Apa Gunanya Shampoo Dan Bagaimana Cara Keramas Yang Tepat? Ini Kata Ahli

kegunaan shampoo
Foto: www.freepik.com

Meski sering disepelekan, namun memilih sampo juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. Meski kegunaan shampoo hanya untuk membersihkan rambut, namun kandungan yang ada di dalamnya ternyata memiliki manfaat yang cukup beragam. Sehingga penting untukmu memilih produk yang bahannya sesuai dengan kebutuhan rambut.

Jika kamu sedang mencari sampo yang cocok untuk jenis rambut, maka simak penjelasan dari dr. July Iriani Rahardja SpDV, MM, Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dari RS Karya Medika Bekasi dan Bekasi Skin Center, yang akan menjelaskan kegunaan shampoo dan cara keramas yang benar.

Apa Itu Sampo?

kegunaan shampoo
Foto: www.canva.com

Dokter July memaparkan bahwa sampo merupakan salah satu produk perawatan rambut dan kulit kepala. Produk ini berupa sabun atau cairan pembersih.

Ia menambahkan bahwa kegunaan shampoo adalah untuk “membersihkan kulit kepala dan rambut. Serta untuk menghilangkan kotoran, bakteri, keringat, dan sebum yang terdapat pada permukaan kulit kepala atau rambut,” ujarnya.

Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Tepat?

Foto: www.canva.com

Untuk membersihkan rambut dari kotoran, maka kita perlu memilih sampo yang tepat agar nantinya dapat mengangkat bakteri, keringat, dan minyak yang ada. Berikut cara memilih sampo yang tepat menurut Dokter July:

  • Mampu mencuci rambut serta kulit kepala secara keseluruhan
  • Tidak toksik dan tidak menimbulkan iritasi
  • Memiliki konsistensi yang stabil
  • Dapat dengan mudah dibilas menggunakan air
  • Kandungannya tidak membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering

Jika memang terdapat permasalahan yang mengganggu, baik itu pada kulit kepala atau rambut, maka sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Apa Saja Bahan Kandungan yang Perlu Diperhatikan dalam Produk Sampo?

kegunaan shampoo
Foto: www.freepik.com

Untuk memaksimalkan kegunaan shampoo, maka ada baiknya “kandungan yang ada di dalamnya perlu disesuaikan dengan permasalahan rambut dan kulit kepala yang sedang dihadapi,” tuturnya.

Sampo untuk rambut kering

Bagi pemilik rambut kering perlu untuk memilih produk yang dapat menghidrasi sekaligus melembapkan. Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin yang satu ini, “kandungan yang bisa digunakan adalah bahan alami seperti minyak almond dan minyak kelapa,” ungkapnya.

Sampo untuk rambut berminyak

Sementara untuk rambut berminyak, maka disarankan untuk menggunakan produk sampo yang mengandung “lauryl sulfate atau sulfosuccinate. Selain itu bisa juga memilih produk yang mengandung bahan alami seperti tea tree oil atau minyak lemon,” lanjutnya.

Untuk rambut diwarnai

Jika kamu memiliki rambut yang diwarnai, besar kemungkinan pasti rambut akan berubah menjadi kasar, mudah kusut, dan berubah warna.

Oleh karena itu memerlukan produk khusus yang bertujuan untuk “melembutkan sekaligus dapat menyimpan dan mempertahankan warnanya, agar tidak luntur dan menjadi kuning. Untuk itu, pilihlah sampo yang berbasis protein, seperti ekstrak gandum dan kedelai,” sarannya.

Dokter July juga menambahkan bahwa terdapat beberapa bahan yang perlu dihindari dalam produk sampo, di antaranya adalah “formaldehid, polyethylene, glicols, dan isopropyl alcohol. Karena bahan-bahan ini dapat meningkatkan risiko iritasi dan reaksi alergi. Serta bisa membuat rambut semakin kering dan mudah patah,” terangnya.

Bolehkah Kita Menambahkan Bahan Lain ke dalam Produk Sampo?

