Jika Kamu Berencana untuk Traveling Solo, Datangi Tempat Ini

Foto: www.shutterstock.com

Traveling solo? Siapa takut—memang menakutkan untuk pertama kalinya. Butuh tekad dan persiapan mental (dan duit) untuk melakukannya, terutama jika tujuanmu adalah negara asing. Namun, jika kamu bertanya kepada mereka yang sudah pernah melakoninya, mereka pasti akan menjawab: “Sangat memuaskan dan rewarding!” Oleh karena itu, bagi kamu yang super duper penasaran seperti apa enak dan bahagianya traveling solo, berikut beberapa destinasi yang bisa kamu datangi sebagai tempat pertamamu.

*Sebuah tips: selalu bijak dan gunakan common sense saat berada di kota dan negeri orang agar traveling solo kamu tepat nyaman dan aman.

SINGAPORE

Foto: www.freepik.com

Ini adalah negara paling aman di dunia (bahkan menurut sebuah penelitian, negara kedua teraman di dunia), sehingga memang patut menjadi tujuan paling atas di daftar traveling solomu. Meski lebih dianggap sebagai sebuah tempat belanja dibandingkan jalan-jalan dan liburan, negara kecil ini menawarkan segalanya!

Selama liburan di sana, jangan lupa mengeksplor tanaman dan tumbuhan langka di Gardens by the Bay, jajal trek pendakian di Cloud Forest yang merupakan lokasi air terjun indoor terpanjang di dunia. Saat perutmu keroncongan, pastikan mampir ke Satay the Bay, yang memiliki 19 kios makanan yang menjual berbagai kudapan lokal.

STOCKHOLM

Foto: www.shutterstock.com

Seandainya saja kamu hanya bisa traveling solo ke satu tempat di Eropa, pastikan Stockholm menjadi pilihanmu. Negara Skandinavia (Norwegia, Swedia, dan Denmark) memang termasuk ke dalam daftar “kawasan teraman di dunia” versi Prosperity Index 2015, dengan Swedia berada di urutan kelima dari seluruh negara di dunia. Akan tetapi keamanan tidak menjadi satu-satunya alasan untuk melancong ke kota ini, karena orang-orang Swedia terkenal super trendi dan merek lokal mereka pun sudah mendunia (baca: H&M). Belum lagi, dekorasi rumah mereka (baca: lagom) yang sedang naik daun!

Pastikan untuk mencobai satu dari deretan kafe cantik dan nikmati “menonton” orang yang lalu lalang. Banyak juga atraksi historik, termasuk Royal Palace, Vasa Museum, dan Gamla Stan (disebut “old town” berkat gedung-gedung warna-warni bergaya Barok dan gereja-gereja gotik). Jangan lupa beli Stockholm Pass untuk free entry ke lebih 60 atraksi dan penggunaan transportasi publik.

BALI

Foto: www.freepik.com

Untuk yang sering bolak-balik Bali, pasti tahu betapa cantik—dan amannya provinsi ini. Bisa dikatakan ini merupakan tempat yang pas banget untuk siapa pun untuk rileksasi, luruskan kaki, dan menikmati pemandangan pantai atau sawah yang super hijau.

Tidak hanya pemandangannya yang bikin ternganga kagum, warga lokal juga merupakan faktor penting yang membuat liburan menyenangkan—mereka super ramah, hangat dan menerima tamu dengan tangan terbuka. Oh, Bali juga merupakan salah satu destinasi utama bagi para backpacker dari seluruh dunia, jadi kamu akan dengan mudah mendapatkan teman nongkrong baru!

TOKYO

Foto: www.shutterstock.com

Pernah menonton film Lost in Translation—dan sampai sekarang masih menganggapnya sebagai salah satu film terbaik sepanjang sejarah manusia (media ini pun memberikan predikat tersebut)? Jika kamu ingin napak tilas momen-momen penting di film tersebut, maka terbanglah ke Tokyo. Kota yang penuh dengan vibrasi ini menjadi satu-satunya kota di dunia yang masuk ke dalam semua kategori teraman versi EIU index 2019 (terdapat 4 kategori: sisi digital, kesehatan, infrastruktur dan personal). Sebagai ibukota Jepang, kota metropolis ini memiliki penduduk terbanyak di negara tersebut, sehingga bisa dibayangkan betapa serunya jalan-jalan di sini!

Tidak perlu takut apabila tidak bisa bahasa Jepang, karena dengan hanya bermodalkan senyum ramah, bahasa Inggris/Jepang yang terbata-bata, dan aplikasi Google Translate, kamu tetap bisa menikmati kota ini! Jangan lupa ke Shibuya, mampir ke toko-toko anime, dan Harajuku. Jika kamu ingin menikmati musim bunga sakura, pastikan datang awal April.

MACEDONIA

Foto: www.shutterstock.com

Menurut Hostelworld Macedonia adalah destinasi kedua paling populer di antara traveler solo perempuan. Alasannya? Negara mungil di Eropa bagian timur ini aman dan sangat terjangkau. Berlokasi di antara Yunani, Albania, Kosovo, Serbia, dan Bulgaria, negara yang hampir sebagian besar wilayah berupa daratan ini memiliki lanskap dengan atraksi natural yang tidak ada habisnya.

Sebagian besar rambu-rambu jalan ditulis dalam huruf Cyrillic, sehingga mungkin sulit menentukan arah dan apa di mana. Akan tetapi, warga lokal akan dengan senang hati membantumu bahkan ketika mereka tidak mengerti bahasa verbalmu.

UNITED ARAB EMIRATES

Foto: www.shutterstock.com

Abu Dhabi dan Dubai adalah dua kota paling terkenal dari kawasan ini. Dan memang bisa dimaklumi karena sangat indah, kaya dengan budaya dan sejarah.

Untuk para wanita, kamu bisa berjalan di malam hari di hampir setiap sudut kota dengan rasa aman. Rekomendasi: gunakan Pink Taxis, servis transportasi khusus untuk wanita dan keluarga yang dikemudikan oleh perempuan lokal yang memakai tutup kepala, burka dan jilbab berwarna pink

HONG KONG

Foto: www.shutterstock.com

Jangan terpengaruh dengan unjuk rasa yang terjadi dan membuatmu batal ke Hong Kong, karena wilayah ini sangat aman. Bahkan menurut EIU Index 2019, wilayah administratif khusus ini sangat aman dari sisi personal security.

Ibarat kata, Hong Kong adalah salah satu kota metropolis terkeren di planet Bumi. Pasalnya, kota ini memiliki daftar panjang pusat-pusat budaya yang harus kamu kunjungi, tempat makan enak yang tidak terhitung banyaknya, dan pastinya pusat belanja. Pastikan kamu mengunjungi Victoria Peak, Tian Tan Buddha yang panjangnya mencapai 111 meter, Tsing Ma Bridge, Lan Kwai Fong dan SoHo (untuk belanja, nightlife dan party! Yuhuuu!) dan berbagai museum menarik (Hong Kong Museum of History, The Popsy Room, the Museum of Art, dan Dr Sun Yat-sen Museum).

podcast button