8 Langkah Mudah Mendapatkan Glass Skin Menurut Dokter Kulit

cara mendapatkan glass skin menurut dokter kulit
Foto: www.canva.com

Memiliki kulit yang bercahaya memang menjadi idaman dari kebanyakan orang. Apalagi saat ini telah hadir istilah glass skin yang benar-benar membuat wajah tampak semakin memukau.

Untuk mendapatkan glass skin, pastinya diperlukan perawatan yang rutin.

Untuk itu, LIMONE telah menghubungi dr. Putu Marcelina N. Hartono, Sp.KK, M.Kes, anggota Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia dan Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia serta Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin dari Zap Clinic Bali dan Lumi Clinic.

Apa Itu Glass Skin?

apa itu glass skin | | 8 Langkah Mudah Mendapatkan Glass Skin Menurut Dokter Kulit
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, glass skin adalah suatu istilah yang pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan. “Istilah ini menggambarkan kulit yang bersih, seolah-olah tanpa pori-pori, terlihat flawless, tampak kencang, kenyal, dan cerah bersinar, sehingga tampak bening dan transparan seperti pantulan kaca,” tuturnya.

Lantas berbedakah dengan pengertian dewy skin?

Menurut Dokter Marcelina ini sangat berbeda dengan istilah dewy skin. “Karena dewy skin merupakan gaya makeup dengan hasil akhir yang glowing, sehingga kulit wajah akan tampak sangat sehat,” jawabnya.

Pada glass skin, ini tidak menggunakan produk makeup yang berat seperti foundation atau BB cream. Namun lebih mengutamakan penggunaan moisturizer sehingga menonjolkan kecantikan kulit yang alami.

Adakah Manfaat Memiliki Glass Skin Ini?

cara mendapatkan glass skin menurut dokter kulit
Foto: www.canva.com

“Saat memiliki kulit sebening kaca, berarti itu tandanya kita mendapatkan kulit sehat. Serta akan lebih percaya diri tanpa harus menggunakan riasan atau foundation yang berlebihan,” ungkapnya.

Pada kondisi kulit yang sebening kaca, hal ini menandakan bahwa kulit kita berada dalam kondisi yang sehat. “Oleh karenanya, untuk memperoleh kulit ini, disarankan agar kamu membuat kulit menjadi sehat terlebih dahulu,” sarannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Glass Skin?

cara mendapatkan glass skin menurut dokter kulit
Foto: www.pexels.com

Kulit yang sebening kaca akan ditandai dengan kulit yang bersih, halus, dan terhidrasi dengan baik. Serta terasa kenyal dan cerah bersinar, sehingga seolah-olah kulit tidak memiliki pori-pori.

“Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan sebening kaca, kuncinya adalah merawat wajah secara konsisten dan rutin. Serta didukung oleh penggunaan produk perawatan kulit secara bertahap yang disesuaikan dengan tipe kulit masing-masing orang,” katanya.

Beruntungnya, perawatan untuk mendapatkan kulit sebening kaca ini bisa dilakukan di rumah atau di klinik kecantikan.

“Saat ini, di klinik-klinik kecantikan sudah bisa ditemukan berbagai macam perawatan untuk memeroleh glass skin, antara lain Korean glass skin facial, mikrodermabrasi, injeksi microbotox, skin booster, stem cell, DNA salmon, serta berbagai jenis laser, salah satunya laser diode,” ungkap Dokter Marcelina.

Selain itu, kita juga bisa memeroleh kulit sebening kaca dengan melakukan perawatan di rumah dengan melakukan tahapan skincare routine berikut:

Double cleansing

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan produk pembersih wajah berbahan dasar minyak atau susu (cleansing oil atau cleansing milk).

“Sebagai produk pembersih pertama, pilihlah produk yang tidak rentan menyumbat pori. Langkah ini berfungsi untuk mengangkat riasan, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah,” ujar Dokter Marcelina.

Kemudian di tahap kedua adalah membersihkan wajah denga sabun cuci muka biasa sesuai dengan jenis kulit.

“Tujuannya adalah untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, atau kotoran yang berisiko menyumbat pori-pori kulit, mengatasi noda, serta mengangkat sel kulit mati,” lanjutnya.

Eksfoliasi

Dokter Marcelina menjelaskan bahwa eksfoliasi wajah setiap seminggu sekali juga penting untuk memeroleh glass skin. “Eksfoliasi ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tampak lebih cerah dan bersih,” ungkapnya.

“Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (asam glikolat, asam sitrat, asam laktat, asam malat, dan asam mandelat) dan BHA (asam salisilat),” ujarnya.

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari melakukan langkah ini lebih dari dua kali dalam seminggu, serta gunakan produk eksfoliator yang sangat lembut agar nantinya kulit tidak rentan iritasi.

Toner wajah

Setelah mencuci muka, disarankan untuk menggunakan toner wajah yang diaplikasikan dengan kapas.

Produk perawatan wajah ini dapat mengembalikan pH kulit yang hilang ketika membersihkan wajah, sekaligus dapat memaksimalkan penyerapan produk skincare yang digunakan selanjutnya.

Essence

Dokter Marcelina menambahkan bahwa penggunaan essence atau produk pelembap berbasis air secara rutin, dapat membantu melembapkan kulit serta membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

“Cara pemakaiannya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan,” tuturnya.