Foto: www.freepik.com

Beberapa orang menganggap bahwa terdapat bahan-bahan alami yang diduga memiliki banyak manfaat saat ditambahkan ke dalam sampo. Seperti misalnya penambahan garam dan baking soda. Namun ternyata, hal ini sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan.

Sebab, “pH baking soda dan garam yang lebih tinggi dari kulit kepala dapat membuat rambut lebih kering dan lebih mudah rusak. Selain itu, bahan tersebut juga dapat meningkatkan gesekan antara serat rambut, sehingga nantinya rambut pun dapat lebih mudah patah,” jelasnya.

Lantas, bagaimana dengan penambahan kopi yang belakangan ini menjadi viral, apakah boleh digunakan untuk keramas?

“Kopi sebenarnya dikatakan dapat mengaktifkan sel pada folikel rambut. Namun penggunaan kopi yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko meningkatnya iritasi. Hal ini bisa ditandai dengan adanya kemerahan dan gatal di kulit kepala. Selain itu, nantinya juga dapat memperburuk kondisi kulit kepala yang sedang bermasalah,” terangnya.

Bagaimana Cara Mencuci Rambut yang Tepat?

kegunaan shampoo
Foto: www.canva.com

Selain memilih sampo yang tepat, maka kamu juga perlu mencuci rambut dengan benar agar nantinya kegunaan dari sampo ini bisa terasa lebih maksimal. Berikut cara keramas yang disarankan oleh Dokter July:

Pilih produk sampo

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan adalah memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Hal ini nantinya dapat memudahkanmu untuk memaksimalkan kebutuhan dari rambut. Karena jika salah memilih produk, khawatir akan membuat rambut menjadi rusak dan menimbulkan masalah baru.

Basahi rambut dengan air hangat

Selanjutnya, cobalah untuk membasahi rambut secara merata dengan menggunakan air hangat. Karena “air hangat dapat membantu untuk membuka kutikel pada rambut. Sehingga nantinya penetrasi sampo akan lebih baik, dan juga dapat menyingkirkan kotoran serta minyak pada rambut,” ungkapnya.

Gunakan sampo secukupnya

Meski tidak ada takaran yang tepat, namun disarankan untuk  menggunakan sampo secukupnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan ketebalan dan panjang dari rambut. Kamu bisa menuangkan sampo terlebih dahulu pada tangan, kemudian usap hingga menimbulkan busa dan mulai mengaplikasikannya pada rambut.

Pijat kulit kepala

Setelah meratakan sampo pada rambut, maka sebaiknya jangan lupa untuk memijat kulit kepala secara perlahan dan lembut. Selain untuk membantu kandungannya lebih menyerap, memijat kulit kepala juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Bilas rambut

Jangan lupa untuk membilas rambut secara bersih dan merata. Pastikan rambutmu tidak terasa licin, karena hal tersebut menandakan bahwa seluruh kotoran dan sampo tidak ada yang tersisa.

Gunakan kondisioner

Selanjutnya, jangan ketinggalan untuk mengaplikasikan kondisioner. Kamu bisa mengoleskan produk pada ujung rambut sebagai perlindungan tambahan pada rambut. Pastikan kamu memilih kondisioner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut.

Keringkan rambut dengan benar

Langkah terakhir, cobalah untuk mengeringkan rambut dengan cara yang tepat. Usahakan untuk tidak menggunakan hair dryer yang akam membuat rambut menjadi kering. Untuk itu, kamu bisa membiarkan rambut agar kering dengan sendirinya.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Saat kamu memilih produk yang tidak tepat, tidak jarang hal tersebut bisa menimbulkan efek samping dengan “mengakibatkan iritasi dan rambut menjadi mudah rusak,” ujar Dokter July.

Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan lebih lanjut jenis dan kebutuhan dari rambut. Kemudian pilih produk yang memang dirancang untuk mengatasi masalah rambutmu.

Namun jika mengalami efek samping dari produk sampo, maka disarankan untuk “berhenti menggunakan produk tersebut. Kemudian konsultasikan kepada dokter spesialis kulit,” sarannya.

Dokter July menegaskan agar jangan lupa “memilih kandungan yang memang sesuai dengan jenis rambut. Serta gunakan sampo dengan bijak,” tutupnya.