11 Cara Memakai Rok Lilit untuk Tampilan Super Chic

Rok lilit
Foto: www.gettyimages.com

Sejak pertama kali diperkenalkan pada akhir 1960-an, rok lilit memang menjadi item yang populer di kalangan wanita hingga saat ini. Tidak hanya identik menjadi pakaian yang digunakan untuk menghadiri pesta pernikahan, jenis rok yang satu ini juga bisa digunakan untuk sehari-hari.

Meski terlihat rumit, namun kenyataannya kamu bisa mengenakannya dengan berbagai bentuk, gaya, dan panjang, serta sesuai dengan yang kamu inginkan. Mulai dengan menggunakan aksesoris atau diikat dengan sederhana, pastinya rok lilit akan terlihat menarik dan nyaman dipakai.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mencari paduan yang tepat untuk dipasangkan dengan jenis rok yang satu ini.

Tips Memilih Rok Lilit

Rok lilit
Foto: www.gettyimages.com

Berikut beberapa tips ketika memilih rok dengan gaya lilit.

Perhatikan kain

Ketika ingin menggunakan rok lilit, maka pastikan kamu memperhatikan kain yang akan dikenakan. Disarankan untuk memilih kain berbahan katun, karena jika memilih kain dengan bahan yang licin maka akan sulit untuk melilitnya. Selain itu, pastikan kain yang digunakan bisa menutupi bentuk tubuhmu.

Pilih motif

Jika ingin menggunakan rok untuk menghadiri acara resmi, maka pastikan kamu memilih motif yang elegan dan menarik. Karena hal tersebut dapat memengaruhi penampilanmu. Sementara untuk dikenakan sehari-hari, maka kamu bisa memilih rok dengan motif atau pun tanpa motif alias polos.

Detail tambahan

Pilihlah rok yang memiliki detail menarik, baik itu tambahan aksesoris seperti ring atau tali. Variasi kain lilit ini akan cocok digunakan agar penampilanmu makin elegan.

Cara Memakai Kain Lilit

Rok lilit
Foto: www.unsplash.com

Berikut beberapa cara menggunakan rok lilit yang bisa kamu tiru.

Simpul pita

Cara termudah untuk menggunakan kain lilit adalah dengan mengikatnya menjadi bentuk pita. Pertama-tama, kamu perlu membentangkan kain, kemudian biarkan satu sisi menjadi lebih panjang dibandingkan sisi lainnya.

Lalu silangkan kain dan lilit sisi kain yang lebih panjang agar memutari pinggang hingga bertemu dengan sisi kain yang lebih pendek. Langkah terakhir adalah mengikat kedua ujung kain dengan membentuk simpul pita.

Model celana

Cara selanjutnya untuk menggunakan rok jenis ini adalah dengan mengubahnya menjadi model celana. Tetapi pastikan lebar kain sekitar 1,5 kali dari lebar pinggangmu. Untuk memakainya cukup mudah, cukup ambil lebar kain dan lilitkan ke belakang pinggang, lalu ikat sampai kuat.

Setelah itu, ambil sisi sebaliknya dan masukkan melalui bawah kaki dan tarik hingga ke belakang pinggang. Kemudian kamu bisa mengikatkan kain ke bagian depan pinggang. Kamu bisa memakai model yang satu ini untuk beraktivitas santai.

Tambahkan aksesoris

Jika kamu kesulitan untuk menggunakan kain lilit, maka gunakan ring yang akan memudahkanmu untuk memakai jenis rok yang satu ini. Siapkan kain dan bentangkan ke belakang pinggangmu, lalu masukkan kedua sisi kain ke dalam ring secara berlawanan.

Setelah itu, tarik kedua sisi kain ke belakang secara berlawanan, dan ikat dengan kencang. Jangan lupa untuk merapikan kain bagian depan dan belakang agar tidak terlihat berantakan.

Menampilkan motif

Untukmu yang ingin memamerkan motif yang ada pada kain, maka cukup lilitkan kain di pinggang bagian depan, dan pertemukan kedua ujungnya. Ambil dua ujung kain di sekitar pinggang kiri dan kanan, lalu ikatkan keduanya hingga kencang.

Buatlan lipit drapery sepanjang 20 cm. Hadapkan lipatan ke depan, rapikan, dan lipatkan ujung kain ke arah dalam. Kemudian sematkan peniti pada sisi kanan dan kiri agar lebih kuat. Terakhir, rapikan rok dan pastikan posisi motif berada di bagian tengah.

Inspirasi Bergaya dengan Rok Lilit

Berikut 11 inspirasi untukmu yang ingin bergaya dengan menggunakan rok lilit.

Lebih santai dengan menggunakan sandal

Salah satu cara untuk memakai kain lilit adalah mengikatkan dengan simpul pita. Untuk mengenakan jenis rok yang satu ini, maka kamu bisa memadukannya dengan atasan yang bisa diselipkan ke dalam rok, sehingga tidak membebani tubuhmu dengan kain yang menumpuk.

