7 Sepatu Boots Wanita untuk Penampilan yang Lebih Elegan dan Chic

sepatu boots wanita
Foto: www.rawpixel.com
Terakhir diperbarui:

Sepatu boots merupakan salah satu kebutuhan wanita untuk menunjang penampilan. Sepatu boots dirancang sedemikian rupa untuk memberikan penampilan yang elegan, untuk itu sepatu boots wanita memiliki beragam gaya dari mulai rendah hingga setinggi lutut. Jika kamu tertarik untuk melengkapi koleksi sepatumu dengan menambahkan sepatu boots, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. 

Tips Memilih Sepatu Boots Wanita

sepatu boots wanita
Foto: www.unsplash.com

Saat memilih sepatu boots pastinya kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk kenyamanan dan menunjang penampilanmu. Salah satu yang perlu kamu pertimbangkan adalah bentuk tubuhmu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

1. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Boots untuk tubuh mungil

Untuk kamu yang memiliki tubuh mungil atau tidak terlalu tinggi, maka kamu akan cocok memakai boots yang memiliki hak yang agak tinggi. Kamu bisa memilih ankle boots yang memiliki tinggi di pergelangan kaki dan usahakan untuk menghindari pemakaian boots yang setinggi lutut, calf boots, dan sepatu boots dengan tali.

Boots untuk tubuh tinggi

Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan langsing, kamu dapat memilih seluruh jenis sepatu boots karena akan cocok dengan penampilanmu. Namun kamu dapat mencoba menggunakan sepatu boots over-the-knee yang dapat membuat kakimu terlihat jenjang dan ramping.

Boots untuk kaki lebar

Wanita dengan kaki lebar harus menghindari sepatu boots dengan ujung yang lancip yang dapat memperluas tampilan kakimu. Kamu bisa memilih sepatu boots yang memiliki bagian tumit yang ramping. 

Boots untuk betis lebar

Pemilik betis lebar pastinya akan memilih sepatu boots chelsea yang memiliki bahan elastis yang lebih nyaman ketika dipakai. Selain itu, kamu dapat menggunakan sepatu boots bertali dan hindari memilih sepatu dengan ukuran setinggi betismu.

Boots untuk betis kecil

Memilih sepatu boots untuk pemilik betis kecil merupakan hal yang sulit, namun bahan elastis biasanya merupakan pilihan terbaik bagi pemilik betis kecil. Karena bahan elastis dapat menyesuaikan dengan bentuk betismu, sehingga sepatumu tidak terlihat lebih besar. Selain itu kamu juga bisa memilih sepatu boots yang bisa dikencangkan oleh tali. 

2. Pilih ukuran yang sesuai

Ukuran kaki bisa berubah tergantung dengan jenis sepatu dan merek. Untuk itu, lebih baik kamu menyiapkan ukuran kakimu dengan mengukurnya pada kedua kaki. Hal ini bertujuan untuk mencari ukuran yang pas untuk memilih boots. Kamu juga bisa mencoba sepatu ketika sore atau malam hari.

3. Pilih sol yang nyaman

Sol atau bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Karena sol dalam akan menopang setiap bagian kaki agar tetap fleksibel dan menyesuaikannya dengan gerakan kaki. Untuk itu ketika mencoba sepatu boots, maka kamu perlu berjalan-jalan di sekitar sehingga merasakan kenyamanan pada kakimu ketika bergerak.

4. Periksa fleksibilitas

Kamu dapat menguji fleksibilitas bagian luar dan atas dari sepatu boots dengan menekuk bagian depan dan memeriksa bagian lengkungan. Pilihlah sepatu boots yang memiliki hak yang lebar dan tebal agar membantu menjaga keseimbanganmu. Beberapa hal ini dapat memengaruhi kenyamanan kakimu ketika bergerak. 

5. Pilih bahan yang tepat

Pastikan kamu memilih bahan yang tepat dengan mempertimbangkan kenyamanan. Sepatu boots berbahan kulit akan terasa lembut dan membentuk kakimu ketika digunakan, namun kamu perlu berhati-hati untuk menjaga kulit agar tidak pecah.

Jenis-jenis Sepatu Boots Wanita

Berikut 7 jenis sepatu boots yang dapat kamu pilih:

Ankle boots

Ankle boots merupakan salah satu jenis boots yang banyak dimiliki oleh wanita. Sepatu ini memiliki batas tinggi hingga mata kaki, sehingga akan cocok digunakan dalam segala suasana.  Ankle boots juga dapat memiliki hak yang rendah, sedang, atau tinggi. Hal ini dapat disesuaikan dengan pemakaianmu. 

sepatu boots wanita
Stradivarius – Flat Ankle Boot with Double Laces
H&M – Suede Ankle Boots

Over-the-Knee boots

Semua sepatu boots yang memiliki tinggi di atas lutut termasuk ke dalam kategori over-the-knee boots. Meski akan memerlukan waktu lebih ketika memakainya, namun sepatu jenis ini akan membuatmu terlihat keren. Kamu dapat memadukannya dengan atasan yang memiliki ukuran besar atau oversize dan hindari memilih sepatu dengan hak yang terlalu rendah. 

sepatu boots wanita
PIMKIE – Over-the-knee Suede Heeled Boots
Saint Laurent – 76 Leopard-print Over-the-knee Boots

Knee-High Boots

Sepatu boots ini memiliki batas tinggi tepat di bawah lutut. Akan sangat cocok jika digunakan di musim dingin dan kamu dapat memadukannya dengan sweater hangat dan celana panjang agar membuatmu tetap hangat. Selain itu kamu juga dapat menyesuaikan tinggi haknya.

sepatu boots wanita
Call It Spring – Sterna Boots
Massimo Dutti – Heeled Animal Print Leather Boots

Calf Boots

Sepatu boots ini lebih tinggi dibanding ankle boots dan lebih rendah dibanding knee-high boots, tepat setinggi betis. Sepatu jenis ini cocok untuk kamu yang ingin terlihat lebih tinggi. Kamu dapat memadukan calf boots dengan celana jeans agar membuat kakimu terkesan lebih ramping.

sepatu boots wanita
Moma – Lace-up Mid Calf Boots
Paris Texas – Ruched Mid-calf Boots

Wedge Boots

Seperti namanya, boots jenis ini memilik hak lebar dan menyesuaikan tumit, mirip dengan sepatu wedges. Sepatu ini akan membuatmu tampil lebih tinggi namun tetap terasa nyaman ketika berjalan

sepatu boots wanita
Clergerie – Belent Wedge Boots
Jil Sander – Wedge 65mm Ankle Boots

Chelsea Boots

Sepatu boots ini berasal dari zaman Victoria, memiliki kesan yang simpel namun akan membuat penampilanmu terlihat edgy. Boots ini dirancang dengan model slip on yang membuatnya sangat praktis ketika akan memakainya.

sepatu boots wanita
TOPSHOP – Harbour Burgundy Leather Chelsea Boots
ZARA – Bot Semata Kaki Rata Sol Trek

Peep Toe Boots

Boots ini memiliki model yang memperlihatkan ujung jari kaki, sehingga cocok digunakan untuk acara kasual atau semi-formal. Kamu dapat memadukan sepatu boots ini dengan rok yang akan menambah kesan feminin pada penampilanmu.

Officine Creative – Helyette Open-toe Booties
sepatu boots wanita
Marsèll – Open-toe Lace-up Boots

Selanjutnya: Panduan Memilih Sepatu Kets agar Tidak Salah Beli.