7 Model Sepatu yang Wajib Dimiliki Perempuan Usia 30an

Ada banyak hal yang menjadikanmu resmi menjadi perempuan dewasa, salah satunya muncul berbagai cicilan dan pajak yang harus dibayar. Plus, pilihan model sepatu wanita yang berbeda ketika kamu masih berumur 17-an atau awal 20-an.

Setelah hidup tiga dekade, kemungkinan besar kamu sudah mengetahui baju dan pakaian apa yang cocok untukmu. Lalu bagaimana dengan sepatu? Model sepatu apa yang cocok untuk kamu, wanita yang berusia 30-an? Coba cek daftar koleksi sepatu di bawah ini, dan mulailah berinvestasi—alias, membeli sepatu model ini dengan kualitas terbaik agar tahan lama dan mudah dipadukan dengan semua koleksi pakaian di dalam lemarimu.

Pump Super Nyaman

Yep, hak tinggi akan membuat kakimu terlihat sepanjang milik Karlie Kloss. Namun, tetap saja hal tersebut tidak berbanding lurus dengan kesakitan yang kamu alami. Untungnya, dengan memakai pump dengan hak setinggi tiga-empat inci efek kaki panjang pun bisa tercapai—bedanya, minus rasa sakit. Pilih pump dengan pointed-toe atau hak ramping agar kaki terlihat semakin jenjang. Lalu, padukan dengan apapun, termasuk gaun, jeans, atau cropped pants.

Tory Burch – Gigi 55mm Round Toe Pump-C
Michael Kors – Textured 55mm Pumps

Sneakers Putih yang Bisa ke Pesta dan Nongkrong

Wajib diingat: ini adalah sepatumu yang mungkin akan bekerja sangat keras mendampingimu setiap hari. Pasalnya, sneakers putih bisa dipadukan dengan apapun, entah itu boyfriend jeans, gaun, atau rok. Hanya pastikan, dalam keadaan bersih dan putih.

Adidas by Stella McCartney – X Adidas Stan Smith Sneakers
Superga – 2750-Cotwgradient

Loafer Super Chic

Meminjam dari koleksi pria, loafer adalah salah satu model sepatu wanita yang wajib kamu miliki. Pasalnya, penampilanmu langsung terlihat rapi tanpa harus bekerja keras dan membuat kaki kesakitan. Tergantung lingkungannya, kamu bisa memilih loafer sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaanmu. Meski begitu, tidak bisa disangkal bahwa loafer hitam dengan gaya minimalis tidak akan pernah ketinggalan jaman.

ALDO – Gwaulith
model sepatu wanita
GUCCI – Double G Loafers

Sandal Cantik (Bukan Sandal Jepit)

Sandal jepit mungkin cantik—jika dipakai di kolam renang atau kamar mandi. Jadi, ketika umur sudah bertambah tapi sandal jepit bukan lagi menjadi pilihan yang tepat untuk dipakai bepergian, alternatifnya adalah memakai sandal cantik. Dan hei, pilih sandal dengan warna netral agar mudah dipadukan dengan atasan apapun.

model sepatu wanita
Pieces – Analine Leather Sandals
model sepatu wanita
Massimo Dutti – Multi-strap Criss-cross Sandals

Espadrilles Nyaman dan Cantik

Saat musim panas tiba, model sepatu wanita ini akan muncul di mana-mana. Tapi tahukah kamu bahwa espadrilles pertama kali diciptakan 90 tahun yang lalu di Spanyol oleh sebuah merek bernama Castañer? Seperti banyak item mode lainnya (trench coat, bomber jacket, atasan Breton), model sepatu ini awalnya dipakai oleh para militer, terutama saat Perang Sipil Spanyol.

Namun, kemudian ceritanya berubah ketika negara-negara Nordik mulai memakainya sebagai fashion item. Lorenzo Castañer dan istrinya, Isabel Castañer, adalah dua orang yang berjasa menaikkan pamor sepatu ini ke dunia mode. Dan hebatnya, espadrilles bisa dikombinasikan dengan apapun, mulai dari skinny denim, blazer, sampai fancy haute couture.

Mango – Lace-up Leather Espadrilles
model sepatu wanita
Manebi – Round Toe Denim Espadrilles

Ballerina Shoes yang Bisa Dipakai Setiap Hari

Percayalah, selalu ada gunanya menyimpan sepasang ballerina shoes, entah itu di bawah meja kantor atau di dalam tas. Terutama, jika kamu ke kondangan dan memakai high heels, dan ingin menggantinya setelah selesai makan dan salaman.

model sepatu wanita
Anna Baiguera – Malikaflex Bow-embellished Ballerina Shoes
model sepatu wanita
H&M – Ballet Pumps

Statement Heels yang Membuat Hati Senang

Sepatu ini mungkin bukan yang ternyaman di dalam koleksimu. Dan mungkin bukan juga sepatu termurah. Akan tetapi, entah kenapa setiap kali memakainya, kamu mendadak tersenyum sepanjang hari dan hati ceria.

model sepatu wanita
Giuseppe Zanotti – Siuxsie Rose-detail Sequin Sandals
model sepatu wanita
MIU MIU – Geometric Pattern Ankle Boots

Selanjutnya: Ini panduan lengkap memakai high heels agar kaki tidak lecet dan jempol tidak copot.

podcast button