Tambahkan sandal tali dan aksesoris seperti tas kecil yang akan mempercantik penampilanmu. Outfit sederhana ini akan sangat pas untuk digunakan sehari-hari atau untuk menghadiri pesta di pantai.

Rok lilit
Mango - Striped Wrap Skirt
Melissa - Papete Essential Bow Ad

Rok lilit dan jaket denim yang menawan

Jaket denim yang simpel tentunya akan sangat menawan ketika dipadukan dengan rok lilit motif bunga. Jangan lupa untuk memasangkan sepatu sneakers berwarna putih kesayanganmu. Pakaian ini tentu akan pas digunakan untuk pergi di akhir pekan.

Rok lilit
Indigo and Rose - Nooma Poppy Flower Wrap Skirt
Converse - Skid Grip CVO

Pasangkan dengan warna putih

Jika kamu ingin bersantai sambil minum kopi atau membaca buku, maka cobalah mengenakan rok lilit floral yang dipadukan dengan kaus santai berwarna putih. Ini merupakan cara terbaik untuk tetap bergaya ketika musim panas.

Cotton On - Classic Rolling Stones T-shirt
Rok lilit
Love, Bonito - Jennika Side Tie Wrap Skirt

Pilih tampilan lebih retro

Seperti kembali ke gaya 70-an, kamu bisa mengenakan ruffle wrap midi skirt dan memadukannya dengan turtleneck warna hitam serta sepatu boots putih. Penampilan ini akan sangat pas dikenakan ketika akan menghadiri konser, tentunya setelah pandemi telah berakhir.

H&M - Turtleneck Top
Rok lilit
Hopeshow - Ruffle Checkered Midi Skirt

Tampil chic untuk ke kantor

Tak hanya rok pensil, wrap skirt ini juga bisa kamu gunakan untuk pergi ke kantor. Jika kamu ingin terlihat lebih chic, maka cukup gunakan rok warna netral dan pasangkan dengan kemeja berkancing. Tambahkan ikat pinggang dan sepatu flat.

ZARA - Kemeja Kantong Bordiran
Rok lilit
FORCAST - Charlize Tie Waist Skirt

Bergaya saat hang out dengan teman

Ingin menghabiskan waktu dengan teman? Gunakan rok bungkus berwarna cerah dan kenakan dengan atasan ringan seperti blus warna merah muda. Serta jangan lupa untuk menyelipkan blus tersebut ke dalam rok. Tambahkan beberapa aksesoris yang dapat menunjang penampilanmu.

Mango - V-neck Cotton T-shirt
Rok lilit
Earth Circus - Robyn Wrap Midi Skirt Blue

Pakai kain lilit panjang untuk acara formal

Jika kamu diminta untuk menghadiri acara formal, maka pilihlah rok panjang berbalut sutra agar tampil lebih elegan. Pastikan memadukannya dengan kebaya modern atau atasan yang serasi, sehingga kamu akan terlihat mencolok dan menjadi pusat perhatian.

ZARA - Kemeja Lapisan Satin Kancing Mandarin
Rok lilit
Pomelo - Wrap Tortoise Button Up Skirt - Yellow

Pakai dengan warna metalik

Ketika ingin tampil beda dan lebih berkelas, maka kini saat yang tepat untuk mengenakan rok dengan warna metalik yang berkilau. Outfit ini juga bisa kamu gunakan ketika akan menghadiri acara semi-formal. Jangan lupa pasangkan dengan sepatu hak tinggi bertali.

Rok lilit
H&M - Draped Wrapover Skirt
ALDO - Adreran Heels

Pilih rok lilit berbahan kulit

Jika kamu memiliki rok dengan bahan kulit imitasi, maka jangan khawatir karena kamu bisa memasangkannya dengan atasan lengan panjang bermotif leopard. Pastikan kamu mengenakan sepatu boots berwarna hitam yang akan mendukung penampilan.

Mango - Leopard Print Blouse
Rok lilit
Noisy May - NMHaisley HW Short Wrap Skirt

Bergaya kasual dengan rok lilit panjang

Singkirkan jeans dan kemeja untuk digunakan saat akhir pekan, dan pilihlah rok panjang dengan motif garis yang dipasangkan dengan kaus bergambar. Gaya feminin ini merupakan pakaian sempurna untuk dikenakan ketika akan menghabiskan hari dengan piknik atau pergi ke cafe.

Mango - Message Organic Cotton T-shirt
Rok lilit
ZARA - Rok Draperi Motif Garis

Padukan atasan off-the-shoulder

Saat diminta untuk datang ke pesta dengan dress code kasual, maka pilihlah atasan yang bisa memamerkan bagian bahumu. Kemudian pasangkan dengan rok bermotif cerah yang akan membuatmu menjadi pusat perhatian selama acara berlangsung.

H&M - Ribbed Off-The-Shoulder Top
Rok lilit
ZARA - Rok Draperi Bermotif