan memberikan kelembapan pada rambut, serta melindungi rambut dari suhu tinggi alat styling hingga 200C.

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Royal Jelly

Perawatan rambut dari Makarizo berguna untuk rambut kering, kusam, dan bercabang. Dengan kandungan passiflora dan ekstrak royal jelly, maka akan menutrisi rambut agar tidak kering dan tampak sehat.

Selain itu, produk ini juga mengandung multivitamin dan biotin tinggi yang akan meningkatkan keratin pada rambut, serta diformulasikan dengan Ph-Balanced sehingga rambut bebas dari iritasi.

Kerastase Shampoo Rambut Kering-Bain Satin

Diperuntukan rambut normal dan kering, sampo dari Keratase mengandung antioksidan yang menghidrasi, memberikan nutrisi, serta melindungi rambut jangka panjang. Dengan begitu, rambut akan terasa lebih lembut dan sehat.

error: Konten dilindungi !!