Serum atau face oil

Produk perawatan selanjutnya untuk mendapatkan kulit yang bening adalah serum wajah atau face oil.

Untuk mendapatkan glass skin, “gunakanlah serum yang mengandung vitamin C dan asam hyaluronat yang dapat melembapkan kulit dan membantu kulit menjadi lebih cerah” sarannya.

“Untuk seseorang yang memiliki masalah jerawat, gunakan serum wajah yang mengandung asam salisilat. Bila ingin memakai face oil, pilihlah produk yang melembapkan dan mengandung banyak antioksidan. Sehingga mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab penuaan kulit,” terang Dokter Marcelina.

Pelembap

Urutan pemakaian produk skincare untuk mendapatkan kulit bening yang tidak boleh terlewat adalah mengoleskan pelembap.

“Pemakaian pelembap ini berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga wajah akan tampak kenyal dan halus. Bagi pemilih kulit wajah kering pilihlah pelembap dengan tekstur krim, sedangkan jenis kulit wajah yang berminyak disarankan untuk menggunakan pelembap bertekstur gel,” ujarnya.

Sunscreen

Kemudian, sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib untuk digunakan. Sebab, tabir surya ini berfungsi untuk membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari.

“Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Dan pastikan untuk mengoleskannya 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah, serta diulangi kembali pemakaiannya setiap dua hingga tiga jam,” sarannya.

Masker wajah

Yang terakhir, cara menjaga kesehatan kulit agar mendapatkan glass skin adalah dengan menggunakan masker wajah.

“Untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat, kamu bisa memakai masker wajah jenis clay mask yang mampu membersihkan wajah dan mengurangi pori-pori tanpa membuat kulit menjadi kering atau iritasi,” katanya.

“Sedangkan untuk kulit normal dan kering, dianjurkan untuk menggunakan sheet mask yang dapat menghidrasi sekaligus memberikan efek instant glow,” lanjutnya.

Perlukah Berkonsultasi dengan Dokter untuk Mendapatkan Glass Skin?

cara mendapatkan glass skin menurut dokter kulit
Foto: www.xframe.io

Dokter Marcelina menjelaskan bahwa sesungguhnya pada kulit normal dan tanpa masalah, glass skin ini bisa diperoleh dengan penggunaan skincare rutin di rumah.

“Namun pada kulit wajah yang bermasalah, seperti sensitif, flek, dan jerawat, perlu berkonsultasi sebelumnya dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Sehingga nantinya masalah kulit dapat teratasi dan mendapatkan kulit bening yang sehat,” jelasnya.

Jika dalam penggunaan skincare rutin mulai timbul masalah seperti kulit berjerawat dan sensitif, maka perlu juga berkonsultasi dengan dokter untuk memilih produk yang tepat.

Namun, bisakah sebenarnya kita mendapatkan kulit sebening kaca dengan cara yang alami?

“Kunci untuk mendapatkan kulit sebening kaca secara alami adalah dengan menjalankan perawatan diri yang sehat dan seimbang,” jawabnya.

Antara lain ditunjang dengan banyak minum air putih setidaknya dua liter per hari, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol, asupan makan yang sehat (asam lemak omega-3, asam oleat, buah-buahan, dan sayuran segar), serta tidur yang cukup.

Adakah Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mendapatkan Glass Skin?

adakah hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan glass skin | | 8 Langkah Mudah Mendapatkan Glass Skin Menurut Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

“Untuk mencapai kulit sebening kaca, tidak selalu memakai satu pendekatan yang dapat cocok untuk segala jenis kulit. Oleh karena itu, pendekatannya harus disesuaikan dengan jenis serta kebutuhan kulit masing-masing,” paparnya.

Pada kulit sensitif, carilah pembersih wajah yang lembut dan bebas sulfat. Serta gunakan produk dengan kandungan alamiah yang dapat menenangkan kulit, seperti teh hijau, ginseng, dan ekstrak chamomile.

“Sementara pada kulit berminyak atau kombinasi, selalu gunakan pembersih yang lembut dan ringan, dan tidak mengelupaskan kulit secara berlebihan. Jangan khawatir jika ingin menggunakan face oil, karena produk ini dapat membantu meregulasi sebum yang diproduksi kelenjar minyak,” lanjutnya.

Untuk kulit berjerawat, disarankan untuk menggunakan exfoliator atau serum yang mengandung asam salisilat.

“Zat ini dapat berpenetrasi lebih dalam dibanding formula yang larut air, serta dalam melunakkan kulit mati, sehingga kulit baru dapat muncul ke permukaan,” anjurnya.

Kesimpulan

glass skin | | 8 Langkah Mudah Mendapatkan Glass Skin Menurut Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

Ketika kita tidak merawat wajah secara konsisten dan rutin, nantinya wajah akan tampak kusam, tidak bercahaya, tidak kenyal, dan bisa muncul permasalahan kulit lainnya.

Dan saat muncul beberapa masalah kulit, maka konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dokter Marcelina kembali mengingatkan bahwa “glass skin bukan didapatkan dari keajaiban genetik. Namun bisa didapatkan melalui perawatan wajah dari luar maupun dalam, dengan rutin dan konsisten serta disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing,” tutupnya.